Kabar Terbaru, Gempa 5,3 Magnitudo Melanda Aceh Disebabkan Karena Aktivitas Sesar Sumatera

Gempa Aceh terbaru

Kabar sedih datang dari pulau Sumatera, tepatnya dari Aceh. Pada Sabtu 14 November 2020 dini hari, Aceh diguncang oleh gempa sebesar 5,3 magnitudo. Gempa ini menjadi perbincangan hangat di sosial media dan diketahui dari laporan para warganet yang tinggal di Aceh.

Advertisement

Sementara itu pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa gempa ini memiliki kekuatan 5,3 Magnitudo. Dalam analisis tersebut disebut bahwa episenter gempa terletak di daratan pada jarak 28 kilometer arah Timur Laut Kota Banda Aceh di kedalaman 10km. Hasilnya gempa ini dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di kota Banda Aceh dan Lhokseumawe.

Berita gempa tersebut langsung jadi trending topik di media sosial. Banyak warganet memberikan doa serta dukungannya untuk warga Aceh. Seperti kita tahu, Aceh adalah kota dengan sejarah panjang bencana gempa dan Tsunami di tahun 2004 yang menewaskan banyak masyarakat di sana.

Penyebab gempa di Aceh adalah pergerakan sesar Sumatera di segmen Seulimeum. Sesar Sumatera sendiri adalah patahan yang membentang dari Aceh sampai Teluk Semangka di Lampung

Gambaran Sesar Sumatera via mediaindonesia.com

Gempa Aceh terbaru ini merupakan jenis gempa dangkal, dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Gempa ini juga terjadi karena aktivitas Sesar Sumatera tepatnya di Segmen Seulimeum yang berlokasi di Aceh. Karena gempa disebabkan pergerakan sesar Sumatera, BMKG menjamin bahwa gempa nggak berpotensi menyebabkan Tsunami. Bahkan sampai hari ini belum ada laporan soal korban dan kerugian yang dihasilkan oleh gempa.

Advertisement

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang diduga akibat adanya aktivitas Sesar Sumatra tepatnya pada Segmen Seulimeum. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault),” jelas pihak BMKG seperti dilansir Kompas.

Sesar besar Sumatera sendiri adalah bentukan geologi yang membentang di pulau Sumatera dari ujung utara ke selatan, dari mulai Aceh sampai Teluk Semangka di Lampung. Patahan inilah yang membentuk pegunungan barisan, suatu rangkaian dataran tinggi di sisi barat pulau Sumatera. Bagi kamu yang pernah bepergian ke Sumatera, pasti tahu lokasi dataran tinggi ini.

Semoga saja warga Aceh bisa tetap sabar dan kuat menghadapi bencana gempa ini. Yuk kita doakan agar nggak ada kejadian buruk yang menimpa saudara-saudara kita di Aceh. Aamiin~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE