Sebagian dari kalian mungkin sudah pernah melihat atau membaca kisah orang-orang yang hobi makan benda-benda aneh. Mulai dari makan tanah, kapur, bunga, sampai sabun. Perilaku orang-orang ini sukses bikin kita nggak habis pikir, bukannya rasanya aneh gitu ya?? Memang belum pernah mencoba sih, tapi kayak sudah kebayang aja rasanya gimana. Lagipula masih banyak ‘kan makanan manusia normal yang jauh lebih enak…

Di Indonesia, ternyata beneran ada orang yang hobi makan sabun lo! Orang ini mendadak jadi viral karena aksi menjilati sabun batangan yang ia abadikan lewat video. Sabunnya juga dari berbagai merek! Waduh, kira-kira dia tahu nggak ya kalau hobinya itu bisa bahaya banget? Kalau kamu penasaran gimana efeknya bagi tubuh, simak dulu deh rangkuman Hipwee News & Feature kali ini.

Instagram lagi-lagi dihebohkan dengan video seorang cewek yang menjilat sabun batangan layaknya sedang makan eskrim. Katanya, rasanya sangat enak! Duh…

View this post on Instagram

Uenakkk kuy…😬😬

A post shared by GOSIP, NEWS DAN INFORMATIF (@unnie_gosip_update) on

Advertisement

Seorang cewek mendadak jadi bahan perbincangan sekaligus hujatan di Instagram lantaran perilakunya yang nggak biasa. Ia hobi menjilati sabun batangan dan merekamnya lewat video! Dalam video-videonya, ia selalu menegaskan kalau rasa sabun itu enak banget. Bukannya tergiur pengin mencoba, sebagian besar warganet malah sukses dibuat mual berjamaah. Ada juga yang menegurnya karena perilakunya itu bisa ditiru anak-anak kecil yang menonton.

Fenomena orang makan sabun sebenarnya sudah pernah terjadi juga di Florida, AS. Dia malah sampai kecanduan dan bisa makan sabun lebih dari 5 batang setiap minggunya!

Tempestt Henderson via www.dailymail.co.uk

Bukan baru sekali ini ada orang yang suka mengonsumsi sabun batangan. Di Florida, AS, juga pernah ada cewek yang hobi makan sabun, malah levelnya sudah sampai kecanduang! Namanya Tempestt Henderson, wanita yang katanya bisa menghabiskan lebih dari 5 batang sabun dalam seminggu, seperti dikutip Tempo. Rasanya yang manis sekaligus asin, membuat Henderson ketagihan. Bukan cuma sabun batangan, sabun deterjen pencuci pakaian juga seringkali nggak luput dari sasarannya.

Advertisement

Tapi katanya setelah menjalani terapi dan pemeriksaan rutin, Henderson diketahui sudah berhasil menghentikan kebiasaan buruknya itu.

Orang yang hobi makan benda-benda aneh ini sebenarnya mengalami yang namanya PICA. Sekalipun mungkin mereka tahu dampak bahayanya, tapi tetap aja dilakukan

PICA eating disorder via quitmyeatingdisorder.com

Orang seperti Henderson ini sebetulnya bukan nggak tahu menahu sama sekali soal dampak buruk dari perilakunya. Henderson yang notabene adalah seorang perawat itu mengaku tahu kalau kebiasaannya itu berbahaya. Tapi tetap saja ia nggak bisa menghentikannya tanpa bantuan tim medis. Cewek yang lagi viral di atas, mungkin saja juga tahu efek buruknya, tapi tetap dilakukan.

Perilaku ini memang tergolong gangguan mental yang disebut PICA. Dikutip dari WebMD, orang dengan kondisi PICA cenderung mengonsumsi benda-benda bukan makanan, seperti sabun, pasta gigi, besi, koin, atau kapur. Padahal memakan benda-benda itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan kayak mual, keracunan, gangguan metabolisme, dan sakit pencernaan. Sedangkan efek jangka panjangnya bisa terjadi penyumbatan atau bahkan kerusakan saluran cerna. Dokter Barton Blinder, ahli PICA, mengatakan kemungkinan penyebab gangguan ini bisa jadi karena penderitanya stres.

Entah beneran suka sabun atau memang hanya ingin viral, perilaku mbaknya jelas mengundang tanda tanya. Miris sih kalau memang hanya ingin terkenal. Cuma kalaupun benar suka makan sabun, itu juga bahaya. Intinya jangan ditiru ya Guys..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya