Coca-Cola Luncurkan Platform Global Baru “Real Magic” dan Kampanye yang Berfokus Kepada Gen Z

Platform baru Coca-Cola

Masing-masing orang punya pemaknaan tersendiri untuk apa yang disebut keajaiban. Namun, satu yang pasti adalah keajaiban dapat ditemukan di sekitar kita pada momen-momen nggak terduga sekalipun. Dengan kata lain, keajaiban dalam arti paling sederhana adalah segala hal yang dapat mengubah kehidupan monoton menjadi lebih seru dan bermakna.

Advertisement

Arti keajaiban dalam bentuk paling sederhana itu lah yang menjadi inspirasi peluncuran platform global terbaru Coca-Cola bertajuk “Real Magic” (Rasakan Keajaiban). Melalui platform pertama sejak “Taste the Feeling” di tahun 2016 ini, Coca-Cola ingin mengajak semua orang untuk merayakan keajaiban dari arti kemanusiaan yang sesungguhnya.

“Real Magic” adalah platform baru sekaligus filosofi baru bagi Coca-Cola

President of the Global Coca-Cola Category Selman Careaga | dok. Tangkapan layar/Microsoft Teams

President of the Global Coca-Cola Category Selman Careaga mengatakan, “Real Magic” bukan hanya sekadar platform baru, tetapi juga filosofi baru yang akan memandu semua langkah Coca-Cola ke depannya. Disampaikan pula kalau “Real Magic” hadir untuk menyoroti komitmen baru Coca-Cola yang lebih relevan dengan kondisi saat ini, yakni mempersatukan dan memberikan semangat baru bagi orang-orang setiap harinya.

“‘Real Magic’ hadir untuk mendukung tujuan perusahaan, salah satunya menyegarkan dunia. Jadi, semuanya akan terhubung lebih dari sebelumnya dengan apa yang kami lakukan sebagai perusahaan dalam hal komunitas, inklusivitas dan keragaman serta dalam hal keberlanjutan,” kata Selman dalam acara Coca-Cola Eksklusif Virtual Media Global Premier “Real Magic”, Kamis (30/9).

Advertisement

Dalam keterangan terpisah, Chief Marketing Officer The Coca-Cola Company Manolo Arroyo mengatakan Coca-Cola adalah merek yang dilandaskan pada dikotomi rendah hati tetapi ikonik, orisinal tetapi penuh rahasia, nyata sekaligus ajaib. Platform “Real Magic”, lanjut Manolo, berakar pada keyakinan bahwa dikotomi dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih menarik.

“‘Real Magic’ berakar pada keyakinan bahwa dikotomi dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih menarik, yakni dunia dengan orang-orang yang luar biasa, beragam peluang tak terduga, dan berbagai momen indah. Selain itu, platform ini menangkap esensi dari Coca-Cola, yakni rasa yang begitu nyata dan tak terlukiskan,” terang Arroyo melalui keterangan tertulis.

Coca-Cola turut luncurkan identitas visual baru dan kampanye pertama di bawah payung “Real Magic”

Advertisement

| dok. Tangkapan layar/Microsoft Teams

Bersamaan dengan peluncuran platform baru ini, Coca-Cola turut meluncurkan identitas visual merek yang baru. Desain logo ikonik Coca-Cola pun turut diganti dengan perspektif yang lebih segar. Logo Coca-Cola kini memiliki bentuk melengkung, persis seperti penampakannya pada kemasan botol maupun kaleng.

Desain logo yang diberi nama “Hug” ini, kata Selman, bertujuan sebagai tanda visual yang merangkul dan membingkai berbagai momen penuh keajaiban yang tercipta bersama Coca-Cola.

“Desain logo baru kami ditujukan sebagai tanda merangkul kemanusiaan, budaya dan keaslian dalam semangat yang sama. (Dengan kata lain) desain logo ini dirancang untuk merangkul momen ajaib yang nyata,” imbuh Selman.

Selain identitas visual yang baru, dalam kesempatan ini Coca-Cola juga meluncurkan kampanye pertama di bawah payung “Real Magic”. Diberi tajuk “One Coke Away From Each Other” (Keajaiban Coca-Cola Mempersatukan Kita), kampanye yang berfokus kepada Gen Z ini diwakilkan oleh sebuah video yang telah dapat disaksikan secara digital sejak 27 September 2021 karya sutradara Daniel Wolfe.

Digarap oleh agency BETC London, kampanye yang memadukan dunia nyata dan virtual ini ingin menekankan pada keyakinan bahwa apa yang dapat menyatukan manusia lebih besar dari apa yang bisa memisahkan kita dalam merayakan kemanusiaan.

Seperti dapat disimak dalam video yang menampilkan gamer terkenal mulai dari Alan Walker, Average Jonas dan Juara WNBA Aerial Powers, Coca-Cola digambarkan sebagai simbol kebersamaan yang dapat menjembatani dua dunia terpisah.

Cuplikan video kampanye “One Coke Away From Each Other” | dok. Coca-Cola

Hal tersebut ditampilkan dalam salah satu adegan di mana anak-anak muda tengah mengikuti turnamen e-sports. Diceritakan salah seorang pemain dalam turnamen tersebut putus asa, dan menyesap sebotol Coca-Cola. Seketika, karakter dalam game-nya, yang entah bagaimana dapat melihat dan merasakan apa yang pemain tersebut, membuang kapaknya dan meminta agar pertempuran diakhiri.

Dalam kampanye ini Coca-Cola turut menggandeng platform Twitch untuk menjalankan aktivasi menarik. Mulai tanggal 11 Oktober 2021, masyarakat dapat melakukan perburuan kode tersembunyi dalam film, dan kode lain di sesi streaming bersama pembuat game di Twitch untuk memenangkan hadiah. Selain itu juga akan ada sesi bermain game bersama gamers kenamaan.

“Melalui platform “Real Magic” kami ingin melibatkan masyarakat dengan cara yang sangat berbeda, melalui ekosistem pengalaman unik yang mereka miliki. (Sementara) kampanye “One Coke Away From Each Other” diciptakan untuk, dan bersama masyarakat yang menuntut sesuatu berbeda dari ekspektasi mereka terhadap Coca-Cola,” tutup Arroyo.

Video dari kampanye “One Coke Away From Each Other” dapat disaksikan di kanal YouTube Coca-Cola. Sementara untuk informasi lebih lanjut mengenai perburuan kode dapat diakses melalui laman web resmi Coca-Cola.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE