Sudahkah kamu tahu bahwa Presiden Jokowi berwacana untuk memindahkan ibukota negara? Dalam Twitter pribadinya, beliau melayangkan pertanyaan kepada para warganet, “DKI Jakarta kini memikul dua beban sekaligus: sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Banyak negara memindahkan ibu kotanya, sementara kita hanya menjadikannya gagasan di setiap era Presiden. Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia?”. Begitulah cuitannya yang dilayangkan tanggal 29 April lalu.

Ternyata cuitan tersebut bukan asal bicara lho. Pasalnya pada hari Senin tanggal 29 April lalu, Pak Jokowi memimpin rapat terbatas yang diadakan di istana negara untuk membahas wacana terkait pemindahan ibukota negara.

Advertisement

Pertanyaan Jokowi melalui Twitter pribadinya itu ternyata mengundang berbagai respons, beberapa di antaranya adalah mengusulkan di mana sebaiknya ibu kota yang baru. Ingin tahu? Simak usulan para warganet ini!

Boleh juga sih di Kalimantan dan alasannya masuk akal, tapi harus diperhitungkan juga lo bagaimana keberlangsungan hutan yang ada di sana!

Usulan di Kalimantan via twitter.com

Palangkaraya ini sebelumnya juga udah pernah digadang-gadang menjadi Ibukota yang baru, bahkan Soekarno dulu juga pernah punya mimpi untuk memindahkan ibukota ke Palangkaraya

Palangkaraya sebagai opsi via twitter.com

Jarang lo yang ngusulin buat pindah di Papua, ini bisa jadi pertimbangan juga buat pemerintah biar Papua nggak selalu dianaktirikan

Usulan di Papua via www.facebook.com

Eh bentar, ini gimana ya kalau ibukotanya bisa giliran seperti ini? Kayaknya sih malah kurang efektif kalau setiap tahun harus terus membangun ulang dari awal

Pemindahan ibukota secara berkala via www.facebook.com

Teruntuk yang belum tahu nih, Kopeng itu daerah kecil di lereng gunung Merbabu dan Merapi, tapi nanti gimana ya. Masa ibukota cuma daerah kecil sih?

Pemindahan di Kopeng via www.facebook.com

Ada usulan lain nih biar dipindah ke perbatasan Lampung dan Sumatera Selatan, sepertinya pertimbangannya juga menarik

Pemindahan ke perbatasan Lampung dan Sumsel via www.facebook.com

Ini ide menarik juga lho, selain bisa tetap memelihara jantung dunia, daerah timur nantinya akan terdorong untuk lebih dimajukan lagi oleh pemerintah

Pemindahan ke arah timur via twitter.com

Ternyata banyak juga ya yang mengusulkan tempat baru untuk dijadikan Ibukota, kalau menurut kamu di mana nih letak yang pas?

Jokowi bertanya pada warganet via twitter.com

Nah, sudah lihat kan respons dari berbagai warganet yang mengusulkan tempat baru untuk dijadikan ibukota setelah Jakarta. Apakah kalian juga punya usulan? Kampung halaman kalian misalnya? Tapi harus diperhatikan, bahwasanya memilih sebuah kota untuk dijadikan pusat pemerintahan itu membutuhkan segudang pertimbangan, baik secara geografis, politik, dan kultural, jadi nggak bisa asal-asalan lho. Kita ikuti saja dulu kelanjutannya.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya