Minum air putih itu kebutuhan utama manusia. Kita bisa saja bertahan beberapa hari tanpa makanan, asalkan tetap minum. Makanya ada sejumlah orang yang sampai nekad berdiet ekstrem dengan hanya minum air putih saja. Tapi jelas itu cara yang sangat tidak sehat untuk menurunkan berat badanjadi jangan ditiru ya guys. Tiap harinya kita memang harus minum air putih, tapi jelas wajib juga disertai berbagai nutrisi lain.

Baru-baru ini ada tren yang unik banget lho seputar air putih! Padahal ya cuma air putih, tapi ternyata sekarang ada banyak variannya. Bukan cuma air putih yang dikasih vitamin C atau infused water, Hipwee News & Feature mengamati ada tren air (putih) aneh yang harus kamu tahu! Dilansir dari The Guardian, ada 6 ‘air ajaib’ atau air putih trendy yang mulai populer di pasaran. Padahal ya isinya beneran cuma air putih, tapi ada yang warnanya hitam pekat sampai air putih yang ‘dipanen’ dari pohon. Nggak percaya?! Lihat sendiri deh!

1. Black water. Mungkin niatnya pengen buat kontradiksi biar menarik, banyak start up yang bikin air putih berwarna hitam. Katanya sih lebih sehat karena mengandung mineral alkalin

Kalau dari testimoni, ya rasanya tetap kayak air putih via thisiswhyimbroke.com

Black water kayaknya pengen ‘bermain’ dengan pikiran kita. Air putih yang selama ini jelas-jelas berwarna putih, sengaja dibuat hitam. Hanya warnanya saja, tapi selebihnya ya klaimnya sih hanya air putih dengan tambahan berbagai mineral. Meski nggak disebutkan secara detail, tapi mungkin warna hitam itu berasal dari mineral alkalin yang terkandung dalam berbagai merek black water.

Pasti banyak yang bakal merasa jijik atau aneh sebelum mencobanya, karena dipikiran kita air putih itu ya seharusnya jernih dan bersih. Tapi menurut banyak testimoni, rasanya beneran kayak air putih. Hanya sedikit terasa muddy atau berlumpur. Menurut yang jual sih air ini jauh lebih sehat dibanding air putih biasa. Harganya juga jauh lebih mahal. 

Advertisement

Oh ya ada juga lho kebalikannya, kopi bening!

Biar kita tambah bingung kali ya… via www.youtube.com

2. Fat Water. Air putih yang harus bebas lemak justru ditambahi lemak. Tapi katanya sih lemak yang berasal dari coconut oil ini sehat dan justru bisa membakar lemak badan

Karena ‘diminyaki’, air putih ini (katanya) lebih sehat via www.theguardian.com

Perusahaan yang membuat Fat Water ini, Bulletproof, memang terkenal dengan produk-produknya yang aneh. Sebelumnya perusahan ini membuat heboh dengan inovasinya kopi-mentega berlemak yang diklaim bisa jadi pengganti sarapan. Nah kali ini dengan konsep yang hampir sama, kini air putih yang dicampur lemak. Lemaknya adalah medium chain triglycerides (MCTs) yang didapatkan dari coconut oil atau minyak kelapa.

Berbeda dengan lemak lain yang punya kecenderungan tertimbun, MCTs justru cepat terbakar. Makanya ‘air putih berlemak’ ini dijual sebagai minuman diet pembakar lemak. Menurut orang yang sudah coba, Fat Water rasanya seperti air biasa dengan after taste berminyak di dalam mulut.

3. Melt Water. Jika air biasanya dikasih es batu atau didinginkan dulu baru jadi es, air ini khusus dibuat dari lelehan bongkahan es. Diklaim jauh lebih segar dan murni sih

Bongkahan es yang meleleh ditampung dalam botol ini via www.linkedin.com

Konsepnya mirip kayak kalau kamu punya es batu yang dibiarkan meleleh jadi air. Air itulah yang kemudian dibotolkan jadi Melt Water oleh perusahaan dari Lithuania. Meskipun banyak yang bilang rasanya seperti air kobokan, nyatanya produk ini memenangkan penghargaan Lithuanian Product of the Year 2013 Gold. Ya mungkin memang lebih murni karena langsung dari es.

4. Tree Water. Berbeda dari air putih biasa yang didapat dari sumber air mengalir, air ini diambil dari air yang tersimpan di dalam pohon

Caranya seperti mengumpulkan gula aren, ternyata ada juga pohon yang mengeluarkan air murni via rejuvenatedforlife.com

Meski terkesan aneh, sebenarnya cara mengumpulkan air dari dalam pohon itu ilmu yang sudah cukup tua. Mungkin karena saking melimpahnya sumber air yang mengalir di permukaan tanah, metode ini tidak populer. Nah lewat produk-produk Tree Water ini, metode ini seakan-akan kembali diperkenalkan pada dunia. Rasa airnya sih memang sedikit manis tapi kandungan kalorinya hanya 12 cal/100 ml. Rasa manis alami ini cocok buat penderita diabetes.

5. Collagen Water. Air putih yang satu ini khusus buat pemerhati kecantikan. Kandungan kolagen di dalamnya dipercaya bisa mengencangkan kulit

Air dengan tambahan kolagen via feel-qwell.com

Sedikit berbeda dengan yang lain, air putih trendy ini dibuat khusus untuk pemerhati kecantikan. Bukan lebih segar, murni, atau mengandung lebih banyak mineral bermanfaat, Collagen Water mengandung kolagen yang bisa mengencangkan kulitmu. Ada yang mencampur sedikit kolagen langsung dengan air, ada juga yang mengandung protein khusus pemicu terbentuknya kolagen dalam tubuh. Dibanding air buat minum, Collagen Water lebih mirip produk kecantikan yang bisa diminum.

Nggak sangka ya, air putih ternyata bisa dimacem-macemin kayak gini. Dari warnanya yang diubah, sampai cara mendapatkan airnya yang beraneka ragam. Hampir semua variasi unik atau aneh dari air putih ini, dipasarkan sebagai versi lebih sehat atau bernutrisi dari air biasa. Cuma biasanya sih ini sekadar strategi marketing yang digembar-gemborkan. Dilihat dulu deh baik-baik bahannya, atau ya lebih amannya minum aja air putih biasa hehe.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya