YouTuber Joseph Paul Zhang Ngaku Jadi Nabi ke-26, Masyarakat Diminta Tak Terprovokasi

Jozeph Paul Zhang ngaku nabi ke-26

Baru-baru ini pria bernama Joseph Paul Zhang mengaku menjadi Nabi ke-26. Hal tersebut ia sampaikan dalam akun YouTube-nya yang diberi judul “Puasa Lalim Islam”. Di awal video yang berdurasi lebih dari 3 jam itu, Joseph membuka diskusi di Zoom dengan memberi salam ke sejumlah peserta dari beberapa negara. Mulai dari salam untuk Afrika, Rusia, Amerika, Kanada, hingga Australia.

Advertisement

Dalam video yang sempat viral, juga berisi sayembara bagi siapa pun yang mampu melaporkan dirinya ke polisi akan diberi imbalan 1 juta rupiah. Pernyataan tersebut pun mendapat respons dari banyak pihak, sebab sudah termasuk isu yang sensitif di Indonesia. Lantas bagaimana kelanjutannya? Simak ulasan di bawah ini.

Dituding bisa menimbulkan perpecahan, masyarakat pun diminta jangan lantas terprovokasi soal pengakuan yang dilontarkan Joseph Paul Zhang

Awalnya ia membuka forum dengan menyinggung soal puasa yang dilakukan umat Islam. Ia menyebut umat Islam yang puasa, dia yang lapar. Selanjutnya ia melontarkan soal ketidaknyamanan dirinya di bulan puasa hingga menantang sejumlah pihak yang bisa melaporkannya ke polisi atas dugaan penghinaan agama akan diberi imbalan Rp1 juta.

“Yang bisa laporin gua ke polisi, gua kasih uang lo. Yang bisa laporin gue pen*staan agama, nih gw nih Nabi ke-26 Joseph Paul Zhang, meluruskan kesesatan ajaran Nabi  ke-25 dan kecabulannya yang maha cabulullah. Kalau Anda bisa bikin laporan polisi atas pen*staan agama gua kasih lo, 1 laporan 1 juta. Maksimal 5 laporan, supaya jangan bilang gua ngibul gitu kan,” ucapnya dalam tayangan live streaming YouTube, Sabtu (17/4).

Advertisement

Tidak hanya mengaku sebagai nabi, Joseph juga melecehkan Allah SWT dengan menyebut Allah sedang dikunci di Ka’bah. Usai viral, ucapan Joseph pun langsung dilaporkan ke Bareskim oleh warga yang bernama Husin Alwi tertanggal 17 April 2021.

Di sisi lain anggota Komisi I DPR Banten, dikutip dari Merdeka.com mengimbau masyarakat supaya tak terprovokasi dan biarkan proses hukum yang berjalan.

Pendapat lain mengungkap umat Islam harus menanggapi dengan dingin kasus penghinaan agama ini, karena dikhawatirkan mempunyai skenario lain hanya untuk membuat gaduh

Filsuf dan Guru Besar Filsafat Kebudayaan Islam di Universitas Paramadina, Abdul Hadi WM mengimbau umat Islam tak perlu terpancing dengan hinaan Paul Zhang. Menurutnya fenomena ini bukan suatu hal yang baru karena sebelumnya sudah muncul Lia Aminudin  hingga Ahmad Musadeq.

“Saya kira tenang aja biar polisi yang bertindak sebab sudah ada aturan hukumnya. Kita tidak tahu siapa dia dan latar belakang dia melakukan nista itu. Lagi-lagi harus terus bersabar karena memang ada pihak yang berusaha terus memancing untuk ribut,” kata Abdul Hadi dikutip dari pemberitaan RepublikaMinggu (18/4).

Ia pun berharap pihak berwenang mampu mengawasi secara hukum, sebab menurutnya sangat penting untuk meredam keresahan masyarakat. Diketahui Joseph Paul Zhang merupakan orang Indonesia yang tinggal di luar negeri. Hingga saat ini, kanal YouTube-nya telah memiliki sekitar 50,6 ribu pengikut.

Kita doakan semoga permasalahan yang tengah bergulir dan menjadi perbincangan publik ini cepat selesai.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE