10 Kebiasaan Unik Orang Jepang yang Bikin Geleng-Geleng Kepala. Sewa Pacar Palsu tuh Lumrah Banget!

Jepang unik

Setiap negara memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Perbedaan ini menjadikan suatu negara memiliki ciri khas masing-masing. Entah itu kebiasaan unik, lumrah, hingga yang dianggap aneh sekalipun. Orang Indonesia misalnya, mereka biasa makan dengan tangan kosong. Konon, makan dengan tangan membuat makanan jauh lebih nikmat. Apalagi saat makan nasi padang.

Advertisement

Kalau masuk angin atau badan pegal-pegal, orang Indonesia biasa melakukan kerokan. Konon, tubuh jadi lebih enakan setelah punggung dioles balsem, lalu dikerok pakai koin. Kebiasaan orang Indonesia jika dilihat negara lain pasti akan dianggap unik bahkan aneh. Begitu juga saat kita melihat kebiasaan orang Jepang. Apa yang kita anggap nggak umum, oleh orang Jepang justru jadi hal yang lumrah dilakukan.

Kira-kira apa saja ya, kebiasaan lumrah dan unik orang Jepang yang bisa bikin kita geleng-geleng kepala? Yuk, simak~

1. Saat dihidangkan makanan berkuah, menyeruput sampai mengeluarkan suara kencang merupakan hal yang wajar. Malah disarankan lo, di Jepang itu tanda kamu menikmati makanan tersebut

Di kebanyakan negara lain, kebiasaan ini dianggap tidak sopan via livejapan.com

2. Di tempat pemandian umum, orang Jepang biasa berendam ramai-ramai di tub besar tanpa sehelai benang. Kalau pakai baju atau dalaman, tidak boleh masuk

Alasan utamanya untuk menjaga kebersihan via www.akibanation.com

Advertisement

3. Di Jepang ada agen yang menawarkan jasa sewa pacar bahkan keluarga. Jasa ini biasa digunakan orang Jepang saat mereka kesepian dan butuh tempat berbagi. Wah, menarik ya, kalau sewaktu-waktu butuh teman kondangan, hehe

ilustrasi kencan via unsplash.com

4. Selain itu, urusan minta maaf saja orang Jepang punya agen khusus, lho. Orang Jepang yang sulit atau malu minta maaf secara langsung, mereka bisa menggunakan agen minta maaf ini

meminta maaf via kaizenjapanesedining.com

5. Kesepian yang nggak bisa lepas dari kehidupan, membuat jasa pelukan kerap digunakan orang Jepang. Jasa pelukan hadir bagi mereka yang kesepian dan butuh dorongan semangat

memberi pelukan via unsplash.com

6. Saat di angkutan umum, orang Jepang terbiasa menahan diri untuk nggak berbicara lewat telepon. Kebiasaan ini bertujuan untuk menjaga ketenangan umum. Itulah kenapa saat berada di bus atau kereta rasanya sunyi sekali. Mereka lebih memilih untuk membaca buku atau tidur selama perjalanan

Advertisement

di dalam kereta via unsplash.com

7. Sudah jadi rahasia umum kalau orang Jepang itu terbiasa bahkan terobsesi dengan tepat waktu. Kebiasaan ini sudah ditanamkan sejak dini dan jadi patokan sopan santun, lho. Kalau di Indonesia, tahu sendiri, ya. Hehe~

ilustrasi tepat waktu via jpninfo.com

8. Selain tepat waktu, orang Jepang juga dikenal dengan kebersihannya. Saat Piala Dunia 2018 lalu, setelah selesai pertandingan, suporter Jepang saling gotong royong memberishkan stadion. Para pemain Jepang juga melakukan hal serupa di ruang ganti sekaligus memberi ucapan terima kasih. Wah!

suporter Jepang memberishkan stadion via thebridge.in

9. Giat bekerja membuat jam tidur orang Jepang jadi lebih sedikit. Nggak jarang, mereka seringkali tertidur di tempat kerja. Bukannya dapat teguran, uniknya malah membuat atasan senang dan jadi bukti kalau mereka sudah bekerja keras. Gokil nggak tuh!

tidur di kantor via www.dailysabah.com

10. Kebiasaan tidur juga sering ditemui di angkutan umum. Saking lelahnya bekerja seharian, membuat mereka terbiasa menjatuhkan kepala di pundak orang lain. Orang yang memberi pundak juga nggak merasa keberatan dengan hal ini

tidur di kereta via jpninfo.com

Unik-unik banget ya kebiasaan orang Jepang di atas. Cuma perlu diingat, kebiasaan-kebiasaan itu tergolong unik karena kita melihatnya dari perspektif luar. Sebagaimana kebiasaan orang Indonesia pasti juga banyak yang disebut unik atau bahkan ekstrem sama orang asing. Ya menarik aja sih memahami alasan di balik kebiasaan orang Jepang ini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

bound by nostalgic things.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE