Ikuti Tren Kecantikan Gua Sha di TikTok, Perempuan ini Sadari Dirinya Idap Kanker Stadium 4

TikTok mempunyai banyak sekali video yang sedang tren di kalangan masyarakat. Tak jarang, video-video tersebut dibuat ulang oleh para pengguna media sosial tersebut. Alasannya sederhana yaitu sebagai hiburan semata.

Advertisement

Beberapa waktu lalu, TikTok diramaikan dengan tren kecantikan bernama Gua Sha. Istilah Gua Sha atau Guasha dalam Bahasa Indonesia berarti batu pipih yang digosok atau dikerokan pada kulit, terutama kulit wajah. Tidak butuh waktu lama, TikTok dibanjiri video di mana para pengguna mencoba tren satu ini.

Bermula dari sekadar ikut-ikutan tren, seorang perempuan muda asal Alabama, Amerika Serikat dikejutkan oleh hal yang tidak disangka-sangka. Tren Gua Sha justru menyingkap kondisi kesehatan perempuan tersebut dan ia menyadari bahwa dirinya tidak sedang baik-baik saja.

Tren Gua Sha yang konon katanya mampu membuat kulit wajah jadi lebih kencang

Tren Kecantikan Gua Sha

Tren kecantikan Gua Sha yang konon katanya bikin wajah awet muda / Credit: Photo by Elina Fairytale on Pexels.com

Belakangan ini teknik pijat Gua Sha sedang naik daun di TikTok. Banyak pengguna mencoba tren satu ini berawal dari rasa penasaran. Teknik Gua Sha sendiri diyakini berasal dari China dan sudah ada sejak tahun 2000-an.

Advertisement

Gua Sha merupakan cara ekonomis perempuan China dalam merawat kulit wajahnya. Adapun alat yang dapat digunakan sangat beragam, mulai dari batu pipih, batu giok, atau mineral yang dimodifikasi berbentuk pipih. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan menggosok atau seperti gerakan memijat.

Jika dilakukan secara rutin, maka dipercaya teknik ini dapat meningkatkan sirkulasi darah juga mendorong drainase limfatik. Gerakan atau pijatan Gua Sha ini diyakini sebagai detox yang membantu dalam membuang racun dalam tubuh. Di China sendiri, Gua Sha ditujukan untuk pengobatan demam bahkan penyakit akibat infeksi virus.

Teknik Gua Sha ini diklaim dapat membuat kulit wajah tampak awet muda apabila diaplikasikan secara teratur di wajah. Hal ini disebabkan oleh gerakan atau pijatan dengan menarik kulit wajah yang mengendur ke arah dalam agar menjadi lebih kencang.

Advertisement

Dari sekadar ikut-ikutan tren Gua Sha hingga akhirnya menyadari dirinya mengidap kanker kulit stadium empat

Tren kecantikan Gua Sha dari China

Teknik Gua Sha dipercaya dibikin kulit wajah lebih kencang dan tampak awet muda / Credit: Photo by Arina Krasnikova on Pexels.com

Penasaran dengan tren TikTor yang booming yakni Gua Sha, seorang perempuan bernama Hellen Bender ikut-ikutan mencobanya. Ketika sedang mencoba tren tersebut, Hellen dikejutkan oleh sesuatu yang tidak ia duga sebelumnya. Perempuan 26 tahun itu menemukan ada benjolan cukup besar di rahang sebelah kiri wajahnya dan iapun segera memeriksakan kondisinya pada dokter.

Betapa sedih hati Hellen saat dokter memvonis dirinya tengah mengidap kanker stadium empat. Diketahui dari detikhealth (Sabtu, 11/02/2023), ini bukan pertama kalinya Hellen divonis menderita kanker karena sebelumnya ia juga pernah didiagnosis kanker dan telah dinyatakan sembuh. Lebih lanjut mengecek kondisi kesehatannya, Hellen melakukan pemindaian dan mendapati dirinya memiliki 20 tumor.

Dilansir dari detikhealth (Sabtu, 11/02/2023) Hellen pun memberanikan diri bertanya pada dokter tentang berapa banyak waktu yang ia miliki dengan kanker stadium empat dalam tubuhnya. Jawaban yang ia peroleh dari dokter membuatnya sangat terpukul karena dokter mengatakan dari kasus serupa kemungkinan hanya enam minggu saja.

“Saya bertanya pada dokter saya berapa lama menurutnya saya akan melakukannya, dan dia mengatakan seseorang telah datang kepadanya pada tahap yang sama dan mereka meninggal dalam enam minggu.” Ucap Hellen Bender dikutip dari detikhealth (Sabtu, 11/02/2023).

Hellen mengaku saat ini dirinya sulit memberitahukan kondisi sesungguhnya pada keluarga.

“Saya tidak bisa memberitahu ayah saya, sangat sulit untuk menyampaikan berita semacam itu kepada anggota keluarga.” Ungkap Hellen Bender dikutip dari detikhealth (Sabtu, 11/02/2023).

Saat ini Hellen tengah menjalani proses pengobatan dan berpesan kepada semua orang agar melakukan pengecekan sedini mungkin tanda-tanda awal dan gejala kanker kulit karena jenis kanker satu ini sangat sering tidak disadari.

Bagaimana menurut Sobat Hipwee? Yuk, kita bersama-sama terapkan pola hidup sehat serta tidak lupa memeriksakan kesehatan diri ke dokter.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE