Cerita Alfin, Remaja SMP yang Viral Bukakan Jalan untuk Damkar di Tengah Kemacetan

Baru-baru ini jagat media sosial ramai menyoroti aksi heroik pelajar berseragam SMP yang membantu truk Pemadam Kebakaran (Ddamkar) menembus kemacetan. Aksi terpuji itu pun viral di berbagai media sosial, hingga terungkaplah sosok pelajar pemberani itu. Diketahui ia bernama Alfin Alfarizqi, pelajar SMPN 7 Kota Bogor, Jawa Barat.

Advertisement

Aksi Alfin meminta pengendara lain membuka jalan untuk truk damkar terjadi di Jalan Aria Winata, Empang, Kawasan Bogor Trade Mall (BTM), Kota Bogor pada Kamis (19/1) sore. Alfin pun dibanjiri pujian oleh warganet yang menyaksikan video viral aksinya itu. Bahkan, Alfin mendapat berbagai apresiasi mulai dari Komandan Damkar, Kapolresta, hingga Wali Kota, loh.

Alfin spontan turun ke jalan saat mendengar sirine damkar dan melihat kondisi jalanan yang macet

Usai video aksi terpuji membukakan jalan untuk trum damkar viral, sosok Alfin pun mencuri perhatian. Banyak yang penasaran dengan alasan pelajar yang masih duduk di bangku kelas IX SMP itu berani turun ke jalan membantu petugas damkar menembus kemacetan.

Advertisement

Melansir dari DetikNews, saat kejadian Alfin sedang menunggu angkutan umum di pinggir jalan. Tiba-tiba Alfin mendengar sirine damkar, namun kendaraan di sekitar nggak bergerak karena kondisi jalan yang cukup padat. Secara spontan, Alfin langsung berinisiatif untuk turun ke jalan, meminta pengendara lain untuk bergeser dan memberi jalan untuk petugas damkar.

“Pas kejadian kemarin itu masih ada kendaraan yang belum sadar (ada sirine) gitu. Mungkin walaupun sirine sudah kencang, mungkin karena dia dari dalam kedap suara ya, jadi nggak dengar. Pas saya ke depan mobil, terus kasih kode ada Damkar di belakang, mereka baru minggir,” ungkap Alfin, dinukil dari DetikNews.

Advertisement

Alfin mengaku tindakannya itu sesuai keinginan sendiri. Bahkan, aksi terpujinya itu bukan pertama kali dilakukan. Sebelumnya, remaja 14 tahun itu mengaku pernah membantu ambulnas yang terjebak kemacetan. Alfin juga mengaku tak jarang menyaksikan pengendara yang enggan memberi jalan untuk kendaraan prioritas seperti damkar dan ambulans, sehingga saat menjumpai hal itu selalu ingin membantu.

“Memang saya dari dulu kalau melihat kendaraan kayak ambulans, damkar, itu selalu ingin bantu terus, suka kesal sendiri kalau ada yang nggak kasih kalan, ingin bantu aja sama kendaraan prioritas,” jelas Alfin.

Alfin tak menyadari dirinya direkam petugas dan videonya viral karena tak punya media sosial

Menariknya, Alfin nggak mengetahui kalau aksinya membantu truk damkar itu direkam oleh petugas di dalam truk, bahkan sampai viral. Hal itu karena Alfin nggak memiliki media sosial. Alfin mengetahuinya dari teman yang ramai mengimkan link video viral di WhatsApp dan grup-grup sekolah.

“Tahunya dari teman di WA karena saya nggak punya Instagram. Di grup WA sekolah banyak yang ngirim juga. Padahal saya nggak sadar kalau divideoin sama petugasnya, tiba-tiba muncul di mana-mana,” katal Alfin.

Dari video yang beredar, memang terlihat aksi Alfin itu direkam dari dalam truk damkar. Di ketahui video tersebut diambil olek petugas Regu 3 Damkar Sektor Ciomas.

Melansir dari Kompas, Wakil Komandan Regu 3 Damkar Sektor Ciomas, Kabupaten Bogor Budi Faturachman mengatakan, saat kejadina Alfin membukakan jalan itu ia dan timnya baru selesai bertuhas menangani kebakaran. Meski sudah selesai menunaikan tugas, sesuai prosedur petugas tetap harus segera kembali ke markas.

Namun sayangnya mereka terjebak macet, hingga muncul Alfin yang dengan berani membukakan jalan untuk petugas. Budi dan timnya pun mengaku terharu dan bangga dengan aksi Alfin itu.

“Berkat dia (Alfin), damkar bisa keluar dari kemacetan. Terharu, bangga, ada bocah SMP yang peka gitu. Kita sangat terima kasih sama dia,” kata Budi, dinukil dari Kompas.

Alfin dapat hadiah sepeda dan alat sekolah dari Wali Kota Bogor dan diangkat jadi anak asuh Kapolresta Bogor

remaja SMP bantu damkar

Momen saat bima Arya berkunjung ke kediaman Alfin | Foto dari Instagram Story Bima Arya

Aksi terpuji Alfin yang viral itu nggak hanya mecuri perhatian warganet, tapi juga Wali Kota Bogor Bima Arya yang meluangkan waktunya mengunjungi Alfin di kediamannya di Kampung Muara Kidul, Pasir Jaya, Bogor Barat pada Senin (23/1) kemarin. Dari unggahan video di Reels dan Instagram Story, terlihat Bima Arya memberikan sejumlah hadiah untuk Alfin seperti sepeda, sepatu, buku, dan peralatan sekolah lainnya.

“Ini hadiah karena telah membantu warga, hadiah karena sudah memberikan inspirasi orang banyak, memudahkan petugas. Anak-anak muda memang harus begitu, berani dalam kebaikan, membantu orang. Berjasa sekali. Terima kasih Alfin,” ucap Bima Arya kepada Alfin, dinukil dari Instagram Story.

Dalam pertemuan itu, Alfin juga bercerita banyak hal pada Bima Arya, mulai dari detail kejadian, aktivitasnya sebagai anggota Pramuka Kwarcab Kota Bogor, hingga cita-citanya yang kelak ingin menjadi TNI.

Nggak hanya Bima Arya saja, yang mengunjungi Aldin di kediaman remaja tersebut. Melansir dari DetikNews, Kapolresta Bogor Kombes Bismo Teguh Prakoso juga ikut berkunjung. Bismo mengangkat Alfin jadi anak asuhnya sebagai apresiasi keberanian Alfin membantu petugas damkar dan menjadi inspirasi banyak orang.

“Saya siap untuk membantu kang Alfin Alfarizki 24 jam, dan saya sudah bertukar nomor handphone saya, dan saya siap menjadi bapak asuh, baik selama saya menjabat maupun setelah saya menjabat sebagai Kapolresta Bogor Kota,” kata Bismo menukil dari DetikNews.

Bismo berharap, aksi terpuji Alfin itu bisa menjadi motivasi dan menginspirasi pemuda lain di Bogor, bahkan masyarakat secara umum. Apalagi di Bogor belakangan ini tekenal dengan berbagai aksi kenakalan remaja seperti tawuran. Alfin menjadi contoh, bahwa banyak hal yang bermanfaat dan terpuji yang bisa dilakukan remaja, alih-alih merugikan dan membahayakan aksi Alfin itu justru sangat membantu dan menyelamatkan orang lain.

Wah, keren ya SoHip, aksi Alfin itu menjadi pengingat bagi semua orang untuk selalu mendahulukan kendaraan prioritas seperti ambulans dan damkar karena kedaraan tersebut bersifat darurat dan bekaitan dengan penyelamatan. Alfin juga bisa menjadi inspirasi anak muda untuk berani berbuat baik dan peka terhadap kondisi di sekitar yang butuh bantuan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE