Beberapa Fakta Dari Gempa Turki dan Yunani, Setidaknya 20 Bangunan Hancur dan Menelan Lebih dari 20 Korban Jiwa

Gempa Turki-Yunani

Kabar menyedihkan datang dari benua Eropa. Negara Turki dan Yunani kini sedang menghadapi sebuah bencana besar yang menewaskan banyak korban dan menghancurkan banyak bangunan di kota-kotanya yang terdampak. Gempa tersebut terjadi pada hari Jumat, 30 Oktober 2020 kemarin.

Advertisement

Gempa berkekuatan Magnitudo 7,0 tersebut menimbulkan beberapa tsunami kecil di berbagai wilayah yang membuat banyak masyarakat panik karena takut ada gempa dan tsunami susulan. Bahkan dampak tsunami kecil ini jauh lebih merusak dibandingkan dengan gempa itu sendiri. Nah buat kamu yang penasaran dengan jenis gempa, lokasi, korban, dan dampak dari gempa ini untuk dunia, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Gempa Turki Magnitudo 7.0 merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat deformasi batuan kerak dangkat. Dampaknya akan sangat terasa di wilayah sekitar titik gempa

Dampak gempa via edition.cnn.com

Gempa yang terjadi di negara Turki dan Yunani mengundang simpati masyarakat dunia di beragam sosial media. Tagar #PrayForTurki menghiasi linimasa. Meski begitu nggak sedikit orang yang belum tahu soal apa yang sebenarnya terjadi di negeri yang dipimpin presiden Erdogan tersebut.

Gempa yang terjadi di Turki disebut memiliki kekuatan sebesar 7.0 magnitudo yang cukup untuk menimbulkan kerusakan. Nah, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat deformasi batuan kerak dangkal. Sedangkan episenter atau titik pusatĀ  gempa ini berlokasi di laut pada jarak 17 km arah barat laut Samos, Yunani, pada kedalaman 10 km. Gempa dangkal tersebut menyebabkan goncangan sangat terasa di wilayan sekitar episenter.

Advertisement

2. Gempa berada di Laut Aegean dan menyebabkan dampak pada dua wilayah kani provinsi Izmir, Turki dan Pulau Samos, Yunani. Saat artikel ini dibuat, ada 22 korban jiwa dan 800 orang terluka yang telah diketahui

Gempa Turki via news.detik.com

Guncangan gempa Turki dan Yunani terasa sampai daerah Bulgarian dan wilayah laut Makedonia Utara. Secara umum lokasi gempa berada adi Laut Aegean yang terletak di antara Turki dan Yunani. Berada di tengah dua negara tersebut maka yang menjadi lokasi amuk gempa adalah Provinsi Izmir, Turki dan Pulau Samos, Yunani.

Jumlah korban diprediksi akan terus bertambah mengingat pihak berwenang terus melakukan beragam penyisiran. Informasi terakhir yang didapat ialah korban tewas sebanya 22 orang yang kebanyakan ditemukan di provinsi Izmir, Turki dan sisanya di pulau Samos Yunani. Lalu ada 800 orang korban luka-luka dari kedua negara tersebut dan kemungkinan akan bertambah. Terakhir, setidaknya ada 20 bangunan di Izmir, Turki hancur total.

3. Gempa magnitudo 7.0 ini berdampak jadi tsunami-tsunami kecil di berbagai wilayah di Turki dan Yunani. Namun nggak akan berdampak ke Indonesia

Advertisement

Korban Gempa via news.detik.com

Nggak hanya berdampak di dua lokasi, gempa Turki juga mengakibatkan gempa dan tsunami kecil di beragam wilayah. Bahkan tsunami kecil ini lebih berdampak buruk daripada gempa itu sendiri. Tempat-tempat terjadinya tsunami kecil antara lain Syros, Kos, Plomari, Kos Marina lalu ada juga yang sampai masuk jalan dan pemukiman warga seperti di Cesme dan Seferihisarin.

Setelah gempa Turki terjadi, banyak kabar hoax beredar. Hoax menyatakan kalau gempa ini akan berdampak pada Indonesia. Nyatanya gempa ini nggak akan berdampak pada Indonesia. BMKG mengimbau pada masyarakat untuk senantiasa melihat informasi resmi yang hanya dirilis oleh pihak BMKG.

Gempa di Turki dan Yunani kali ini juga menimbulkan lebih dari 100 gempa susulan. Melansir Liputan6, setidaknya ada 196 gempa susulan yang sudah dilaporkan. Beberapa di antara bahkan memiliki kekuatan lebih dari 4,0 magnitudo.

Semoga saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa di Turki dan Yunani tetap diberi kekuatan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE