HiLo School Gelar Program ‘HiLo School Learn & Play 2020’, Biar Anak-Anak Nggak Bosan Selama Sekolah Online

HiLo School Learn & Play 2020

Sudah enam bulan pandemi Covid-19 merebak di Indonesia. Dan hari ini sebagian masyarakat mulai merasa bosan karena hanya beraktivitas dari rumah. Nggak terkecuali anak-anak sekolah, yang mulai bosan dengan pembelajaraan jarak jauh karena nggak bisa bermain bersama teman-teman sebayanya. Meski begitu, jalannya pendidikan tetap harus diupayakan, dengan catatan menggunakan cara yang menyenangkan.

Advertisement

Sejauh ini sekolah dan guru sudah berupaya mengantisipasi kebosanan anak-anak tersebut dengan menerapkan metode pembelajaran menyenangkan. Semisal menyisipkan permainan, tugas kolaboratif, dan menggunakan teknik story telling dalam menyampaikan pelajaran. Nah, untuk melengkapi upaya tersebut, HiLo School, produsen susu tinggi kalsium, melalui program HiLo School Learn & Play mengadakan kelas belajar dan bermain yang edukatif secara virtual untuk anak-anak Indonesia usia sekolah dasar.

HiLo School Play & Learn ingin anak-anak tetap asah aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik tanpa rasa bosan

Head of Marketing Nutrifood Susana dalam Konferensi Pers Virtual HiLo School Learn & Play 2020 via Zoom, Kamis (27/8/2020) (tangkapan layar) via www.hipwee.com

Diselenggarakan pertama kalinya, HiLo School mengadakan program ini untuk menjalankan kontribusinya terhadap pertumbuhan anak-anak Indonesia, khususnya anak-anak usia sekolah dasar. Head of Marketing Nutrifood, Susana Sie, mengatakan bahwa selain melalui nutrisi dalam susu HiLo School, mereka juga ingin mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui kelas HiLo School Learn & Play yang bakal diisi dengan materi belajar dan bermain.

“HiLo School hadir sebagai sumber nutrisi untuk anak-anak di masa pertumbuhan. Selain itu kita juga ingin punya peranan di dunia mereka. Selain melalui nutrisi, program ini adalah hal yang bisa kita lakukan untuk mendukung anak-anak Indonesia di kondisi pembelajaran jarak jauh. Kami percaya bahwa belajar dan bermain secara online bisa tetap menyenangkan, serta ingin mendukung anak-anak Indonesia agar tetap aktif dan berprestasi di masa yang cukup menantang ini,” kata Susana Sie dalam Konferensi Pers Virtual HiLo School Learn & Play 2020 via Zoom, Kamis (27/8/2020).

Advertisement

Ia melanjutkan, program yang dikhususkan untuk anak-anak sekolah dasar kelas 3 dan 4 ini berlangsung dari Agustus hingga Desember 2020, dengan harapan bisa menemani hingga 350.000 anak-anak di 10.000 sekolah dasar di seluruh Indonesia. Di sini anak-anak akan mendapatkan materi dengan empat subtema meliputi ciri-ciri makhluk hidup dengan fokus story telling, hewan dan tumbuhan dengan fokus critical thinking dan green environment, ragam cita-cita yang berfokus pada profesi era industri 4.0, serta sumber energi yang berfokus pada nutrition dan health. Materi-materi yang ditujukan sebagai pelengkap materi ajar kurikulum sekolah tersebut akan dibawakan oleh tim HiLo School, yang sebelumnya sudah mendapat pengajaran dan pelatihan terkait pembelajaran.

“Mata ajar yang dihadirkan di HiLo School Learn & Play 2020 merupakan pelengkap materi ajar kurikulum sekolah, dengan serangkaian kegiatan belajar dan bermain yang seru serta menggabungkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik anak-anak usia sekolah dasar,” imbuh Susana.

Untuk bisa terlibat dalam program HiLo School Learn & Play 2020, Susana menjelaskan nggak ada syarat khusus, selain jumlah siswa yang dimiliki sekolah sedikitnya berjumlah 20 orang. Sementara untuk materi ajar, ia mengatakan akan terus dikembangkan sesuai dengan topik yang menarik dan relevan bagi anak-anak usia sekolah dasar, serta tentunya menunjang kurikulum sekolah.

Advertisement

HiLo School Learn & Play bisa jadi oase bagi anak-anak usia sekolah dasar dalam menghadapi kebosanan pembelajaran jarak jauh

Praktisi pendidikan dan komunikasi Dr. Vivid F. Argarini (tangkapan layar) via www.hipwee.com

Praktisi pendidikan dan komunikasi Dr. Vivid F. Argarini, mengatakan program HiLo School ini cukup mengisi peran penting di tengah kebosanan anak-anak usia sekolah dasar. Ia menyatakan, di usia tersebut anak-anak harus terus diasah sisi kognitif, afektif, dan psikomotoriknya, dan HiLo School Learn & Play 2020 punya desain yang tepat untuk hal tersebut. Ia menjelaskan, program pembelajaran yang baik untuk anak adalah yang mampu melatih keahlian masa depan, seperti problem solving, pembuatan keputusan, kolaborasi, networking, komunikasi, kreativitas, kemampuan analisis mendalam dan berpikir kritis, pengertian lintas budaya, serta sikap.

“Hal tersebut bertujuan untuk membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi dunia yang semakin kompleks dan menantang. Inilah mengapa kegiatan belajar harus menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka, sehingga anak-anak dapat bertumbuh optimal,” jelas Dr. Vivid.

Kepala Bidang Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Momon Sulaeman via www.hipwee.com

Sementara itu Kepala Bidang Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Momon Sulaeman, mengapresiasi langkah yang diambil HiLo School lewat program edukatif ini. Ia berharap program HiLo School Learn & Play bisa jadi oase bagi anak-anak usia sekolah dasar dalam menghadapi kebosanan pembelajaran jarak jauh, serta bisa melibatkan lebih banyak lagi sekolah dasar di Indonesia.

“Kita paham kalau anak-anak sekarang sudah mulai bosan, dan orang tua sudah mulai pusing. Dan salah satu hal yang bisa membuat suasana belajar jadi happy adalah program dari HiLo School ini,” tukas Momon.

Nah, kalau kamu tertarik untuk melibatkan anak, adik, atau saudara dalam program HiLo School Learn & Play ini, bisa loh meminta pihak sekolah untuk menghubungi langsung tim HiLo atau mengirimkan pesan melalui media sosial HiLo. Program ini diadakan gratis, dan setiap sesi berlangsung selama 45 hingga 60 menit untuk anak-anak usia sekolah dasar dari Sabang sampai Merauke.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE