Hewan Virtual di Google & Cara Mudah Menampilkannya. Bisa Buat Seru-seruan Waktu Lagi #DiRumahAja

Hewan virtual Google

Memasuki minggu ke-3 #DiRumahAja, banyak dari kita mungkin mulai merasa bosan dan mati gaya. Listrik dan internet memang jalan terus sih, tapi bosan juga kalau kerjaannya cuma scrolling media sosial atau nontonin serial Netflix. Sebagian orang juga ada yang janjian video call sama teman dan keluarga mereka, bertukar kabar, cerita, atau sekadar update gosip di lingkungan sekitar.

Advertisement

Nah, sebenarnya teknologi yang ada di genggaman kita nggak melulu hanya bisa dipakai untuk menyelami media sosial dan menyambung tali silaturahmi dengan orang-orang terdekat aja. Teknologi atau lebih khusus lagi, ponsel atau gadget kita ini, punya banyak sekali fitur yang bisa kita manfaatkan untuk mengisi waktu luang selama di rumah. Salah satunya untuk “menghadirkan” hewan virtual di rumah kita! Selain bisa buat seru-seruan, fitur yang ada di Google ini juga bisa buat media edukasi anak, adik, atau keponakan kita dalam mengenal binatang.

Tahun lalu Google merilis fitur yang cukup asyik dicoba terlebih saat keadaan lagi memaksa kita buat terus berada di rumah seperti sekarang ini. Fitur Google ini memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR)

Harimau virtual via www.braintologi.com

Pertengahan 2019 lalu, Google merilis fitur berbasis teknologi Augmented Reality (AR) yang bisa bikin kita menemukan hewan virtual lewat kolom pencarian Google. Lewat fitur tersebut, kita dapat “menghadirkan” hewan-hewan ke rumah kita. Nggak cuma hewan rumahan kayak kucing dan anjing aja, tapi juga hewan yang selama ini mungkin cuma bisa kita lihat di kebun binatang aja, seperti panda, beruang, hingga macan tutul. Kalau hewan itu udah muncul di sekitar, kita juga bisa memotret atau merekamnya dan mengunggah di IG story lo! Seru, kaaan~

Gimana sih cara memanfaatkan fitur itu?

Tampilan saat mencoba fitur AR Google via tekno.kompas.com

Caranya gampang banget lo! Siapkan HP kalian dulu ya, terus ikuti tahapannya berikut ini.

Advertisement
  1. Pertama, buka mesin pencarian Google kalian
  2. Lalu ketik kata kunci hewan (bisa bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) yang ingin kalian lihat versi virtualnya, misalnya “Panda”
  3. Setelah diklik tombol cari, nanti akan muncul beragam penelusuran tentang hewan panda. Nah, kalau kalian scroll ke bawah akan ada pilihan untuk menampilkannya secara 3D. Tinggal klik aja deh tombol itu~
  4. Selanjutnya, tinggal ikuti petunjuknya. Kalau mau memindahkan panda ke “dunia nyata” tinggal klik “View in your space“.
  5. Dan, voila! Kamu akan menemukan binatang itu bertengger di depanmu.
  6. Uniknya, tampilan hewan virtual itu bisa dipindahkan, diperbesar, dan diperkecil. Ia juga bisa mengeluarkan suara raungan mirip seperti suara aslinya!

Sayang, nggak semua jenis ponsel mendukung fitur AR dari Google itu. Butuh HP dengan hardware dan software mumpuni agar fitur tersebut bisa dipergunakan

Nggak semua gadget bisa via www.essentialkids.com.au

Fitur Google ini mengandalkan sistem ARCore yang dipadukan dengan kamera dan sensor motion untuk menampilkan objek 3 dimensi. ARCore sendiri hanya tersemat di aplikasi Google Play Services for AR yang cuma mendukung sistem operasi Android 7.0 ke atas. Nah, bagi kalian pengguna produk Apple, pastikan kalau iOS kalian sudah ada di versi 11 ke atas. Buat yang pengin tahu lebih lanjut daftar ponsel yang bisa menampilkan hewan virtual ini, klik di tautan berikut ya!

Bagi yang gadget-nya sudah masuk kriteria di atas, nggak ada salahnya lo buat mencoba fitur unik Google yang satu ini. Sekalian tuh ajakin adik atau keponakan kalian yang masih kecil, pasti pada seneng deh~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE