Ibunda SBY Berpulang, Begini Riwayat Siti Habibah dari Jatuh Sakit Hingga Wafat

Ibu SBY meninggal dunia

Kabar duka kembali datang dari mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono atau biasa dikenal SBY. Hanya berselang 3 bulan dari kepergian istri tercintanya, Ibu Ani Yudhoyono, kali ini SBY mesti menerima suratan takdir lain. Siti Habibah, ibu kandung dari mantan presiden Indonesia keenam ini dikabarkan meninggal dunia Jumat malam (30/8).

Advertisement

Beliau menutup usia di RS Mitra Keluarga, Cibubur, Jakarta Timur pada usianya yang menginjak 66 tahun. Sejak awal Agustus lalu, memang diketahui bahwa kondisi Ibu dari SBY mengalami penurunan yang drastis, beliau berkali-kali keluar masuk rumah sakit. Bahkan saat detik-detik Siti Habibah mengalami sakit, SBY nampak menjauh dari urusan politik. Selengkapnya di Hipwee News & Feature.

Kesehatan ibunda SBY sudah menurun sejak awal Agustus. Siti Habibah mulai dirawat di Rumah Sakit Mitra Cibubur sejak 8 Agustus 2019

Ibunda SBY saat dirawat di Rumah Sakit via Twitter

Diketahui sebelumnya bahwa kondisi kesehatan Siti Habibah menurun dan dirawat di rumah sakit sejak Kamis sore tanggal 8 Agustus lalu. Tidak dikabarkan secara spesifik penyakit apa yang diderita oleh Siti Habibah namun pihak keluarga mengatakan bahwa kondisinya menurun akibat faktor umur yang sudah senja.

Saat itu beliau dikabarkan sudah sulit untuk beraktivitas seperti biasa. Dalam aktivitasnya sehari-hari, beliau dibantu menggunakan kursi roda

Advertisement

Beberapa hari dirawat di rumah sakit kondisi beliau sempat membaik.

Kondisi ibunda SBY sempat membaik via www.instagram.com

Setelah dirawat dirumah sakit selama 3 hari, sebetulnya kondisi ibu Siti Habibah sempat membaik. Melansir Kompas, Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Imelda Sari membenarkan hal tersebut jika kondisi ibunda SBY memang lebih stabil pada Minggu, 8 Agustus 2019.

Sempat beredar kabar bahwa Siti Habibah menderita komplikasi penyakit yang bermacam-macam, tapi semua itu telah diluruskan.

Siti Habibah beraktivitas dengan bantuan kursi roda via www.instagram.com

Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean menampik kabar yang beredar seputar penyakit ibunda SBY. Sebelumnya ibu Siti Habibah dikabarkan menderita komplikasi penyakit. Dalam laporan Kompas, Ferdinand menjelaskan bahwa penyebab sakitnya ibunda SBY itu karena faktor usia.

Seperti yang kita ketahui juga, Siti Habibah nampak menggunakan bantuan kursi roda untuk beraktivitas seperti pada unggahan-unggahan foto keluarganya.

Advertisement

Setelah mengalami naik turun kondisi kesehatannya dan sempat beberapa kali dirawat di rumah sakit, Tuhan punya rencana lain

Tuhan punya rencana lain via www.klikdokter.com

Saat dirawat di rumah sakit, ibu Siti Habibah kesehatan mengalami naik turun. Semua ikhtiar telah dilakukan keluarga namun Tuhan punya rencana lain. Siti Habibah tutup usia pada Jumat, 30 Agustus 2019, pukul 19.21 WIB di RS Mitra Keluarga Cibubur. Kabar tersebut juga diunggah oleh pihak keluarga SBY pada akun media sosial mereka, salah satunya adalah Annisa Pohan.

Saat ini jenazah Siti Habibah berada di Puri Cikeas, kediaman Bapak SBY. Jenazah akan dimakamkan pada Sabtu, 31 Agustus di TPU Tanah Kusir setelah salat Zuhur. Semoga ibu Siti Habibah mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE