Pernah Beli Sesuatu yang Unik di Mesin Jual Otomatis? Inilah Fakta Vending Machine yang Perlu Kamu Tahu

Fakta Unik Vending Machine

Jika kita berada di tempat-tempat umum seperti stasiun, bandara, ataupun mal, biasanya ada vending machine yang menyediakan aneka minuman dan snack. Dengan vending machine, kita bisa membeli minuman dengan praktis dan hemat waktu. Bahkan di era pandemi ini, vending machine bisa menjadi salah satu alternatif transaksi jual-beli dengan meminimalisir kontak langsung dengan penjual.

Cara pakai vending machine semakin lama semakin gampang. Kalau dulu kamu hanya bisa pakai koin, sekarang kamu sudah bisa membeli minum di vending machine dengan uang kertas bahkan e-wallet.  Nah, siapa sangka, ternyata ada banyak fakta unik tentang mesin jual otomatis ini, lho. Mulai dari penemuannya yang unik banget, sampai macam-macam item yang dijualnya. Ini dia beberapa fakta unik vending machine di antaranya.

Vending machine ini muncul di era Mesir kuno, dan sudah popular sejak beratus-ratus tahun lalu

salah satu vending machine koran di Chicago (foto: Cameron Casey) via www.pexels.com

Sekilas melihat canggihnya, kamu pasti menduga vending machine ini adalah sesuatu yang datangnya dari dunia modern. Padahal, vending machine ini diciptakan pertama lebih dari 200 tahun sebelum masehi, tepatnya di era Mesir Kuno. Pencipta vending machine ini adalah seorang insinyur matematika bernama Heron, yang berasal dari Alexandria. Vending machine kuno ini biasanya diletakkan di tempat ibadah untuk mengeluarkan air suci, agar semua umat mendapatkan bagian yang sama. Kebayang nggak sih bagaimana peradaban era sebelum masehi bisa memikirkan sesuatu yang canggih, yang masih dan semakin relevan di dunia modern saat ini?

Vending machine mulai dikenal luas pada tahun 1880-an di Inggris. Yang dijual tentu bukan minuman kalengan

Ilustrasi: masa awal vending machine menjual tembakau (foto: 🇨🇭 Claudio Schwarz|@purzlbaum) via unsplash.com

Meski sudah lahir sejak ribuan tahun sebelumnya, vending machine di dunia modern baru muncul di abad ke-17, tepatnya di Inggris. Saat itu, vending machine menjual tembakau. Namun, saat itu vending machine belum “mandiri” seperti vending machine yang kita kenal sekarang. Mesin-mesin itu biasanya diletakkan di tempat-tempat hiburan seperti pub, dan ada petugas yang menjaga agar pembeli nggak mengambil barang melebihi yang seharusnya.

Next, vending machine versi yang kita kenal mulai populer sejak tahun 1880-an di London. Kali ini yang dijual adalah perangko. Setelahnya, vending machine mulai bermunculan dan items yang dijual pun semakin bervariasi. Bukan hanya minuman, tetapi juga permen dan camilan seperti yang kita lihat sekarang. Wow, ternyata vending machine nggak hanya identik dengan minuman atau soft drink, ya?

Di Perancis, dulu vending machine menjual minuman-minuman mahal. Sekarang, cerpen pun bisa dibeli lewat mesin jual otomatis!

Ilustrasi: cerpen di-print di kertas eco-friendly (foto: Adrianhancu) via www.istockphoto.com

Saat ini, minuman yang dijual di vending machine kebanyakan soft drink ataupun minuman botol seperti air mineral, teh, dan lain sebagainya. Tetapi, dulu pada zamannya, di Perancis, vending machine menjual minuman-minuman mahal seperti wine dan liquor. Nah, di tahun 2014 lalu, muncul lagi satu vending machine unik di Perancis yang menjual cerpen. Hah, gimana?

Vending machine berisi cerpen ini diinisiasi oleh sebuah startup penerbitan bernama Short Edition. Keberadaan Short Story Dispenser ini dimulai dari kota Grenoble dan biasanya mudah ditemukan di tempat umum seperti stasiun dan bandara, agar bisa menjadi sarana hiburan bagi pengguna transportasi maupun traveler. Serunya lagi, kamu bisa memilih cerpen yang ingin kamu baca berdasarkan panjangnya. Ada yang 1 menit baca, 3 menit baca, dan 5 menit baca. Lumayan, ‘kan, nunggu kereta nggak harus bengong atau scrolling media sosial gitu aja?

Jepang adalah negara pemakai vending machine tertinggi. Items yang dijual pun superunik cenderung aneh

Jepang adalah negara dengan vending machine terpadat (foto: Charles Deluvio) via unsplash.com

Saat ini, Jepang memiliki sekitar 5,5 juta vending machine yang beroperasi. Jika kamu berada di halte atau tempat-tempat umum lainnya, kamu akan menyaksikan vending machine berderet-deret dengan aneka produk yang dijual. Di negerinya Captain Tsubasa ini, vending machine bukan hanya menjual makanan dan minuman, tetapi juga produk-produk unik lain seperti telur, sayur buah dan produk pertanian lainnya, gula dan minyak goreng serta kebutuhan sehari-hari, bahkan juga barang-barang pribadi seperti tisu toilet dan pakaian dalam.

Di Indonesia, kamu bakal menemukan 3DigiBox, vending machine unik yang jual pulsa, paket data, dan produk-produk digital lainnya

Vending machine 3DigiBox via www.hipwee.com

Ngomongin soal vending machine, di Indonesia sendiri ada yang nggak kalah unik lho. Tri Indonesia  telah meluncurkan sebuah vending machine unik bernama 3DigiBox, yaitu vending machine digital ini menyediakan berbagai produk digital yang dibutuhkan oleh pelanggan 3.

Mau beli kartu perdana dan memilih sendiri nomornya? Bisa. Mau beli paket data atau isi ulang pulsa? Bisa. Membayar tagihan pasca bayar 3 atau membayar token listrik PLN? Bisa. Menukarkan kartu SIM karena hilang atau ingin upgrade 4G? Bisa. Mengisi ulang saldo e-wallet dan beli voucher games? Tentu bisa. Karena 3DigiBox merupakan digital vending machine pertama di Indonesia yang menyediakan sarana akses segala produk digital di satu tempat. Kamu nggak harus pergi ke 3Store ataupun kantor-kantor offline lainnya untuk membeli produk digital kebutuhanmu.

Uniknya lagi, 3DigiBox menyediakan metode pembayaran yang beragam mulai dari cash, hingga e-wallet seperti DANA, LinkAja, Gopay dan OVO, bisa juga menggunakan kartu debit dan kredit berlogo VISA, MasterCard, dan banyak lagi. Transaksi menggunakan juga 3DigiBox dijamin aman dan gampang karena dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pembaca sidik jari, pembaca kode QR, hingga fitur NFC.

Mesin jual otomatis unik ini bisa kamu temukan dengan mudah di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, stasiun, universitas, rest area, tempat wisata, rumah sakit, dan juga gerai 3Store. Saat ini sudah ada 91 titik lokasi 3DigiBox, yaitu di gerai 3Store di wilayah Jabodetabek, Bandung, Karawang, Sukabumi, Tasikmalaya, Serang dan Cirebon. Selain itu, 3DigiBox juga bisa kamu temukan dengan mudah di beberapa pusat perbelanjaan di Jabodetabek dan Bandung, Kampus Universitas Indonesia, serta beberapa stasiun kereta di area Jabodetabek. Nantinya,  3DigiBox juga akan tersedia di bandara, area apartemen dan pemukiman, serta seluruh tempat wisata di Indonesia, lho. Cek info selengkapnya tentang 3Digibox di tautan ini.

Itu dia beberapa fakta unik tentang vending machine yang perlu diketahui. Hmm, kira-kira kapan ya di Indonesia ada vending machine yang jualan cerpen seperti di Perancis?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.