FIFA Izinkan GBK untuk Piala AFF tapi Larang Konser Blackpink dan Raisa

Stadion sebagai salah satu sarana olahraga memang seringkali dijadikan sebagai tempat terselenggaranya berbagai kegiatan, misalnya konser musik. Seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Bahkan, di akhir tahun ini hingga tahun depan ada beberapa perhelatan olahraga dan konser musik besar yang akan digelar di GBK yakni pertandingan Piala AFF 2022, Piala Dunia U-20 2023, konser Raisa, dan konser Blackpink.

Advertisement

Namun, demi kelancaran Piala Dunia U-20, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dengan tegas nggak mengizinkan GBK digunakan untuk konser musik, sebelum Piala Dunia U-20 terselenggara. Padahal, tiket kedua konser itu sudah dijual dan menarik penikmat musik Tanah Air.

FIFA izinkan GBK hanya digunakan untuk kepentingan sepak bola, termasuk Piala AFF 2022

Gelora Bung Karno

GBK dari luar | Foto dari Flick

Dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang, GBK sebagai salah satu tempat perhelatan sepak bola bergengsi itu memang harus melakukan berbagai renovasi. Hal ini membuat beberapa agenda sebelum Piala Dunia U-20 di GBK harus dibatalkan.

Kendati demikian, melansir dari CNN Indonesia, Sekretraris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Yunus Nusi mengatakan bahwa  FIFA tetap mengizinkan GBK digunakan untuk pertandingan sepak bola se Asia Tenggara atau Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Advertisement

“Ya, benar FIFA telah menjawab surat PSSI soal GBK. Hanya untuk kepentingan sepak boal, termasuk AFF 2022, dipersilakan oleh FIFA,” kata Yunus Nusi, dinukil dari CNN Indonesia.

Diketahui PSSI sempat mengirim surat elektronik pada FIFA mengenai persiapan GBK, Dalam surat balasannya itu, FIFA mengungkap kondisi rumput GBK menjadi pertimbangan. FIFA nggak mau kualitas rumput menurun saat Piala Dunia 2023, jika digunakan untuk kegiatan lain selain sepak bola. Hal tersebut membuat FIFA dengan tegas menolak agenda selain sepak bola dilakukan di GBK.

Advertisement

“Setelah konsultasi dengan Manajemen Lapangan FIFA, kami menginformasikan bahwa kami tidak bisa menerima agenda (selain sepak bola) yang akan berlangsung,” tulis FIFA dalam suratnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amall sempat melarang segala acara sebelum Piala Dunia U-20 di GBK. Hal ini karena GBK butuh renovasi di berbagai hal. Sehingga harus ditutup termasuk untuk Piala AFF 2022 dan agenda konser musik. Hal ini sempat membuat penggemar sepak bola menyayangkan keputusan tersebut, karena baik itu Piala AFF maupun Piala Dunia sama-sama mengharumkan nama bangsa.

FIFA melarang GBK digunakan untuk konser karena bisa mengganggu persiapan lapangan

Konser Raisa dan Blackpink GBK

Konser Raisa dan Blackpink | Foto dari Instagram

Kegiatan selain sepak bola yang dimaksud FIFA adalah dua konser musik yang rencananya akan digelar pada Februari dan Maret 2023 mendatang. Konser butuh persiapan beberapa hari dengan persiapan bongkar pasang stage dan dan banyaknya orang di lapangan. Menurut FIFA hal ini bisa menghalangi pihaknya menerapkan program manajemen lapangan.

“Mengadakan dua konser dalam beberapa hari kegiatan persiapan persiapan dan pembongkaran di lapangan, kegiatan itu tentu akan membuat lapangan jadi stres dan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana ujar FIFA.

Menurut FIFA, investasi besar yang telah disetujui pemerintah untuk melakukan renovasi dan menyediakan lapangan paling berkualitas akan sia-sia jika dibiarkan digunakan untuk acara lain selain sepak bola yang dekat dengan pelaksanaan turnamen. Hal ini berarti GBK nggak boleh digunakan untuk konser musik.

Padahal menurut jadwal ada dua konser besar yang rencananya akan dihelat di GBK, salah satunya Raisa Live in Consert yang dijadwalkan pada 25 Februari 2023. Selain itu, ada juga konser dari grup K-Pop Blackpink bertajuk Born Pink yang dijadwalkan selama dua hari yaitu pada 11-12 Maret 2023.

Bahkan, tiket kedua konser tersebut sudah terjual. Namun, hingga artikel ini Hipwee unggah belum ada penjelasan apapun dari pihak promotor kedua konser itu. Buat kamu yang sudah membeli tiket konser Raisa atau Blackpink, jangan terlewat informasi apapun dari pihak promotor ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE