Fenomena Pernikahan Artis yang Disiarkan Seharian, Kok Ada Saja ya Penontonnya?

hajatan artis disiarkan live

Kehidupan selebritas bagi beberapa orang selalu menarik untuk dikulik. Apalagi, di zaman modern seperti sekarang ini, di mana seseorang bisa lebih mudah untuk mengakses segala informasi hanya dengan ketikan jari. Sebenarnya, sorotan masyarakat kepada pesohor merupakan hal yang lumrah dan natural. Apalagi, adanya kecenderungan manusia yang menaruh perhatian khusus pada sosok yang dianggapnya berada di puncak, dalam hal ini mempunyai popularitas lebih tinggi dibandingkan penikmat konten tadi.

Menurut Psikolog Evolusiner Daniel Kruger dari University of Michigan, orang suka mengamati perilaku individu yang dominan dalam kelompok mereka. Alasannya, mereka jadi bisa mempelajari apa yang dilakukan oleh tokoh yang dianggapnya berpengaruh, dengan harapan bisa menjadi bagian dari seseorang yang diikuti tersebut.

Fenomena obsesi terhadap kehidupan artis sudah berlangsung sejak lama. Namun, kini memang perlu diakui semakin santer. Jika biasanya kisah pesohor ditampilkan pada media arus utama, masyarakat sekarang sudah berbondong-bondong mencari berita artis dari berbagai sumber. Misalnya, dengan munculnya akun gosip di media sosial yang diikuti oleh jutaan orang. Padahal, belum tentu informasi yang disampaikan benar dan bisa dipercaya.

Masifnya pemberitaan artis membuat pola dalam penayangan di televisi juga berubah. Media berlomba menampilkan sesuatu yang belum muncul di permukaan dan dianggap ekslusif. Hal ini bisa ditemukan pada penayangan pernikahan artis. Namun, hal ini lambat laun justru bikin risih. Publik mempertanyakan “Apa sih, manfaat yang didapat penonton usai berhari-hari menyaksikan rangkaian hajatan artis secara live?”

Walau sebelumnya dianggap sakral, nyatanya banyak selebritas yang menyiarkan pernikahan mereka sejak lama

Esensi pernikahan sebenarnya | Credit: Nick Karvounis on Unsplash

Jika dahulu pernikahan selebritas digelar secara tertutup hanya untuk keluarga dan kerabat terdekat, kini justru bergeser menjadi tontonan jutaan masyarakat. Fenomena penayangan pernikahan artis di televisi sebenarnya bukan suatu hal yang baru. Beberapa pasangan figur publik tersohor dunia sempat melangsungkan janji pernikahan secara live. Misalnya, pernikahan Princess Diana dan Prince Charles pada 1981, Gucci Mane dan Keyshia Ka’oir di tahun 2017, hingga Princess Margaret dan Antony Armstrong sebagai pasangan kerajaan pertama yang menampilkan royal wedding di televisi pada 1960.

Berkaca pada pernikahan Kate-William di 2011, barang-barang yang dikenakan pasangan tak butuh waktu lama langsung naik daun. Replika cincin, gaun,  hingga cat kuku Kate Middleton di hari pernikahannya laku keras di pasaran. Belum lagi, penjualan produk Alexander McQueen melonjak 27 persen usai dikenakan pada hari spesial tersebut.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini