Netizen baru saja dihebohkan oleh rencana pemerintah Pontianak yang ingin membangun Tugu Kuntilanak. Tugu hantu wanita tersebut rencananya akan dibangun megah setinggi 100 meter dan akan dijadikan maskot kota selayaknya Merlion si Singa Singapura atau patung kucing di Kuching Malaysia.

Mungkin karena pilihan ikonnya yang rada ‘nyeleneh’, rencana ini memicu perdebatan yang cukup hangat di berbagai media. Ada yang bilang setuju, ada pula yang menolaknya. Tapi satu yang jelas tak bisa ditampik dari wacana ini; unik. Belum ada loh daerah di Indonesia yang memilih setan sebagai ikon kota. Nah jika patung Tugu Kuntilanak ini beneran direalisasikan, kira-kira ini nih plus-minusnya.

Maskot kota itu masalah identitas. Jadi jika memang kuntilanak cukup bisa merepresentasikan sejarah dan semangat kota Pontianak, ya tidak masalah

Tuh...

Bahkan rencananya bakal dibangun lebih tinggi dari GWK, wow! via www.thejakartapost.com

Advertisement

Baik patung, monumen, maupun bentuk ikon lain itu dibuat untuk merepresentasikan identitas sebuah kota. Seperti Singapura, sejarah dan pembentukan nama negara kota tersebut memang tidak bisa dilepaskan dari sosok singa. Nah pertanyaannya sekarang, apakah sosok kuntilanak bisa cukup baik merepresentasikan Pontianak? Ternyata jika melihat sejarah dan mitos pembentukan kota Pontianak, kuntilanak itu sendiri seringkali disebutkan.

Faktanya, kamu nggak sah main ke Singapura kalau belum pernah foto di patung singa legendaris ini. Kalau ngomongin Singapura, yang terlintas pertama adalah patung Merlion ini. Nah, mungkin efek yang sama akan terjadi jika Pontianak jadi membangun Tugu Kuntilanak di sana. Sebagai ikon kota, patung Kuntilanak setinggi 100 meter dijamin bakal menarik perhatian banyak wisatawan.

Apalagi kalau dari segi ekonomi dan pariwisata, sosok kuntilanak yang bisa jadi cerita menarik untuk menarik wisatawan dan pengunjung pertama

Ya nggak harus lucu juga sih. Kalau bentuknya pelangi gini juga pasti viral Haha

Tak perlu juga mencontek bentuk horornya, bisa juga dibuat lucu dan berwarna  via prokal.co

Ya kita belum tahu sih bentuknya bakal jadi kayak gimana. Namanya juga masih usulan ya. Tapi kalau misalkan bentuk jadinya nanti serem banget, bisa jadi calon ikon kota Pontianak ini bakal cepat viral di media sosial. Bayangin aja kamu lewat situ, malem-malem, dan ada bentuk Kuntilanak setinggi 100 meter yang menyambutmu. Dijamin tugu tersebut bakal cepet viral di media sosial. Efeknya, ini bakal bisa jadi promosi pariwisata gratis.

Advertisement

Iya juga sih ya. Kalau Suroboyo ‘kan ikon kotanya bisa dibikin lucu tuh. Meskipun ikan Suro dan Buaya adalah dua binatang yang serem, tapi masih bisa dibikin ikon versi lucu. Nah kalau Kuntilanak? Orang-orang Pontianak harus bisa mengolah ide ini jadi bentuk yang bisa diterima semua orang. Mungkin ya jangan terlalu seram seperti versi Kuntilanak di film-film horor. Biar nantinya bisa dijadikan boneka-boneka untuk souvenir anak-anak kecil juga.

Bisa jadi Tugu Kuntilanak ini bakal jadi inspirasi kota-kota lainnya. Kali aja setelah ini bakal muncul tugu-tugu unik lain di Indonesia

Mungkin aja nih bentukannya gini

Patut diapresiasi sebagai kreasi original juga sih via www.riauonline.co.id

Meski sedikit out of the box, bisa jadi Kuntilanak Pontianak ini membuka pola pikir baru di masyarakat kita. Dari yang semula mengira hal mistis itu negatif, bisa jadi pola pikirnya akan berubah. Apalagi jika terbukti Tugu Kuntilanak ini bisa mendatangkan profit dan dampak positif bagi warga Pontianak. Wah bisa jadi akan makin banyak tugu-tugu serupa di kota lainnya. Tugu Leak di Bali, Tugu Pastor Kepala Buntung di Jakarta hingga Tugu Pocong di daerah mana gitu mungkin bisa saja menyusul.

Seperti halnya kota Transylvania yang terkenal di seluruh dunia sebagai tempat asal Drakula, bisa banget lho kuntilanak Pontianak juga bakal memiliki popularitas internasional

Bisa jadi inspirasi tuh

Bisa jadi inspirasi tuh via tokopedia.net

Berkaca dari Transylvania, mungkin fenomena serupa bisa terjadi di Pontianak nantinya. Transylvania terkenal dengan sejarah Count Vlad the Dracule yang kemudian jadi inspirasi Bram Stoker yang bikin cerita Drakula. Nah, bisa jadi Kuntilanak Pontianak bisa memiliki nasib yang sama. Setelah dibikin Tugu, sangat mungkin kisah Kuntilanak dan Pontianak jadi inspirasi pekerja kreatif. Mulai dari novel hingga film sangat mungkin dibikin tuh. Tapi ya rada aneh juga sih kalau kota ini terkenal mistisnya.

Buat kamu yang belum tahu, ada alasan kenapa hantu Kuntilanak yang jadi maskot kotanya. Menurut salah satu versi sejarah Pontianak, asal nama Pontianak berasal dari Kuntilanak. Yah meski ada pro dan kontra dan ini juga sebenarnya masih cuma wacana, tapi unik juga tuh kalau sampai beneran dibikin. Kira-kira bakal jadi dibikin nggak ya Tugu Kuntilanaknya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya