Foto Remaja ‘Gangster’ Sahur on The Road Diduga Hoaks. Katanya Senjata Tersebut Bukan Milik Mereka!

Foto gangster SOTR

Belakangan ini beredar foto gangster SOTR (Sahur on The Road) yang berisi sekelompok remaja ‘terciduk’ oleh pihak berwajib dan berfoto bersama beberapa senjata tajam. Sekilas foto tersebut tampak begitu mengerikan, bahkan terbayang betapa kejamnya mereka saat melancarkan aksi yang diduga berupa tawuran dan SOTR.

Sayangnya di waktu yang hampir bersamaan, pihak terkait justru memberikan pernyataan bahwa beberapa anak di dalam foto termasuk para remaja yang mengenakan hijab sebenarnya nggak bersalah. Senjata yang ada di depan mereka pun bukan senjata milik mereka. Loh kan simpang siur begini. Simak faktanya bareng Hipwee Feature berikut dulu ya baru menyimpulkan!

Sebuah foto yang diduga komplotan gangster remaja viral di media sosial. Bahkan beberapa media daring pun sempat memberitakannya

Ngerinya totalitas banget! via twitter.com

Advertisement

Sebuah foto dengan ‘pose terciduk’ beredar di media sosial terutama Twitter dan Instagram. Meski beberapa akun media sosial nggak memberikan keterangan secara lengkap, beberapa warganet aktif mencari berita ini di media daring. Beberapa media daring ternyata memberikan keterangan bahwa foto tersebut adalah sekelompok remaja yang terlibat tawuran saat melakukan Sahur on The Road, bahkan ada yang menyebutnya foto gangster SOTR.

Sontak warganet pun ikut geram karena beberapa remaja diantaranya tampak remaja putri yang juga mengenakan hijab. Beberapa orang yang terpancing emosi sampai mengata-ngatai hijabnya dibanding mengomentari konteks tentang kenakalan remaja.

Warganet dengan nama akun @meydimsdlfa kemudian mengklarifikasi bahwa salah satu remaja putri di foto tersebut merupakan tetangganya

Advertisement

Sebelumnya, pemilik akun @meydimsdlfa mengunggah pernyataan terkait foto yang viral di media sosial. Unggahan yang sebelumnya telah mendapat lebih dari delapan ribu retweet dan empat ribu like tersebut menjelaskan bahwa salah satu remaja putri di dalam foto yang viral adalah tetangganya, dia juga berteman dekat dengan sang kakak. Sebelum akhirnya dihapus oleh pimilik akun. Namun menurut versi @meydimsdlfa, awalnya beberapa remaja di foto sedang mengadakan SOTR, kemudian terjadi tawuran di sekitar kawasan mereka.

Sialnya, remaja tersebut kemudian turut terjaring razia dan dimintai keterangan oleh pihak berwajib. Tak pelak, mereka pun difoto di depan banyak senjata yang digunakan sekelompok remaja yang tawuran, padahal menurut @meydimsdlfa senjata itu bukan milik mereka. Nah sampai sekarang kesimpan-siuran tentang foto dan kepemilikan senjata ini masih jadi perdebatan karena kedua pihak juga belum memberi pernyataan secara resmi. Mendingan jangan menyimpulkan dulu.

Hingga saat ini, media daring terkait sudah menghapus pemberitaan yang melibatkan kesalahpahaman ini. Semoga selanjutnya hoaks sesat macam ini bisa dikurangi, ya. Kzl!

Ditunggu aja dulu klarifikasinya ya. via twitter.com

Sampai sekarang berita soal sekelompok remaja dengan beberapa senjata mengerikan ini memang sudah dihapus. Namun belum ada keterangan secara resmi baik dari pihak kepolisian maupun dari pihak yang diduga terlibat dengan tawuran SOTR ini. Tapi baiknya, sebelum ada pernyataan resminya kita nggak usah menyimpulkan berlebihan sampai memberikan komentar pedas di media sosial. Tinggal duduk manis menunggu proses hukumnya berjalan sebagaimana mestinya. Jangan lupa untuk jaga diri di bulan Ramadan dan nggak usah kelayapan sendirian malam-malam, serem!

Nggak semua informasi yang viral itu terjadi sesuai dengan fakta di lapangan. Kadang kala suatu informasi, meskipun bukan kebohongan, banyak mengandung kekeliruan akibat persepsi pemberi informasi maupun persepsi kita sendiri. Nah, ada kalanya cek dua kali kredibilitas pemberi informasi dan fakta yang diberitakan media. Jangan keburu ringan tangan dan komen-komen pedas ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sonyaruri---

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE