3 Langkah Jadi Generasi Seimbang yang Ngetren di Tahun 2023

Dengan ini kamu bisa tetap ngetren sambil capai keseimbangan dalam hidup

Memasuki tahun baru merupakan momentum yang tepat untuk kita mendefinisikan ulang diri sendiri, sambil merancang cara untuk menjadi versi terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Menjalani hidup dengan lebih seimbang bisa jadi salah satu cara mencapai versi terbaik tersebut. Apalagi, keseimbangan di tahun 2023 ini bisa diupayakan sembari mengikuti tren yang diprediksi akan digemari. 

Penasaran seperti apa? Langsung saja disimak.  

1. Gunakan  fashion item yang sudah dimiliki untuk ikut tren mode di tahun 2023

Ilustrasi tren fashion | Photo by santypan from iStockphoto

Cara pertama mengupayakan keseimbangan di tahun 2023 bisa kamu lakukan lewat tren fashion. Yup, di tahun 2023, kamu bisa mengikuti tren fashion dengan nilai-nilai keseimbangan. 

Mengapa? Karena tren fashion tahun 2023 diprediksi akan mengulang mode yang sempat ngetren di tahun-tahun sebelumnya, seperti disampaikan founder Fashion Division, Wulan Haryono. 

Melansir Parapuan, Wulan mengatakan tren fashion itu bermula dari fashion designer, kemudian diadaptasi oleh selebritas, dilanjutkan oleh fashion enthusiast, baru setelahnya diikuti oleh orang banyak. 

Nah, merujuk kepada kecenderungan fashion designer saat ini, diprediksi bahwa pakaian berbahan leather, knitted, lace dan juga printing akan mengalami peningkatan popularitas di dunia fashion 2023. 

Jika diamati, kamu pasti memiliki fashion item yang akan menjadi bagian tren di tahun 2023 ini, kan? Dengan itu bisa dibilang kamu nggak perlu belanja pakaian baru untuk bisa ngetren di tahun 2023, dan mencapai satu keseimbangan. 

Lewat pakaian yang sudah ada kamu bisa keep up dengan tren tanpa harus menghamburkan uang, sekaligus turut menyelamatkan lingkungan dari produksi fast-fashion yang menghasilkan banyak limbah. 

2. Pilih workation dan sport tourism alih-alih liburan ke luar negeri

Ilustrasi workation | Photo by Poike from iStockphoto

Cara selanjutnya untuk menjadi generasi seimbang yang tetap ngetren di tahun 2023 adalah lewat tren gaya hidup, di mana berwisata menjadi salah satu bagian dari gaya hidup yang dijalankan oleh banyak orang. 

Nah, alih-alih merencanakan liburan ke luar negeri, ada baiknya kamu ngikutin tren wisata 2023 yang diprediksi akan digemari agar sekaligus bisa mencapai keseimbangan, meliputi workation, sport tourism dan bleisure

Melansir Tempo.co, workation adalah konsep yang menggabungkan bekerja dengan unsur liburan. Kalau tempatmu bekerja saat ini menerapkan sistem hybrid, konsep bekerja sambil berlibur ini bisa jadi pilihan. Kerjaan beres, kamu pun nggak stress. 

Sementara sport tourism bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin mendapatkan dua benefit sekaligus dalam satu aktivitas, yakni berolahraga seperti maraton dan bersepeda sambil menikmati pemandangan alam. 

Mirip dengan workation, bleisure bisa jadi pilihan buat kamu yang sering melakukan perjalanan dinas. Konsep satu ini memungkinkan kamu melakukan perjalanan dinas sambil liburan tipis-tipis seperti nyicipin kuliner khas di lokasi sekitar. 

3. Ubah sifat konsumtif untuk hadapi tren ekonomi 2023

Ilustrasi mengelola pengeluaran | Photo by Krishna Tedjo from iStockphoto

Menjadi generasi seimbang juga bisa kamu capai dengan cara menghadapi resesi sebagai tren ekonomi 2023 yang diprediksi akan dialami beberapa negara. Adapun untuk menghadapi resesi, banyak cara bisa kamu lakukan. 

Beberapa cara di antaranya mempersiapkan dana darurat mulai sekarang agar kamu nggak mengalami kesulitan besar ketika resesi terjadi. Selain itu kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan, dan ubah sifat konsumtif untuk meminimalisir pengeluaran. 

Nggak kalah penting tapi sering diabaikan adalah aktif berinvestasi. Padahal dengan investasi kamu bisa mengamankan kekayaan, sekaligus mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Singkatnya, investasi membantu menstabilkan keuangan di masa krisis. 

Salah satu investasi yang bisa dipilih sekalipun kamu awam adalah emas. Apalagi harga emas di tahun 2023 diprediksi akan berada di harga Rp1.6 juta per gram, loh. Sebagai informasi, saat ini harga emas per satu gram berada di harga Rp1 jutaan.  

Dikutip dari Detik.com, lonjakan tersebut terjadi diperkirakan karena tiga faktor, meliputi mentalitas ekonomi perang yang meningkat, investasi besar dalam prioritas keamanan nasional baru, dan peningkatan likuiditas global. Maka dari itu, investasi emas perlu dipertimbangkan mulai dari sekarang, terlebih jenis investasi satu ini minim risiko.

Selain itu, yang menggiurkan dari investasi emas saat ini adalah kamu nggak perlu menunggu punya banyak uang nganggur dulu. Sebab, kamu bisa memiliki emas dengan skema menabung mulai dari Rp50.000 saja melalui Tabungan e-mas dari Bank Syariah Indonesia (BSI).

Nggak hanya itu, keuntungan lain Tabungan e-mas ini adalah kamu nggak perlu pergi ke kantor cabang bank untuk melakukan pembukaan tabungan maupun pembelian emas, karena semua dapat dilakukan dengan mudah lewat aplikasi BSI Mobile di smartphone-mu.

Yup, yang perlu kamu siapkan hanyalah smartphone, NPWP dan saldo untuk pembelian emas pertama, minimal 0,1 gram atau setara Rp100.000. Untuk selanjutnya, kamu bisa melakukan pembelian dengan minimum 0,05 gram atau setara Rp50.000. Menarik, kan?

Menariknya lagi, Tabungan e-mas ini menggunakan Akad Jual Beli Tunai yang mana emasmu langsung dititipkan ke bank dengan menggunakan Akad Wadiah Yad Amanah. Artinya, nasabah hanya melakukan penitipan emas pada bank, dan emas tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh bank.

Nah, adapun tata cara membuka Tabungan e-mas yang pertama adalah mengunduh dan meng-instal aplikasi BSI Mobile dari Play Store maupun App Store. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih menu “e-mas” di laman depan aplikasi lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Setelah itu kamu hanya perlu menyelesaikan pembelian pertama, yang bisa dilakukan berdasarkan nominal atau berat emas. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk memilih rekening pembayaran setoran awal serta autodebet biaya sewa tahunan. Centang kolom persetujuan, setelah itu transaksi akan berhasil dan kamu sudah memiliki emas digital yang bisa dicek langsung di aplikasi BSI Mobile.

Bagaimana, sekarang kamu sudah punya satu cara untuk menghadapi tren ekonomi 2023, kan? Kalau butuh informasi lebih detail mengenai cara menabung emas di aplikasi BSI Mobile, kamu bisa mengaksesnya di sini, ya. 

Perlu diketahui bahwa investasi bukan hanya sebuah upaya bijak mengelola keuangan, atau langkah cerdas menyiasati keadaan. Lebih dari itu, adalah cara mencapai keseimbangan di mana dengan aset yang dimiliki kamu tidak hanya berfokus untuk hari ini, tetapi juga masa depan.

Itu dia 3 langkah menjadi generasi seimbang yang tetap ngetren di tahun 2023. Kamu mau mulai langkahnya dari mana, nih? Untuk bisa lebih seimbang di tahun 2023, kamu juga bisa follow Instagram @guegensy karena di sana ada banyak informasi menarik mengenai keseimbangan.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor