Dennis Guido Menangkan Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia Lewat Konten Eksperimen Teknologi Pangan

Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia

Sebagai digital platform yang tengah digandrungi kalangan muda, TikTok Indonesia terus berupaya memfasilitasi kreativitas kreator dalam berkarya. Hal ini bisa dilihat dari fitur-fiturnya yang ciamik, dan juga beragam challenge yang rutin diselenggarakan untuk dapat diikuti oleh seluruh penggunanya.

Advertisement

Seperti baru-baru ini, TikTok Indonesia sejak tanggal 6-13 Desember 2021 mengadakan challenge #TauGaSih. Dalam challenge ini, para kreator ditantang untuk membuat konten edukatif dan informatif dari beberapa kategori topik, dengan menjadikan artikel media partner seperti Hipwee sebagai referensinya.

Sukses digelar, TikTok Indonesia pun telah mengumumkan 10 pemenang yang akan membawa pulang hadiah senilai total Rp140 juta. Nah, di antara 10 pemenang tersebut, ada salah satu kreator yang memiliki konten cukup unik seputar sains, yakni Dennis Guido. Dikenal dengan nama pengguna @naktekpang, kira-kira konten seperti apa ya yang membawa Dennis meraih gelar pemenang di challenge ini?

Dennis Guido dikenal sebagai salah satu kreator TikTok yang membuat konten eksperimen seputar teknologi pangan

Konten edukatif seputar pangan | Credit @naktekpang on TikTok

Dennis Guido merupakan seorang kreator TikTok berusia 26 tahun. Ia dikenal lewat konten-konten sains dan eksperimen seputar teknologi pangan. Memilih topik yang cukup unik, Dennis mengungkapkan bahwa bidang ini sejalan dengan latar belakang pendidikannya di jurusan Teknologi Pangan. Dennis mulai terjun ke platform TikTok pada bulan Mei 2020, tepat saat ia menerapkan work from home.

Advertisement

Dennis menceritakan, awal mula dirinya terjun membuat konten video di TikTok nggak langsung membuat video eksperimen, melainkan membuat video dance dengan tambahan teks edukasi seputar pangan. Baru pada unggahan kedua ia membahas tentang konsumsi kuah mi instan. Konten ini pun mendapatkan respons positif.

Melalui respons positif tersebut, Dennis jadi menyadari bahwa kesadaran masyarakat Indonesia saat ini terkait informasi kandungan dan komposisi bahan pangan masih relatif rendah. Berangkat dari kesadaran itu, Dennis bertekad untuk membagikan ilmu dan pengalamannya melalui konten video edukatif.

Advertisement

“Awal bikin konten itu sejak kantorku mulai menerapkan work from home pada pertengahan tahun 2020. Karena aku juga hobi dance, aku putuskan untuk membuat konten video dance sambil memberikan edukasi seputar pangan melalui TikTok. Nggak nyangka kalau dapat respons besar dari pengguna,” kata Dennis dalam sesi wawancara eksklusif, Rabu (29/12).

Dennis juga menceritakan kalau ia punya pengalaman bekerja di departemen Research and Development salah satu industri pangan. Di sana ia bertugas melakukan riset pengembangan produk, dan pengalaman inilah yang jadi salah satu alasan lain Dennis terjun membuat konten edukasi. Diketahui sejak tiga bulan terakhir, Dennis telah memutuskan untuk menjadi fulltime content creator.

Adapun alasan dirinya memilih TikTok sebagai media untuk berkarya dan mengedukasi karena platform ini memiliki peluang yang besar untuk bertumbuh. Ditambah, menurut Dennis belum ada kreator lain yang membawakan topik seputar teknologi pangan. Hal ini ia lihat sebagai sebuah celah kosong yang harus diisi.

Untuk challenge #TauGaSih dari TikTok Indonesia Dennis mengunggah enam video edukatif dan informatif seputar teknologi pangan

Kreator pemenang #TauGaSih | Credit @naktekpang on TikTok

Masih menjadi satu-satunya kreator dengan topik sains yang terbilang unik, Dennis berpartisipasi dalam challenge #TauGaSih untuk memperluas jangkauan kontennya. Dengan sederet usaha yang dilakukan saat membuat konten, Dennis pun berhasil memenangkan challenge tersebut. Ia juga memberikan pandangannya mengenai beberapa hal penting yang ia tekankan saat memutuskan untuk menjadi konten kreator.

“Buatku, hal yang terpenting untuk membuat konten video di TikTok adalah mental. Karena secara nggak langsung, kita akan berhadapan dengan warganet yang memiliki respons tak terduga. Selain itu, kita juga harus memiliki pandangan yang luas mengenai konten yang akan kita buat. Kita juga harus up to date dengan tren yang sedang ramai di platform ini,” ujar Dennis.

Dalam satu hari, biasanya Dennis rutin membuat satu konten video. Jika memiliki waktu senggang, Dennis mengaku bisa mengerjakan dua konten video. Untuk ide konten, ia biasa menggali ide dari buku atau melakukan riset tambahan di internet. Dennis pun mengaku nggak takut kekurangan ide karena banyak sekali hal yang bisa dikulik dari teknologi pangan.

Dennis berharap di tahun 2022 konten seputar teknologi pangan semakin diminati

Dalam kesempatan ini Dennis turut mengutarakan harapannya untuk tahun 2022. Pria 26 tahun ini berharap konten mengenai teknologi pangan masih dan akan terus diminati, sehingga ia termotivasi untuk terus membuat dan mengembangkan kontennya. Selain itu, Dennis juga mengungkapkan rencananya yang ingin membuat kontennya lebih ter0rganisir, terutama dari segi ide dan perencanaan pembuatan konten.

Gimana? Unik banget ya konten yang dibuat oleh Dennis? Nah, bagi kamu yang tertarik dengan informasi dan fakta-fakta tentang produk pangan, kamu dapat langsung meluncur ke kanal TikTok miliknya dengan nama pengguna @naktekpang atau melalui tagar #TauGaSih untuk menyaksikan konten dalam challenge #TauGaSih. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE