Melihat atau bahkan mengoleksi foto-foto kucing, anjing, atau hewan-hewan lucu lain, tampaknya sudah jadi tren tersendiri di media sosial. Muka dan tingkahnya yang begitu menggemaskan, kayaknya bisa bikin banyak orang seakan-akan terhipnotis dan betah memandangnya lama-lama. Kalau memang hanya mengamati dalam perilaku kesehariannya sih sebenarnya tidak masalah, namun sayangnya terkadang hewan-hewan tersebut harus mengalami penderitaan demi pose ataupun tingkah yang ‘menghibur’ manusia. Masih ingat nggak dengan kukang yang digelitik tapi ternyata merasa kesakitan?

Lain lagi dengan cerita yang satu ini. Video viral yang tersebar di media sosial memperlihatkan seekor hewan mirip tikus tengah mandi dengan santainya. Tentu saja banyak yang ‘terhibur’ dan terheran-heran, kenapa kok tikus yang biasanya hidup di selokan atau tengah-tengah sampah, bisa mandi selayaknya manusia?! Ternyata ada fakta yang cukup menyedihkan di baliknya guys, yuk simak bareng Hipwee News & Feature.

Beberapa waktu terakhir, sebuah video yang menunjukkan seekor hewan yang mirip tikus sedang menyabuni tubuhnya layaknya manusia yang tengah mandi

Advertisement

Beberapa hari ini di berbagai platform media sosial, kita sering melihat kemunculan videos seekor binatang yang mirip tikus sedang mandi. Warnanya abu-abu dan hitam, berdiri dengan kedua kakinya, dan memiliki moncong yang panjang, seakan sangat mirip tikus. Binatang tersebut terlihat berada dalam wastafel. Berbeda dengan tikus biasa, video tersebut menunjukkan jika tikus tersebut tengah mandi layaknya manusia. Ia menyabuni seluruh tubuhnya sembari menggosok-gosok permukaan tubuh yang dipenuhi bulu. Video ini diunggah oleh seorang pria asal Peru bernama Jose Correa. Dan tentu saja cuplikan ini pun berhasil menarik perhatian warganet dan menjadi perbincangan hangat karena dianggap lucu sekaligus menggelikan.

Ternyata, hewan tersebut bukanlah tikus, melainkan sejenis hewan pengerat bernama Pacarana

Pacarana via www.foap.com

Namun warganet harus sedikit dikecewakan dengan ‘tikus mandi’ ini. Faktanya, binatang tersebut bukanlah tikus, melainkan hewat pengerat lain bernama Pacarana. Dilansir dari laman newsweek.com,  seorang bilogist Universitas Chicago bernama Dallas Krentzel, menyatakan, dari bentuk kepala, posisi kaki belakang, kaki depan yang lebih fleksibel, serta ekor yang pendek, maka bisa disimpulkan bahwa itu adalah Pacarana. Hewan ini berasal dari Amerika Selatan. Ukurannya lebih besar dari pada tikus, dan bisa hidup hingga 10 tahun. Biasanya Pacarana adalah hewan nocturnal dan hidup di alam bebas.

Pacarana memang memiliki kebiasaan menggosok-gosok badannya

Punya kebiasaan unik via www.zoochat.com

Sama seperti yang ada di video viral tersebut, Pacarana memang memiliki kebiasaan menggosok-gosok tubuhnya. Dalam video lain yang memperlihatkan hewan pengerat ini, mereka memang suka menggosok-gosok bagian tubuh menggunakan kaki depannya, meski bukan dalam keadaan basah atau bersabun seperti yang ada di dalam video.

Namun di balik kelucuan itu, justru hal miris yang harusnya kita soroti: hewan tersebut sengaja diberikan sabun agar menarik perhatian

Advertisement

Tapi alih-alih terlihat sedang menggosok tubuh layaknya manusia mandi, hewan pengerat ini lebih terlihat seperti ingin menghilangkan zat kimia (sabun) dari tubuhnya. Menurut Kentzel, adalah sebuah kewajaran jika seekor binatang membersihkan tubuhnya. Tapi biasanya mereka membersihkan dengan cara menjilati tubuhnya sendiri, tanpa air apalagi sabun. Sehingga, bisa jadi dalam video ini ada seseorang yang sengaja memberikan sabun di tubuhnya agar Pacarana yang memang suka menggosok-gosok tubuhnya ini akan lebih terlihat menarik jika ia menggosok tubuhnya dengan busa dan sabun.

Kentzel juga menyatakan bahwa hal ini bisa merugikan atau beresiko bagi sang Pacarana. Karena dengan memberikan sabun pada tubuh hewan tersebut bisa menghilangkan minyak-minyak alami yang diperlukan dan dihasilkan oleh tubuh mereka.

Meski bukan berarti menolak bahwa video ini terlihat lucu, tapi membuat binatang ‘menderita’ dengan cara seperti ini bukanlah hal yang lucu. Mungkin beberapa di antara kita menyanggah dengan mengatakan bahwa binatang itu terlihat menikmati ‘mandi’-nya. Tapi apa benar dia menikmatinya? Apa bukan karena dia sedang berusaha membersihkan tubuhnya dari zat kimia semacam sabun yang sengaja dituangkan ke tubuhnya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya