5 Bocoran Fitur Terbaru Whatsapp yang Akan Rilis. Layak Ditunggu, nih!

Fitur baru Whatsapp 2020

Di era serba digital hari ini, obrolan nggak hanya bisa berlangsung ketika kita bertatap muka. Lewat teknologi bernama ponsel pintar, panggilan suara, video, dan pesan singkat jadi hal yang lumrah digunakan sebagai perantara komunikasi dengan seseorang di tempat nan jauh.

Advertisement

Di Indonesia, salah satu inovasi teknologi populer yang bisa memenuhi tiga hal tersebut adalah WhatsApp. Aplikasi besutan Brian Acton dan Jan Koum ini digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk semua hampir urusan. Dari mulai kerjaan kantor, jualan, keluarga, hingga kencan. Dengan basis pengguna lebih dari 2 miliar termasuk di Indonesia, aplikasi kepunyaan Facebook, Inc. ini terus melakukan peningkatan fitur agar kamu makin nyaman.

Nah, berdasarkan informasi yang Hipwee Feature rangkum dari WAbetainfo, laman yang rutin bikin spoiler tentang inovasi teknologi berdasar uji coba terbatas, terdapat 5 fitur terbaru WhatsApp yang sedang dalam tahap uji coba pengguna di versi Beta. Biasanya kalau udah sampai tahap uji coba versi Beta akan segera dirilis, nih. Penasaran apa saja? Berikut bocorannya.

1. WhatsApp sedang kembangkan fitur yang memungkinkanmu log in akun di empat perangkat sekaligus

Bisa log in di empat perangkat via wabetainfo.com

Setelah meluncurkan fitur stiker animasi, dark mode untuk WhatsApp Web, dan video call group untuk delapan orang, WhatsApp melalui laman WAbetainfo mengkonfirmasi sedang mengembangkan fitur baru berupa “Linked Devices”. Fungsi fitur ini adalah memungkinkan pengguna bisa menghubungkan satu akun WhatsApp di empat perangkat berbeda. Mungkin tujuannya memudahkan para pengelola bisnis, nih. Jadi satu akun bisa di pegang empat admin.

Advertisement

Meski belum dirinci bagaimana cara penggunaan fitur ini, agaknya akan sama mudahnya seperti saat kamu ingin menghubungkan WhatsApp di ponsel ke WhatsApp Web, yakni menggunakan pemindaian QR code. Fitur ini sedang diuji coba pada WhatsApp Android versi Beta 2.20.196.8.

2. Fitur hapus pesan otomatis setelah tujuh hari akan hadir menambah kenyamanan dan rasa aman berkirim pesan singkat

Hapus pesan secara otomatis setelah 7 hari via wabetainfo.com

Demi menambah keamanan serta kenyamanan berkomunikasi via pesan singkat, WhatsApp juga sedang menguji coba fitur penghapus pesan secara otomatis. Dengan mengaktifkan fitur ini, setiap pesan atau chat secara otomatis akan terhapus setelah tujuh hari di dua perangkat. Jadi sebuah pesan atau chat akan terhapus di ponsel si pengirim dan si penerima pesan setelah tujuh hari. Wah, nggak perlu khawatir lagi obrolan lama bakal bocor ke mana-mana, nih~

3. Merasa terganggu sama notifikasi dari chat group? WhatsApp akan luncurkan fitur agar kamu bisa bisukan notifikasi selamanya

Advertisement

Bungkam notifikasi selamanya via wabetainfo.com

Karena hampir dalam semua urusan kita mengandalkan WhatsApp, maka grup yang melibatkan kita sebagai anggota pun bejibun. Mau keluar segan, bertahan pun enggan. Maka pilihan terbaik hanyalah membisukan notifikasi biar nggak ganggu.

Nah, tapi selama ini pilihan membisukan notifikasi di WhatsApp cuma ada tiga pilihan, yaitu selama 8 jam, 1 minggu, dan 1 tahun. Kabar gembiranya, kini WhatsApp akan menghadirkan fitur “Mute Always” atau membisukan notifikasi selamanya. Jadi buat kamu yang mau keluar grup segan, bertahan pun enggan, fitur ini akan sangat membantu.

4. Biar bisa akses tautan langsung dari aplikasi, fitur In-App Web Browser akan segera diluncurkan

fitur In-App Browser via wabetainfo.com

Setelah sebelumnya mengembangkan fitur “pencarian web” untuk mengantisipasi penyebaran hoaks, WhatsApp kini tengah mengembangkan fitur “In-App Web Browser”. Lewat fitur ini kamu bisa membuka tautan apa saja di WhatsApp, tanpa harus meninggalkan atau diarahkan keluar aplikasi. Fitur ini akan sangat membantu ketika ingin baca artikel atau konten yang dibagikan melalui tautan, karena nggak perlu repot pindah ke browser bawaan ponsel. Tapi sebelumnya harus tetap pastikan tautan yang kamu akses itu bukan hoaks, ya!

5. Nggak perlu khawatir kehilangan data saat ganti ponsel karena akan ada fitur sinkronisasi pesan antara iOS dan Android

Sinkronisasi dari Android ke iOS

WhatsApp memang bisa diakses di perangkat dengan sistem operasi iOS dan Android. Tapi meski begitu, beberapa pengguna sering mengeluhkan ribetnya cara back-up atau memindahkan data pesan WhatsApp dari satu jenis sistem operasi ke sistem operasi lainnya. Nah, lewat fitur sinkronisasi yang sedang dikembangkan ini, nantinya kamu yang sedang pakai Android jika ingin pindah menggunakan iOS, atau sebaliknya, bisa lebih mudah menyelaraskan perangkat tanpa khawatir pesan dan kontak terdahulu hilang.

Nah, itu dia 5 fitur terbaru WhatsApp yang sudah diuji coba ke pengguna WhatsApp Android versi Beta dan mungkin akan segera dirilis resmi untuk bisa kamu nikmati juga. Fitur mana nih, yang paling kamu tunggu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE