7 Hal yang Bakal Berubah Kalau Ibu Kota Beneran Jadi Pindah ke Kalimantan. Ayo, Siap-siap!

Ibu kota pindah Kalimantan

Isu ibu kota bakal dipindah ke Kalimantan ternyata bukan lagi isapan jempol belaka. Ini karena Presiden Jokowi akhirnya telah mengonfirmasi kalau ibu kota benar-benar akan pindah dari Jakarta. Tentu keputusan itu telah melalui berbagai perundingan yang di tengah jalan juga menemui pro kontra. Namun, bagaimana pun, pada akhirnya Jokowi tetap pada pendiriannya: memindah ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

Advertisement

Keputusan itu pasti akan mengubah banyak hal, mulai dari infrastruktur, sampai sosial dan budaya. Nah, kali ini Hipwee telah merangkum hal-hal yang bakal berubah kalau ibu kota pindah ke Kalimantan. Apa saja sih? Simak bareng, kuy~

1. Kalau Ibu Kota udah resmi dipindah ke Kalimantan, nggak akan ada lagi deh itu artis ibu kota kayak biasanya. Adanya cuma artis Jakarta

Nggak akan ada lagi artis ibu kota via doktersehat.com

2. Dulu, orang yang medok selalu dibilang dari Jawa, padahal Jakarta kan juga Jawa. Nanti alasan kayak gitu nggak akan berlaku lagi deh pasti

Bisa-bisanya yaa Jakarta dibedakan sama Jawa. Hadeeh via www.peta-hd.com

Advertisement

3. Nggak cuma “Lo Gue” ala Jakarta yang jadi bahasa gaul se-Indonesia, siapa tahu nanti bahasa daerah dari Kalimantan juga bisa jadi nggak kalah gaul

Bahasa daerah nggak akan kalah gaul juga via akurat.co

4. Tiap ada demo di Jakarta, biasanya demonstran yang dari luar kota akan naik bis ke Jakarta. Kalau ibu kota pindah, masa iya demonstran dari Jawa bakal bela-belain naik kapal ke Kalimantan??

Perlu effort tinggi untuk ke Kalimantan via www.kanalkalimantan.com

5. Film dengan tema hantu-hantu mainstream seperti pocong, kuntilanak dan sebagainya bakalan tergusur sama film hantu kuyang khas Kalimantan. Hati-hati yang punya bayi!

Film Kuyang akan semakin terkenal via www.youtube.com

6. Kalau kemarin pada ribut lahan hijau diganti jadi industri perkebunan sawit, kalau ibu kota pindah bisa jadi kebun sawit bakal dibabat juga, terus diganti jadi gedung-gedung tinggi

Advertisement

Udah bukan lahan hijau vs sawit, tapi sawit vs gedung tinggi via www.goodnewsfromindonesia.id

7. Warga Kalimantan biasanya ngeluh karena susahnya akses jalan, setelah ini bisa jadi mereka bakal gantian ngeluh akibat jalanan macet kayak Jakarta

Macet jadi keluhan sehari-hari warga Jakarta via mediaindonesia.com

Walau belum jelas kapan resminya ibu kota akan pindah Kalimantan, tapi ada baiknya buat kalian yang hidup di dua daerah ini untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang udah tentu bakal mengalami banyak banget perubahan. Semangat ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

ecrasez l'infame

CLOSE