Realita yang berkembang kini makin banyak orang yang merasa wajib memiliki barang, bukan karena nilai atau kegunaannya tapi karena harga dan mereknya. Mau diakui atau tidak, barang bermerek tampaknya sekarang seringkali jadi ukuran prestise seseorang. Apalagi kalau kentara membawa barang yang harganya mahal atau brandnya terkenal, orang-orang tampaknya melihat dan memperlakukanmu secara berbeda. Akhirnya ya jadi semakin banyak orang yang buta merek.

Entah nabung mati-matian untuk beli yang asli atau rajin beli KW. Asal mereknya bisa mentereng untuk ditenteng kemana-mana, semua tampaknya sah-sah saja. Tapi ini ada satu tren barang bermerek yang cukup membingungkan. Biasanya barang-barang branded dari jauh pun bisa terlihat mentereng, baik dari material atau desainnya yang eksklusif. Tapi lihatlah Rihanna yang baru-baru ini meluncurkan sandal bersama merek sport ternama PUMA. Banyak yang mengkritik sandal bermerek tersebut seperti sandal toilet murah yang dijual di pasar.

Advertisement

Ya memang bisa jadi persoalan selera sih. Tapi lihat deh barang-barang bermerek yang berhasil Hipwee News & Feature himpun ini. Kok banyak ya brand yang justru buat produk mirip barang murah dan dijual dengan harga berkali-kali lipat?!

1. Ini nih Jelly Slides-nya Rihanna. Kalau beli di pasar, paling nggak sampai Rp50 ribu. Cuma karena ini mereknya Puma dan didesain oleh Rihanna, harganya jadi Rp1,2 juta!

Beda di tulisan aja sih via www.hipwee.com

Rihanna featuring Fenty Puma, katanya sih gitu. Jadi mereka berkolaborasi untuk mendesain sebuah sandal yang diprediksikan bisa jadi hits. Tapi ternyata sandal macam begini sudah sering banget kita jumpai dijual di pasar tradisional dan kadang hanya berakhir jadi sandal kamar mandi. Tapi karena punya brand, sandal yang dihargai Rp1,2 juta ini pun pasti banyak yang beli.

2. Blue Bag Balenciaga. Ini malah mirip banget tas belanjaan IKEA, tapi dihargai sekitar Rp29 juta lho!

Mana yang IKEA mana yang Balenciaga nih? via www.hipwee.com

Balenciaga mengeluarkan desain tas terbaru mereka yang usut punya usut ternyata mirip banget sama tas belanja Ikea. Hal ini langsung viral banget, mengingat Balenciaga membandroll harga tas ini sebesar 1.705 poundsterling atau sekitar Rp29 juta. Bahkan kalau diliat-liat lebih mirip tas terpal nggak sih?

3. Kanye West plain white shirt. Cuma kaos putih polos biasa aja kok harganya Rp1,5 juta. Ya mungkin bahannya beda, tapi yang jelas gara-gara Kanye yang jualan sih…

Bedanya apa sih bang? via www.hipwee.com

Advertisement

Bingung antara mahal di bahannya ata mahal karena Kanye Westnya sih? Padahal secara kasat mata itu cuma kaos putih biasa dan bisa kita temui di pasaran dengan harga di bawah Rp50 ribu lho!

4. Anthropologie’s toilet brush. Kita mungkin tak pernah berpikir kalau alat pembersih toilet aja bisa mahal, nyatanya ini ada yang harganya Rp1,3 juta!

Beda bahan, tapi sama fungsinya kok via www.hipwee.com

Sebagai pecinta kebersihan, sikat toilet memang wajib kita punyai di rumah. Tapi kalau harganya sampai Rp1,3 juta apa iya mau tetep dipakai buat bersihin toilet kamu?

5. Dior Radiocative Denim Metallic Jeans. Kok lebih mirip jas hujan plastik ya? Padahal harganya hampir Rp8 juta. Alamak!

Permak dikit bisa lah ya via www.hipwee.com

Mungkin ini sebuah terobosan baru di ranah fashion, bikin celana jeans dengan warna metallic. Tapi buat kita orang Indonesia, celana seperti ini sudah sering kita jumpai karena mirip banget sama jas hujan warna hitam yang bahkan harganya murah banget. Ya, namanya juga merek terkenal seperti Dior.

6. Maukah kamu beli sandal jepit seharga hampir Rp4 juta ini? Mereknya Valentino lho!

Valentino vs Swallow via www.hipwee.com

Kali ini Valentino berkolaborasi dengan Havaians, salah satu brand sndal jepit ternama yang juga dikenal maha. Kolaborasi ini semakin bikin sandal ini mahal. Duh, padahal cuma diinjek-injek. 😀

7. Tas hitam yang mirip plastik sampah dari Lanvin ini sampai dibawa runaway dan harganya Rp20 juta

The power of brand bisa membuat tas yang terlihat seperti tas kresek dijual puluhan juta Rupiah via www.hipwee.com

Memang belum pasti sih harganya, tapi kalau mereknya Lanvin, minimal dihargai $1500 atau sekitar Rp20 juta. Padahal secara visual, tas ini justru mirip tas kresek hitam yang biasa kita pakai untuk buang sampah. Heran deh, bahannya dari apa sih sebenernya kok bisa sampe segitu mahalnya?

8. Jil Sander bikin produk paper bag. Secara eksplisit ini emang paper bag tapi harganya nggak masuk akal

Sama persis via www.hipwee.com

Paper bag yang lebih mirip bungkus makanan ini dohargai Rp2,8 juta loh. Padahal bisa dapet gratis kalau beli makanan fast food. Siapa kira-kira yang mau beli?

9. Mirip banget tas dari bahan nilon dan dijual di pasar, Louis Vuitton menjualnya seharga Rp6 juta

Beda cap ‘Louis Vuitton’ aja! via www.hipwee.com

Motif ini bahkan sama persis dengan tas belanja di Hongkong. Tas belanjaan ibu-ibu seperti ini di Hongkong sudah aja sejak 1960. Biasanya buat loakan atau belanja sayuran…

10. Hermes Clutch by Jean Paul Gaultier ini bakal mengingatkan kita sama bungkusan pecel yang dijual di pasar

Hermes vs pecel pincuk via www.hipwee.com

Memang sih unik banget, tapi mirip sama bungkusan pecel di pasar. Padahal harganya sekitar Rp30 juta, desainernya aja profesional ditambah brand Hermes yang terkenal banget. Yakin mau beli yang begini?

Gimana? 11 barang bermerek ini membuatmu berpikir kembali ‘kan? Mungkin masyarakat kita sudah terlalu terobsesi dengan merek sampai barang-barang seperti ini bisa laku di pasaran. Ya mungkin bahan dan kualitasnya memang berbeda. Tapi tetap saja, kayak perilaku kita yang brand-oriented harus diubah. Toh nyatanya kalau melihat contoh di atas, barang bermerek dan tidak sekilas terlihat sama saja.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya