Kolaborasi dengan BRI, Grab Hadirkan Fasilitas Pinjaman Dana Tunai Bagi Para Mitra Terdampak Covid-19

Fasilitas pinjaman dana untuk mitra Grab

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung khususnya di Indonesia telah membawa dampak lanjutan bagi masyakarat. Misalnya, yang kemarin punya cukup tabungan untuk menyiasati pendapatan yang menurun, kini mulai khawatir karena pandemi belum menunjukkan akhir. Kondisi ini umumnya dialami oleh pekerja harian sektor informal seperti pengemudi dan mitra ojek daring.

Advertisement

Menyadari hal tersebut, Grab Indonesia sebagai salah satu platform layanan transportasi on demand menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menghadirkan solusi bagi para mitra mereka berupa fasilitas pinjaman dana tunai. Fasilitas pinjaman dana tersebut berlaku untuk mitra pengemudi Grab, mitra merchant GrabFood, hingga mitra GrabKios untuk meringankan beban finansial selama pandemi Covid-19.

Implementasi penggunaan teknologi untuk dampak positif

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi (Foto via grab.com)

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan kalau inisiatif fasilitas pinjaman dana bersama Bank BRI merupakan implementasi penggunaan teknologi Grab untuk membawa dampak positif khususnya kepada mitra dalam situasi pandemi saat ini.

“Kami percaya dalam menggunakan teknologi untuk terus membawa dampak positif dan akan terus berinovasi untuk menemukan cara lain untuk membantu mitra kami dalam menghadapi situasi pandemi saat ini. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini,” kata Neneng dalam keterangan tertulis yang Hipwee terima pada Rabu (13/05/2020).

Advertisement

Mitra pengemudi Grab bisa lakukan pinjaman hingga Rp5.000.000

#KitaVSCorona (Foto: dok. Grab) via www.grab.com

Melalui fasilitas yang dihadirkan Grab dan  BRI, mitra pengemudi bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp5.000.000 dengan suku bunga yang terjangkau dan masa pinjaman selama 24 bulan. Bahkan untuk tiga bulan pertama, mitra pengemudi Grab dibebaskan untuk membayar cicilan. Demi memudahkan proses pembayaran pinjaman, fasilitas ini nantinya akan menerapkan sistem pemotongan langsung dari dompet digital mitra.

Mitra pengemudi harus membuka rekening BRITAMA terlebih dahulu untuk bisa menikmati fasilitas pinjaman dana tunai. Dengan itu mitra pengemudi juga secara otomatis akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri sebesar 250% nilai saldo, atau maksimal coverage hingga Rp150.000.000. Untuk tahap awal, pihak Grab mengatakan kalau fasilitas pinjaman dana tunai sudah bisa diakses oleh 1.000 mitra pengemudi Grab di wiliayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, maupun Bekasi.

Advertisement

Mitra merchant GrabFood dan GrabKios bisa mendapat manfaat dari Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Sementara untuk mitra merchant GrabFood dan GrabKios, Grab dan BRI memfasilitasi dengan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Fasilitas tersebut ditujukan kepada mitra yang sebelumnya belum dapat akses kredit ke bank. Melalui KUR, mitra merchant GrabFood dan GrabKios bisa melakukan pinjaman sampai sebesar Rp50.000.000, dengan suku bunga 6% per tahun dan masa pinjaman selama 1-3 tahun. Untuk bisa menikmati manfaat KUR, pengajuan aplikasi dari mitra akan diproses setelah melakukan screening awal oleh pihak Grab berdasarkan data kinerja mereka.

Direktur Konsumer BRI Indonesia, Handayani, mengatakan bahawa fasilitas pinjaman dana tunai ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para pengemudi dan pelaku UMKM seperti mitra Grab yang terkena imbas pandemi. Meski begitu, ia menjelaskan kalau penyaluran pinjaman ini dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian, melalui proses assessment terkait besaran kebutuhan mitra Grab.

“Fasilitas Pinjaman Dana Tunai ini merupakan upaya BRI untuk terus mendorong keberlangsungan hidup para driver dan pelaku UMKM. Kami juga bekerjasama dengan Grab agar seluruh mitra yang mengambil fasilitas ini telah memenuhi seluruh persyaratan minimum seperti pendapatan rata-rata bulanan dan lama bermitra dengan Grab,” jelas Handayani.

Grab senantiasa ajak mitra bisnis untuk berjuang menghadapi pandemi Covid-19

Pesan dari Grab Indonesia (Foto: dok. Grab) via www.grab.com

Selama masa pandemi Covid-19, Grab senantiasa mengajak mitra bisnis untuk bersama-sama mengumpulkan sumber daya dan memperluas inisiatif bantuan kepada mitra pengemudi, mitra merchant GrabFood, dan mitra GrabKios yang terdampak dari kondisi ini. Neneng menekankan kalau Grab tidak akan berhenti membawa inisiatif demi kemudahan pengguna dan mitra dalam beroperasi.

“Perjuangan kita masih panjang, dan Grab tidak pernah berhenti untuk membawa inisiatif baru yang dapat memberi kemudahan dan ketenangan bagi mitra kami dalam beroperasi. Harapannya, kita semua dapat menghadapi situasi ini dan bangkit bersama-sama. Ini merupakan tugas kita bersama, #KitaVSCorona.” tutup Neneng.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

CLOSE