Jenius Luncurkan Moneytory, Fitur Buku Harian Keuangan yang Mempermudah Nasabah Catat Cash Flow 

Fitur terbaru Jenius Moneytory

Perencanaan dan pencatatan keuangan masih jadi kata asing bagi sebagian besar kita. Makanya jangan heran kalau setiap akhir bulan banyak yang kaget sendiri menyadari uangnya habis entah ke mana karena memang nggak melakukan pencatatan cash flow atau pemasukan dan pengeluaran harian dengan baik. Hal yang melatarbelakangi hal ini hanyalah kebiasaan dan belum tersedianya wadah praktis untuk mencatat setiap aktivitas keuangan tersebut.

Advertisement

Hal ini sejalan dengan hasil survey yang dilakukan Jenius kepada 2.619 responden, yang mengungkapkan kalau 6 dari 10 orang mengaku nggak biasa mencatat cash flow. Alasan paling banyak adalah malas karena ribet, lupa dan nggak terbiasa. Untuk itu, Jenius yang sejak awal kemunculannya punya beragam fitur yang memudahkan aktivitas finansial, kali ini menghadirkan Moneytory, sebuah fitur buku harian keuangan. Fitur ini bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis dari aplikasi Jenius, sehingga pengguna bisa mengetahui kondisi finansial dengan jelas karena terkategorisasi dengan sederhana.

Pencatatan cash flow adalah awal kondisi finansial yang sehat

Digital Banking Head Bank BTPN, Irwan Tisnabudi dalam konferensi pers virtual peluncuran fitur Moneytory, Kamis (25/6/2020)

Digital Banking Head Bank BTPN, Irwan Tisnabudi, mengatakan selain untuk mengajak generasi muda mulai melakukan pencatatan keuangan sebagai awal kondisi finansial yang sehat, kehadiran fitur Moneytory juga untuk menjembatani nasabah yang selama ini melakukan pencatatan cash flow dengan cara konvensional. Ia mengharapkan fitur yang bisa dioperasikan hanya dengan satu aplikasi Jenius ini bisa menciptakan keuangan yang sehat bagi nasabah.

“Dalam mewujudkan kondisi finansial yang sehat, hal mendasar yang perlu dilakukan adalah mengetahui cash flow yang dimulai dengan pencatatan finansial. Moneytory hadir sebagai personal financial management tool yang membantu pengguna mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis melalui aplikasi Jenius,” kata Irwan dalam konferensi pers virtual peluncuran fitur Moneytory, Kamis (25/6/2020).

Advertisement

Fitur Moneytory secara otomatis akan mencatat setiap transaksi berdasarkan kategori pengeluaran

Fitur Moneytory (Gambar: dok Jenius) via www.jenius.com

Cara kerja fitur Moneytory ini sangat sederhana dan praktis, dengan dua informasi utama yaitu Pemasukan dan Pengeluaran. Untuk yang sudah memperbaharui aplikasi Jenius, di halaman utama langsung bisa melihat jumlah total pemasukan dan pengeluaran berikut diagram sesuai kategorinya. Jadi setiap transaksi baik online maupun offline menggunakan Jenius akan otomatis mengubah data pengeluaranmu di Moneytory sesuai kategori. Misalnya kamu melakukan top-up uang elektronik atau pulsa menggunakan Jenius, maka transaksi tersebut otomatis tercatat dan masuk ke kategori yang sesuai. Begitu juga untuk jenis transaksi lain. Kalau belum ada kategori yang sesuai transaksimu, kamu bisa membuat kategori sendiri.

Selain itu, fitur Moneytory akan menampilkan tren pengeluaran sesuai tanggal dan nominal. Jadi akan mudah diketahui ke mana uang dibelanjakan sesuai tanggal dan nominalnya. Ini cukup penting untuk kamu yang seringkali impulsif membelanjakan uang, biar nggak kaget lagi di akhir bulan karena bakal ketahuan uangnya digunakan untuk tren belanja yang seperti apa.

Nggak ada lagi alasan malas atau ribet untuk catat setiap pengeluaran

Advertisement

Digital Banking Head Bank BTPN, Irwan Tisnabudi (tengah), Jonathan End (kanan) dalam konferensi pers virtual peluncuran fitur Moneytory, Kamis (25/6/2020)

Konten kreator sekaligus #temanjenius, Jonathan End yang sudah lebih dulu menjajal fitur Moneytory, mengatakan sangat terbantu dengan fitur ini karena sebelumnya ia harus menggunakan aplikasi di luar aplikasi perbankan. Menurutnya udah nggak ada lagi alasan malas mencatat keuangan untuk kondisi finansial yang sehat dengan kemudahan yang ditawarkan Jenius.

“Moneytory memudahkan saya mencatat pemasukan dan pengeluaran secara otomatis langsung dari di Jenius tanpa perlu berpindah aplikasi. Saya juga bisa melihat langsung ringkasan pengeluaran apa saja yang saya lakukan berdasarkan periode tertentu yang sudah dikategorikan, dan dapat mengetahui dengan jelas untuk keperluan apa saja uang saya dihabiskan sehingga dapat mengelola cash flow dengan lebih simpel dan cerdas tanpa perlu pindah-pindah aplikasi,” jelas Jonathan.

Sebagai life finance, Irwan mengatakan Jenius akan terus menghadirkan aplikasi dan fitur yang relevan bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam hal finansial. Namun untuk fitur Moneytory ini ia mengatakan hanya akan berfungsi untuk transaksi yang dilakukan di Jenius. Jadi untuk transaksi di luar Jenius saat ini belum bisa tercatat.

“Jenius berkomitmen untuk terus berinovasi melalui proses kolaborasi dan kokreasi dalam menyediakan fitur-fitur yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat digital savvy Indonesia yang terus berkembang“, tutup Irwan

Nah, untuk kamu nasabah Jenius udah nggak ada alasan lagi nih lupa atau malas catat keuangan. Karena kondisi finansial yang sehat itu bisa terwujud dari pencatatan cash flow yang baik.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

CLOSE