Mendengar kata ‘penjara‘, imajinasi kita tentunya dipenuhi oleh hal-hal mengerikan di dalamnya. Mulai dari fasilitasnya yang kumuh dan seadanya, makanan yang dijatah, dan semua kegiatan yang diatur serta diawasi oleh sipir dengan begitu ketatnya. Semua gambaran penjara tersebut menyiratkan satu makna; penjara itu tempat yang tidak menyenangkan. Ya sebenarnya wajar saja sih karena penjara adalah tempat para kriminal dihukum dan ‘membayar’ kejahatannya.

Namun, ternyata ada lho penjara yang nggak semengerikan dalam bayangan kita. Sebagaimana dilansir dari The Richest, penjara-penjara ini punya fasilitas mewah yang pastinya lebih keren daripada kamar kosanmu. Penasaran soal penjara-penjara itu? Nih Hipwee News & Feature punya infonya..

1. Penjara dengan fasilitas keluarga ada di Penjara Aranjuez – Spanyol. Di sana, bayi boleh tinggal sama orangtuanya yang dipenjara

2. Kalau Justice Center Leoben – Austria menyediakan fasilitas lengkap yang tidak ada bedanya dengan kompleks apartemen

3. Para tahanan bisa bermain tenis, berkuda, memancing, dan berjemur? Cuma di Penjara Bastoy – Norwegia!

4. Dulunya Penjara Champ-Dollon – Swiss adalah tempat yang dipenuhi kerusuhan. Sekarang? Renovasi senilai 40 miliar dolar membuatnya nampak indah!

5. Sementara JVA Fuhlsbuettel Prison – Jerman punya konsep seperti kastil tua. Jangan salah, dalam kamar penjaranya ada fasilitas lengkap

6. Penjara Halden – Norwegia mengusung nilai HAM dengan tinggi. Dalam penjara ini, para tahanan sangat difasilitasi!

7. Di Otago Corrections Facility – Selandia Baru, kamar penjaranya mirip kayak kamar kosamu. Bahkan fasilitasnya lebih cakep dari kamarmu

8. Dengan konsep pembelajaran yang dianut penjara HMP Addiewell – Skotlandia, fasilitasnya jelas nggak setengah-setengah

9. Dalam Penjara Cebu – Filipina, para tahanan dimanjakan dengan aktivitas seru yang nggak bikin bosan. Menyanyi dan menari, misalnya

10. Buat tahanan yang suka nge-gym, Sollentuna Prison – Swedia ini adalah surga. Fasilitas gym di sana lengkap!

11. San Pedro Prison – Bolivia ini terkenal sebagai penjara tanpa aturan. Lha gimana, kompleks penjara udah kaya komplek perumahan

12. Nah, ternyata ada juga penjara Indonesia yang masuk daftar ini yaitu Rutan Pondok Bambu. Bayangkan, dalam penjara wanita ini salon kecantikan aja ada!

Advertisement

Seperti yang bisa kamu lihat dari daftar itu, sebagian besar penjara-penjara mewah itu terletak di negara-negara Skandinavia. Negara-negara seperti Norwegia dan Swedia memang terkenal dengan konsep penjaranya yang sebisa mungkin ingin ‘memanusiakan’ para tahanan. Penjara-penjara ini lebih fokus ke program koreksi dan rehabilitasi sampai nantinya tahanan bisa kembali siap bergabung dengan masyarakat. Konsep ini terbukti cukup berhasil, bahkan sistem penjara di Norwegia disebut yang terbaik di dunia. Di negara ini, jarang sekali ada tahanan yang mengulangi kejahatan dan kembali masuk penjara setelah ditahan.

Nah kalau di Eropa, penjara tersebut memang sengaja dibuat berdasarkan konsep kemanusiaan, mungkin beda sih alasannya dengan penjara mewah di negara lain seperti Indonesia. Fasilitas mewah di Rutan Pondok Bambu yang terekspos mungkin baru salon kecantikan, banyak orang berspekulasi ada fasilitas lain yang lebih mewah. Tapi ya itu, hanya untuk kalangan tertentu yang punya uang dan koneksi 🙁

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya