Siapa sih yang betah sama cuaca panas? Selain bikin keringatan, udara yang terlalu panas juga bisa bikin kita nggak fokus beraktivitas. Yang ada malah sibuk kipasan. Indonesia, meskipun tergolong negara tropis, tapi panasnya masih bisa diterima akal sehat. Paling nggak, nggak sampai memakan korban kayak yang baru aja terjadi di Jepang! Iya, negara 4 musim itu lagi ada di puncak musim panas yang suhunya mencapai 41 derajat celsius lho. Saking panasnya, fenomena yang terjadi di Jepang ini sampai menelan puluhan korban meninggal.

Hampir semua wilayah di Jepang lagi panas-panasnya via priceofoil.org

Berikut ini Hipwee udah merangkum beberapa informasi terkait cuaca ekstrem yang sekarang lagi berlangsung di Jepang. Lonjakan suhunya sampai 12 derajat lebih tinggi dari biasanya lho. Yuk, simak bareng guys..

1. Jepang sedang ‘diselimuti’ cuaca panas. Di kota Kumagaya, dekat Tokyo, bahkan suhunya mencapai 41 derajat celsius

Padahal bukan negara tropis, tapi suhu di Jepang sekarang mencapai 41 derajat Celcius! via www.yahoo.com

2. Cuaca ekstrem ini sampai menelan korban lho. Terhitung sejak awal Juli, sudah ada 80 orang meninggal di Jepang karena asma, stroke, dehidrasi, susah tidur, dll

Kebanyakan yang meninggal orang-orang lansia via www.nippon.com

Advertisement

Selain korban meninggal, ada juga yang dirawat, jumlahnya cukup fantastis, 35.000 orang!

3. Secara global suhu permukaan bumi memang lagi meningkat sejak 3 bulan pertama di tahun 2018. Cuaca paling panas ke-6 dari tahun 1880

Suhu secara global memang mengalami peningkatan via wxshift.com

4. Suhu panas di Jepang ini terjadi setelah negara sakura itu mengalami hujan & banjir terparah beberapa tahun terakhir

Sapu tangan jadi benda wajib bawa di Jepang, buat mengelap keringat via www.scmp.com

5. Saking panasnya, anak-anak sampai dilarang main di luar. Aktivitas outdoor di sekolah juga banyak yang dibatalkan

Anak-anak nggak boleh main di luar via polandworldnews.worldnewsnetwork.co.in

6. Begitu pun berbagai event outdoor yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat, kayak parade Hanagasa Junko. Acara ini jadi dibatalkan karena dianggap terlalu berisiko

Dibatalkan karena cuaca yang terlalu panas via mykyotomachiya.com

7. Bahkan ada lho beberapa video viral orang Jepang menggoreng telur dan memanggang daging di atas kap mobil. Bisa matang coba..

Memanggang daging di kap mobil via twitter.com

8. Berbagai upaya untuk mendinginkan diri ramai dilakukan di Jepang. Dari minum banyak air, berenang atau mengunjungi waterpark, hingga instalasi semprotan air di jalan-jalan seperti ini

‘Perang’ melawan cuaca yang sangat panas via nationalpost.com

9. Malah sampai ada lho tempat yang memungkinkan orang nonton film sambil berendam di rooftop. Jadi nggak takut kepanasan

Saking panasnya, bathtub cinema jadi populer via soranews24.com

10. Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya, kok nggak nyalain AC aja di rumah? Ternyata menyalakan AC di Jepang nggak sesimpel di Indonesia lho

Mereka lebih pilih kipas angin via www.yahoo.com

Orang Jepang tuh udah dibiasakan sejak dulu buat hemat energi guys. Mereka anti banget yang namanya buang-buang listrik sehingga pemakaian AC biasanya juga tidak boleh lebih dingin dari 28 derajat Celsius. Alasan lain karena adanya masalah listrik yang disebabkan bencana nuklir Fukushima tahun 2011 silam, membuat mereka membatasi penggunaan listrik. Jadi banyak banget gedung perkantoran dan sekolah yang tidak dilengkapi pendingin ruangan.

Menurut prediksi beberapa ahli, cuaca super panas ini akan menyelimuti Jepang sampai Agustus. Wah, semoga aja nggak menambah jumlah korban ya…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya