Coba deh bayangkan hidup tanpa internet. Sanggup nggak nih?

Pasti kebanyakan dari kita nggak ada yang bisa deh hidup tanpa kehadiran internet. Hampir seluruh aktivitas kita bergantung dengan internet. Buat berkabar dengan orang terdekat, kita menggunakan internet. Untuk melakukan transaksi perbankan, internet jadi andalan. Selain itu, memesan makanan, melihat lokasi jalan, dan berbelanja, kita nggak lepas deh sama yang namanya internet.

Advertisement

Tapi ternyata, nggak hanya internet aja lo penemuan hebat yang mengubah hidup manusia dan berhasil bikin kita ketergantungan. Ada banyak penemuan lain yang tak bisa dilepaskan dari hidup misalnya saja komputer, ponsel, energi nuklir, dan sebagainya. Yuk kita dalami lagi, apa saja penemuan hebat yang mengubah dunia bersama Hipwee News & Feature. Tanpanya, kita nggak akan sampai pada tahap seperti ini deh!

1. Energi nuklir merupakan salah satu energi yang sangat besar dan masih dipakai hingga sekarang. Ternyata penggunaannya sudah ditemukan sejak tahun 1951 lo

Rekator nuklir memang nggak terlihat seram padahal kalau penanganannya nggak benar bisa jadi bahaya lo. via news.stanford.edu

2. Meski kecerdasan buatan mulai populer akhir-akhir ini, tapi ternyata hal itu sudah ditemukan sejak lama, bahkan jauh sebelum internet ditemukan (1956)

Orang yang pertama kali mencetuskan istilah kecerdasan buatan adalah John McCarthy. via www.evolving-science.com

3. Kalau internet yang membuat kita ketergantungan ini sih ditemukan pada tahun 1969. Tapi, saat itu memang penggunaanya belum seluas sekarang

Badan yang mengembangkan internet pertama kali adalah Advanced Research Projects Agency Network. via gizmodo.com

4. Inisiatif membuat perpindahan uang di bank jadi lebih mudah dengan mutasi elektronik ternyata sudah dicetuskan sejak tahun 1972 lo

Kalau nggak ada teknologi ini, dunia perbankan bakal sulit maju ‘kan. via finditsek.com

5. Pada tahun 1973 merupakan pertama kalinya ada orang yang berhasil mengombinasikan DNA dari spesies yang berbeda. Itu yang mengawali rekayasa genetika

Rekayasa genetika bermanfaat banget lo untuk kehidupan termasuk untuk mengembangkan produktivitas tanaman. via www.earth.com

6. Sedangkan panggilan telepon melalui ponsel dilakukan tahun 1973 oleh seorang peneliti Motorola. Motorola jadi salah satu merek ponsel terkenal zaman dulu

Martin Cooper adalah peneliti Motorola, sebuah perusahaan yang jadi salah satu pembuat ponsel. via www.nbcnews.com

7. Setelah ponsel, pada tahun 1975, diluncurkan sepaket komputer perdana. Setelah itu baru deh Apple dan IBM merancang komputer mereka

Gambar ini adalah Lisa 1, komputer buatan Apple. Tapi, ini bukan komputer pertama lo. Komputer pertama lebih sederhana. via theultralinx.com

8. Perangkat lunak digital seperti Photoshop ternyata ditemukan pada tahun 90-an lo. Sampai saat ini terus berkembang dan jadi perangkat lunak yang sangat penting

Salah satu yang memprakarsai berkembangnya media digital adalah Photoshop. via 0300088.blogspot.com

9. Inovasi besar bidang kesehatan yaitu dibuat dan dipasangnya jantung buatan ternyata ditemukan sejak tahun 2001. Hebat ya!

Mencari jantung buat transplatasi bukan perkara mudah. Untungnya jantung buatan sudah ditemukan. via www.mobilescout.com

10. Sedangkan teknologi hebat yang baru saja ditemukan tahun 2018 ini adalah mesin untuk mengontrol hujan. Jadi saat ini hujan bisa dibuat oleh manusia lo

Bahkan, sekarang hujan bisa dibuat oleh manusia lo! via www.ndtv.com

Kita harus berterimakasih kepada para pencetus ide-ide brilian itu lo. Coba deh bayangkan hidup tanpa ponsel, internet, dan juga komputer. Kamu bisa nggak nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya