Di Tengah Pandemi, Daihatsu Xenia Tetap Laris Sebagai Mobil Favorit Keluarga Indonesia

Daihatsu Xenia tetap laris saat pandemi

Kepemilikan kendaraan pribadi hari ini sudah lumrah karena sifatnya yang multifungsi. Selain bisa memudahkan perjalanan, kendaraan pribadi hari ini bahkan bisa jadi mesin pencari nafkah bagi pemiliknya. Sebut saja ojek dan taksi online. Tapi selain itu, budaya silaturahmi keluarga juga berperan menempatkan kendaraan pribadi khususnya mobil sebagai kebutuhan.

Advertisement

Kalau diperhatikan pada momen kumpul bersama seperti lebaran atau hari besar lainnya, mobil keluarga jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dipastikan mendominasi jalanan dan pusat hiburan. Hal itu karena dua jenis mobil tersebut bisa memuat banyak orang dibandingkan jenis sedan atau city car. Nah, kalau perhatian dikerucutkan lagi, akan ada satu jenis mobil LMPV yang akan selalu kamu temukan, yakni Xenia keluaran Daihatsu. Bahkan saking populernya Daihatsu Xenia, mobil ini dapat predikat sebagai ‘mobil sejuta umat’ dari warganet.

Daihatsu Xenia terlaris ketiga meski Indonesia dilanda pandemi Covid-19

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, di acara konferensi pers Final Daihatsu Astec Open 2019 International Series, di CGV FX Sudirman, Jakarta, Kamis (7/11/2019) (Foto: Luthfi/Hipwee) via www.hipwee.com

Hadir dengan harga cenderung murah di antara kompetitor serta ketangguhan mesin dan daya muat penumpang yang banyak adalah alasan kenapa Daihatsu Xenia laris manis di Indonesia. Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan sejak diluncurkan pada 2004 silam, Daihatsu Xenia sudah terjual lebih dari 670 unit dan menjadi model paling favorit di Indonesia. Bahkan di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak pada penjualan ritel otomotif, Amelia mengatakan kalau mobil LMPV masih jadi kontributor terbesar pasar otomotif Indonesia dan Daihatsu Xenia jadi mobil LMPV terlaris ke-3 dengan total penjualan mencapai 5.000 unit.

“Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, di segmen LMPV, Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ke-3 dipilih oleh masyarakat Indonesia per YTD (year to date) April 2020,” kata Amelia dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima Kamis (21/5/2020).

Advertisement

Pangsa pasar Daihatsu mengalami kenaikan meski secara nasional pasar otomotif mengalami penuruan penjualan

Grand New Xenia (Foto: Dok. Daihatsu Indonesia) via daihatsu.co.id

Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Indostri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), saat virus corona mulai mewabah di Indonesia per Januari hingga April 2020, penjualan ritel pasar otomotif nasional hanya sekitar 243 ribu unit atau turun sekitar 28,5% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Hal tersebut juga berdampak pada Daihatsu yang mengalami penuruan dengan hanya menjual 44.346 ribu unit. Namun meski mengalami penurunan penjualan di pasar otomotif nasional, data tersebut mengungkapkan kalau Daihatsu selama Januari hingga April 2020 mengalami kenaikan pangsa pasar menjadi 18,2% dan Xenia tetap dipercaya menjadi salah satu mobil LMPV terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia.

Selain menghadirkan pilihan mobil bagi kebanyakan keluarga Indonesia, Daihatsu Xenia juga menciptakan potensi pasar bagi banyak pelaku industri otomotif untuk bermain di segmen tersebut. Terbukti pada 2004 hanya ada dua merek yang bermain di segmen LMPV, dan hari ini tercatat ada tujuh merek. Daihatsu Xenia yang sejak awal kemunculannya telah mengalami perubahan model secara total sebanyak dua generasi, sekarang punya tipe Grand New Xenia dengan performa, kenyamanan, desain serta fitur yang lebih stylish dalam 10 varian pilihan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

CLOSE