Kenalan Sama Game Bingo, Permainan Seru Penghilang Rasa Bosan!

Ternyata awalnya dari lotre Italia, loh~

Siapa di antara kalian yang pernah main Bingo untuk menghilangkan rasa bosan? Game yang satu ini memang nggak pernah dimakan zaman dan bisa dimainkan kapan saja dan di mana saja. Bahkan, seiring perkembangan zaman, kita bisa main Bingo bareng teman dalam jarak jauh melalui smartphone. Popularitas Bingo cukup mengesankan, ya, mengingat game ini sudah ada sejak hampir 500 tahun yang lalu.

Bingo dan Cara Mainnya

Bingo

Ilustrasi seorang pria memenangkan Bingo | Sumber: Piqsels via www.piqsels.com

Advertisement

Buat kalian yang belum pernah main Bingo, mungkin kebingungan. Apaan sih Bingu itu? Nah singkatnya Bingo adalah game kesempatan di mana setiap pemain punya satu kartu yang dicetak dengan kotak bernomor berbeda. Ada pola coretan yang harus diikuti, umumnya 5 coretan vertikal, horizontal, maupun diagonal. Tapi, polanya dapat bervariasi sepanjang sesi permainan, agar pemain tetap tertarik.

Terus, gimana kita bisa corat-coret kartu kita? Pada kartu itu terdapat kotak ukuran 5×5 yang diisi nomor-nomor berbeda. Nantinya, akan ada orang yang biasa disebut “caller” yang membacakan nomor. Kalau nomor yang dibacakan ada di kartu kita, kita tinggal coret, deh! Orang pertama yang mencoret sebuah pola lengkap harus berteriak, “Bingo!” untuk menjadi pemenangnya.

Sejarah Game Bingo

Bingo

Kartu permainan Bingo yang semacam lotre | Ilustrasi oleh mohamed_hassan dari Pixabay via pixabay.com

Bingo bisa dibilang sebagai game internasional, loh, karena dia berasal di Italia, berkembang di Prancis, direvolusi di Inggris, dan terkenal di AS. Anggapannya, game ini udah keliling dunia! Mengutip thoughtco.com, Bingo berasal dari lotre Italia di tahun 1530 yang dikenal dengan nama ‘Lo Giuoco del Lotto D’Italia’.

Advertisement

Dari sana, game tersebut diperkenalkan ke Prancis pada akhir tahun 1770-an dan banyak dimainkan oleh orang-orang Prancis yang kaya. Orang Jerman juga main game ini di tahun 1800-an, tapi untuk membantu anak-anak belajar matematika, sejarah, dan mengeja, dan sejarah.​ Baru setelah itu, entah bagaimana, Bingo sampai di Inggris pada abad ke-18.

Yang membuat Bingo populer justru malah Amerika. Edwin S. Lowe, seorang produsen mainan, pertama kali memainkan Bingo di sebuah karnaval di Georgia. Waktu itu, namanya masih ‘Beano’ karena mereka menandai angka dengan kacang. Saking sukanya dengan Bingo, Lowe sering bermain game ini dengan teman-temannya.

Advertisement

Suatu hari saat bermain, alih-alih “Beano!”, Lowe mendengar seseorang meneriakkan “Bingo!”. Karena itu, Lowe mengganti nama game menjadi Bingo. Lowe kemudian mencetak kartu, meningkatkan jumlah kombinasi angka, dan menjualnya dengan nama ‘Bingo’.

Nah itu dia penjelasan dan sedikit sejarah Bingo. Seru juga kan buat main bareng sama orang-orang terdekat~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE