Akui saja, Wikipedia pasti jadi salah satu situs rujukanmu saat tengah bergelut dengan tugas. Yah alasannya sederhana. Karena Wikipedia adalah situs informasi yang serba ada. Kamu mau nyari informasi apa aja ada di sana. Mau apapun tugasnya, Wikipedia seakan jadi solusi. Selain itu penjelasan yang ada di Wikipedia sangat simpel dan mudah dipahami. Wajar sih kalau situs yang satu ini masih jadi favorit siswa dan mahasiswa yang tengah bergelut dengan tugas.

Tapi kamu memang tidak boleh langsung saja percaya dan menelan mentah-mentah semua informasi dari Wikipedia. Di satu sisi Wikipedia punya banyak informasi, namun di sisi lain kredibilitas dan keakuratan informasinya dipertanyakan. Dosenmu pasti pernah melarang menggunakan Wikipedia sebagai acuan. Bener, kan? Nah sebagai bahan pertimbanganmu, nih Hipwee sajikan fakta-fakta soal Wikipedia. Semoga bisa bikin kamu agak tercerahkan ya…

1. Wikipedia jadi salah satu dari 10 situs paling populer dunia. Artinya, banyak yang percaya sama situs ini

Tuh buktinya

Wikipedia masih jadi acuan utama via www.alexa.com

Advertisement

Tak ada yang bisa menyangkal kalau Wikipedia memang populer, termasuk di kalangan pelajar Indonesia. Namun faktanya lebih dari itu. Wikipedia pun populer di level dunia. Berdasarkan data yang dikutip dari Alexa.com, Wikipedia menempati posisi ke-6 situs paling populer dunia. Bayangkan saja jika dari sekian banyak situs, Wikipedia duduk dengan nyaman di posisi 6. Artinya banyak orang yang menganggap Wikipedia layak dipercaya.

2. Sejatinya Wikipedia pernah punya konsep ‘artikel harus ditulis oleh ahli’, cuma konsep ini nggak berjalan lama

Jadi kayak Ensiklopedia beneran. Yang nulis harus ahlinya

Jadi tadinya mau dibuat kayak Ensiklopedia beneran, yang nulis harus ahlinya via wikimedia.org

Kalau bicara sejarah, konsep awal Wikipedia saat awal-awal dirilis adalah konsep ensiklopedia gratis yang semua artikelnya akan ditulis oleh seseorang yang ahli pada bidangnya. Namun dengan konsep seperti itu mereka cuma mampu menghasilkan 24 artikel dalam kurun waktu satu tahun. Dengan cara kerja seperti itu, sudah pasti akan memakan waktu lama sebelum website yang mulanya merupakan cabang dari Nupedia ini untuk berkembang.

3. Kemudian Wikipedia ganti bersifat ‘terbuka’. Meski tetap ada editor, siapapun bisa bikin atau mengedit artikel di Wikipedia.

Jadinya Wikipedia kayak sekarang ini

Wikipedia jadi terbuka via independent.co.uk

Belajar dari sedikitnya jumlah artikel tersebut, akhirnya Larry Singer memutuskan untuk membuat proyek lain. Namanya Wikipedia. Berbeda dengan proyek sebelumnya seperti Nupedia, Wikipedia ini bersifat terbuka. Artinya semua orang bisa menambahkan dan mengedit artikel mereka sendiri. Yah kira-kira konsep ini nggak beda jauh kok sama Wikipedia yang sekarang.

4. Karena itu, jangan langsung percaya sama Wikipedia. Ada banyak kasus soal informasi palsu di sana. ‘Om telolet om’, misalnya

Iya sih langsung dihapus, cuma ya gimana ya. Udah terlanjur kesebar sih

Iya sih langsung dihapus, cuma ya gimana ya. Udah terlanjur kesebar sih via infus.merdekasiana.com

Advertisement

Siapa saja bisa menulis dan mengedit artikel di Wikipedia, sudah barang tentu kalau kredibilitas dan keakuratan artikelnya patut dipertanyakan. Sebagai salah satu contoh yang terbaru adalah kasus ‘Om telolet om’. Ya masa penjelasannya gitu sih? Meski tak berselang lama pihak Wikipedia langsung menghapus dan menggantinya dengan penjelasan yang lebih ‘benar’, namun faktanya tetap saja informasi yang salah itu pernah tersebar. Dalam celah tersebut, mungkin saja ada orang yang benar-benar percaya akan definisi tersebut. Berabe ‘kan kalau begitu? Informasi di Wikipedia perlu kamu cek lagi kebenarannya!

5. Bahkan pada tahun 2006 silam, beberapa politisi Amerika ketahuan mengedit artikel soal diri mereka sendiri. Niatnya ya buat pencitraan

Kelakuan politisi emang!

Kelakuan politisi emang! via www.american-politics-group-uk.net

Kekhawatiran soal penyalahgunaan Wikipedia pun terbukti pada tahun 2006 silam. Di Amerika sana, sejumlah politisi ternama ketahuan mengedit artikel soal dirinya sendiri dengan menghilangkan informasi negatif di dalamnya. Hasilnya, jika kamu baca seakan mereka adalah orang baik yang nggak pernah punya salah. Kok bisa ketahuan sih? Ya tinggal lihat saja IP Adress yang digunakan. Ternyata IP Adress yang mereka gunakan adalah IP milik kongres sih, jadi ya jelas aja ketahuan.

6. Bahkan Wikipedia dan beberapa editornya sering dituntut ke meja hijau. Mereka kerap dapat tuduhan memfitnah dan mencemarkan nama baik

Waduh!

Banyak kasus Wikipedia yang akhirnya berakhir di meja hukum via h-cdn.co

Salah satu fakta yang wajib kamu tahu adalah soal ini. Karena semua orang bisa ngedit dengan mudahnya, informasinya jadi mudah salah kaprah. Karena itu pihak Wikipedia dan beberapa editornya kerap dituntut dengan alasan pencemaran nama baik.

7. Meski begitu, menurut riset tahun 2005 ternyata keakuratan artikel di Wikipedia 11/12 lah sama Ensiklopedia Britannica

Tingkat akurasinya ndak jauh beda

Hasil akhir dari proses update dan edit terbilang akurat via nextgenfmradio.com

Wikipedia memang terkenal dengan kredibilitas artikelnya yang patut dipertanyakan. Namun ternyata artikel di Wikipedia nggak seburuk itu kok. Penelitian tahun 2005 mengemukakan bahwa artikel Wikipedia punya tingkat akurasi yang mendekati Ensiklopedia Britannica. Jika Ensiklopedia Britannica punya rerata kesalahan 2,92 per artikel, Wikipedia cuma 3,86 per artikel. Memang sih versi awalnya sering banyak salah, tapi keakuratan sebuah artikel terus menerus di-update secara real time.

8. Wikipedia punya 27 juta user lebih di seluruh dunia! Tapi cuma 1.300 orang yang jadi super-adminnya

Ada tim super-admin dan editor juga

Ada tim super-admin dan editor juga via vice.com

Hal itu terjadi karena ada proses yang mengawal setiap editing artikel di Wikipedia. Wikipedia memang punya 27 juta users, namun ada 1300 orang yang punya jabatan super-admin. Nah mereka inilah yang punya hak untuk mem-blacklist akun yang ngedit asal dan suka nambahin informasi palsu. Disamping itu, Wikipedia juga punya editor volunteer yang tugasnya ngecek tiap ada editan baru di laman Wikipedia. Dengan begitu, keakuratannya bisa terus ditingkatkan.
Sebenarnya sah-sah saja kok kalau kamu mau menggunakan Wikipedia sebagai tambahan informasi buat tugasmu. Cuma ya itu, dibandingkan jadi sumber utama mending kamu Wikipedia sebagai panduan garis besar. Lebih baik lagi kamu cek sumber-sumber yang dikutip Wikipedia pada bagian bawah halamannya. Disamping keakuratan, cara itu juga bisa memperkaya dan memperbanyak informasi yang kamu butuhkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya