Elon Musk bisa jadi merupakan Tony Stark yang ada di kehidupan nyata. Jenius, kaya raya, dan terus memberikan ide-ide segar buat kemajuan teknologi dunia. Seakan nggak pernah lelah berinovasi, teknologi yang dihadirkan Elon Musk mewakili imajinasi banyak orang tentang definisi ‘canggih’ yang sebenarnya. Setelah menguji teknologi kereta kapsul super cepat Hyperloop, kini Elon Musk bikin heboh dengan keberhasilan peluncuran roket super canggihnya yang disebut-sebut terkuat di dunia. Yang lebih heboh lagi, sebuah mobil sport Tesla buatannya sendiri juga ikut serta dikirim ke luar angkasa dalam roket tersebut.

Tiga roket diluncurkan oleh SpaceX di Kennedy Space Center, Florida. Banyak warga yang juga menyaksikan langsung peluncuran roket yang disebut sebagai yang terkuat yang pernah ada ini. Dengan bangga, Elon Musk juga mengunggah aktifitas peluncuran roket ini melalui instagram pribadinya. Yuk simak gimana keseruan peluncuran ini dan apa aja yang dibawa di dalam roketnya. Baca sampai selesai uraian Hipwee News & Feature berikut ya!

Roket ini diberi nama Falcon Heavy. Meski awalnya banyak diragukan, tapi peluncuran roket ini akhirnya berhasil

Peluncuran Falcon Heavy via newatlas.com

Advertisement

Saat merancang roket ini, Musk mengatakan bahwa kemungkinan gagal dan berhasilnya adalah 50:50. Untungnya saat peluncurannya kemarin pada 7 Februari 2018, roket berhasil meluncur sesuai rencana. Roket ini membawa sebuah mobil sport Tesla berwarna merah dan sebuah manekin astronot yang disebut ‘Starman’. Elon Musk berencana membawa mobil buatannya ini melayang-layang di luar angkasa, terutama di orbit lintasan Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Dibandingkan dengan roket lain yang pernah meluncur sebelumnya, Falcon Heavy adalah roket yang paling kuat

Falcon Heavy via www.bbc.com

Kalau diamati, Falcon Heavy merupakan roket dengan body paling ramping dibanding roket super lainnya. Namun kekuatan luncurnya jangan ditanya. Bahkan dua kali lipat dari roket Delta IV Heavy yang dibilang paling kuat sebelumnya. Dua dari roket yang meluncur berhasil melakukan pendaratan kembali dengan sempurna ke titik luncurnya. Namun satu roket terpaksa harus jadi harga mahal dari keberhasilan Musk, dilansir dari BBC, roket tersebut gagal mengurangi kecepatan dan meluncur ke laut dengan kecepatan 500km/jam.

Nggak lupa, Elon Musk memberikan beberapa sentuhan keren pada mobilnya. Mulai dari soundtrack lagu David Bowie hingga ‘pesan’ buat alien

Mobil Tesla di dalam Falcon Heavy sebelum resmi melayang-layang via www.arabnews.com

Mobil sport merah Tesla nggak hanya diluncurkan begitu saja. Musk juga nggak lupa menambahkan sentuhan-sentuhan di dalamnya. Misalnya saja lagu David Bowie berjudul Space Odity yang diputar berulang-ulang di sana. Manekin ‘starman’ yang ditancapkan dalam mobil diposisikan layaknya orang yang sedang berkendara dengan santai dan menikmati pemandangan luar angkasa.

Advertisement

Pada dashboard mobil ada tulisan ‘Don’t Panic!’ yang ditujukan buat alien yang menemukan mobil ini, jika alien memang benar-benar ada. Ada juga tulisan ‘Made on Earth by humans’ pada mesin sirkuit mobil ini buat menunjukkan bahwa benda tersebut dibuat di bumi dan hasil karya tangan manusia.

Semoga alien tau ‘bumi’ itu letaknya sebelah planet Mars via www.theguardian.com

Selain mobil sport, sebenarnya manusia juga pernah menerbangkan benda-benda aneh ke luar angkasa lho. Mulai dari kue pie, lampu disko, sampai bola golf yang terlihat di bulan. Bahkan bukan hanya benda nggak penting, abu jenazah dari aktor Star Trek James Doohan juga pernah diterbangkan ke luar angkasa. Jadi, apa kamu sudah berencana ingin membuang si mantan ke luar angkasa juga? 😀 Jangan deh ya…

Meskipun berhasil meluncurkan roket terkuat dan mengirim mobil untuk ‘berjalan-jalan’ ke luar angkasa, ternyata aksi ini juga banyak dikritik hanya pamer semata dan tidak ada manfaatnya buat ilmu pengetahuan

Banyak yang menyayangkan kenapa Musk nggak mengikutsertakan penelitian-penelitian ilmiah yang mungkin bisa bermanfaat bagi umat manusia via www.sfgate.com

Elon Musk memang terkenal sebagai si orang kaya yang bosan dan cari kesibukan. Sehingga ia pun membuat roket dan meluncurkan mobil buatannya ke luar angkasa. Obsesinya yang ingin menyapa alien dengan cara yang lucu ini juga banyak jadi sorotan. Terlepas ia juga belum yakin jika alien memang benar-benar ada atau tidak.

“…mungkin jutaan hingga miliaran tahun dari sekarang ada alien yang menemukannya dan berkata: apa-apaan ini? apakah mereka menyembah benda ini? apakah mereka punya kendaraan di dalam kendaraan?. Dan mereka pun akan sangat bingung.” ujar Elon Musk pada Space.com

Namun image ini nggak selamanya dianggap positif bagi sebagian orang. Banyak juga yang menyayangkan kalau peluncuran roket ini tanpa tujuan membawa misi penelitian di dalamnya. Sehingga peluncuran ini pun dianggap nggak punya esensi lain selain promosi Tesla. Dengan roket berkekuatan secanggih Falcon Heavy banyak yang berharap Elon seharusnya membawa sebuah percobaan sains yang akan berguna bagi seluruh umat manusia.

Intinya sih begini kata Elon via imgur.com

Terlepas dari perdebatannya, gimana pun juga Falcon Heavy sudah meluncur. Mobil Tesla juga sudah melayang-layang di luar angkasa dengan membawa serta semua ‘pesan’ Elon Musk kepada alien di masa depan. Dengan adanya peluncuran ini sebenarnya bisa memberikan harapan optimis bagi umat manusia untuk suatu hari bakal ada kendaraan super canggih yang benar-benar bisa jadi transportasi masyarakat umum ke luar angkasa. Siapa juga yang nggak ingin ‘piknik’ ke cincin saturnus atau sekedar makan-makan di bulan. Berharap dulu boleh dong!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya