Tepat pada hari ini tanggal 21 September, warga dunia sedang merayakan Hari Perdamaian Dunia. Peringatan ini didedikasikan untuk perdamaian dunia atau secara khusus untuk mendukung berakhirnya perang dan kekerasan di dunia. Bicara soal perdamaian, kamu tentu familiar dengan gambar lingkaran dengan garis membentuk ceker ayam di tengahnya. Ya, itulah yang sering disebut sebagai logo ‘peace‘ atau perdamaian.

Logo ‘peace’ mungkin memang sudah kelewat sering kita jumpai; pada mural tembok, gambar kaos, topi, sampai pada gambar bendera pada konser Reggae. Tapi adakah yang tahu apa arti atau sejarah di balik logo tersebut? Logo yang sering kita jumpai tersbut ternyata bukan hal sembarang, melainkan ikon dari isu besar perdamaian dunia. Lingkaran dan garis pada logo tersebut juga tidak sembarang gambar, ada makna yang tersimpan di dalamnya yang berkaitan dengan peperangan di masa silam. Penasaran? simak baik-baik ulasan Hipwee Feature & News kali ini.

Logo ‘peace’ tercetus pertama kali pada sebuah demonstrasi penolakan atas senjata nuklir di Inggris pada tahun 1958

Campaign for Nuclear Disarmament (CND) via hoyenhistoria.blogspot.com

Advertisement

Pada 4 April 1958, ribuan orang berkumpul di Trafalgar Square, London memprotes serangkaian uji ledakan senjata nuklir setelah Inggris bergabung dengan klub nuklir setelah AS dan Uni Soviet. Mereka tergabung dalam Campaign for Nuclear Disarmament (CND), sebuah organisasi yang menentang tindakan militer atas penggunaan senjata nuklir, kimia atau biologi dan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di Inggris.

Protes berlangsung empat hari dan sebuah simbol baru pun muncul pada spanduk yang dibawa para demonstran. Logo tersebut buatan seorang seniman bernama Gerald Holtom hingga akhirnya dipakai sebagai simbol Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir.

Logo CND yang dirancang oleh Gerald Holtom merupakan kombinasi semafor dari perintah pelucutan nuklir

Gerald Holtom adalah seorang seniman desain profesional lulusan Royal College of Arts. Logo yang dibuatnya ini merupakan kombinasi semafor –komunikasi menggunakan bendera– dari perintah pelucutan nuklir. Gambar yang tergambar seperti ceker ayam tersebut mewakili huruf ‘N’ dan ‘D’ atau ‘Nuclear’ dan ‘Disarmament’. Jika keduanya digabungkan menjadi ‘pelucutan senjata nuklir’.

Setelahnya logo CND perlahan meluas ke Amerika Serikat kemudian ke seluruh dunia dan dijadikan sebagai simbol universal terkait perdamaian hingga sekarang

Protes anti Perang Vietnam 1969 via edition.cnn.com

Advertisement

Semenjak Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir (CND) di London, logo tersebut meluas ke berbagai penjuru dunia, bahkan sampai digunakan sebagai simbol protes terhadap isu yang berlain dari nuklir. Di Amerika Serikat ketika Perang Vietnam meningkat pada pertengahan 1960-an, logo CND ini diadopsi oleh demonstran anti-perang dan gerakan kontra-budaya.

Terhitung 60 tahun sejak logo tersebut populer pertama kali di London, logo CND silih berganti digunakan untuk mendukung pergerakan-pergerakan sosial. Mulai dari terkait dengan isu lingkungan sampai dengan yang menyangkut isu seputar hak-hak kaum LGBT.

Bahkan kini logo CFD ini muncul pada jutaan cangkir, T-shirt, cincin, kalung dan sebagainya. Logo ‘peace’ atau CND juga kerap digunakan sebagai simbol pecinta musik reggae, yang menandakan musik mereka membawa perdamaian. Warisan Gerald Holtom terus hidup dan terus diperbarui.

Selain logo CND atau ‘peace’ ini, orang-orang juga memiliki ikon lain sebagai penggambaran pesan damai

Peace pakai jari via www.unsplash.com

Sebelum logo CND, sejatinya sebagian besar manusia –khususnya umat nasrani– telah memiliki simbol perdamaian. Simbol yang merepresentasikan perdamaian itu nggak lain adalah merpati dan ranting zaitun yang merujuk pada kisah Nabi Nuh dan kisah pembabtisan Yesus. Selain itu kamu tentu telah familiar dengan simbol perdamaian lain yang diwakili dengan gerakan jari membentuk huruf ‘V’ yang menyatakan victory=kemenangan.

Itulah sejarah panjang mengenai logo ‘peace’ yang sudah sering kamu temui di mana-mana. Berawal dari simbol penolakan terhadap senjata nuklir hingga digunakan sebagai lambang perdamaian universal yang kerap digunakan untuk melawan peperangan dan ketidakadilan.

Berbagai upaya telah dilakukan dunia untuk menghentikan peperangan, secara nggak langsung Gerald Holtom telah melakukannya dengan logo yang diciptakannya. Nah kamu jangan mau kalah dong! Di Hari Perdamaian Dunia ini sejatinya kamu juga bisa ikut menyuarakan pesan damai. Salah satunya dengan ikut berkampanye bersama Hipwee. Caranya mudah! Tonton video dibawah ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya