Mengungkap Kandungan Camilan Kekinian yang Bikin Resolusi Hidup Sehat Gagal. Sering Dipesan Anak Muda Nih

Camilan Kekinian

Tiap buka Instagram, rasanya ada aja gambar makanan-minuman lucu yang muncul di sana. Bawaannya jadi pengen langsung beli aja. Habisnya makanan-minuman kekinian kayak gitu itu fotonya di Instagram pada bagus-bagus sih. Makin menggugah selera buat beli gitu deh jadinya~

Padahal keseringan jajan kayak gitu bisa bikin resolusi hidup sehat kamu gagal, lho. Coba yuk cek kandungan yang terkandung dalam camilan kekinian berikut ini:

1. Dessert cake box

Cake-nya moist, topping-nya enak! – Photo by Brina Blum

Coba deh bayangin cake yang lembut, whipped cream, dan selai cokelat crunchy favorit berpadu menjadi satu dalam toples. Membayangkannya aja udah bikin kita ngiler. Dessert cake box yang masih viral karena punya banyak varian rasa ini memang enak, tapi hati-hati ya sama kandungannya. Bisa jadi dessert cake box yang kamu makan menggunakan perisa artifisial. Perisa artifisial biasanya mengandung campuran senyawa kimia dan bahan aditif. Kalau sering dikonsumsi tidak sesuai takaran, bahan aditif ini bisa memicu risiko kanker dan kerusakan ginjal. Yakin masih mau jajan sembarangan?

2. Minuman boba

Kenyal-kenyal boba bikin nagih~ – Photo by Rosalind Chang via unsplash.com

Siapa nih yang setiap weekend selalu ke mal buat berburu minuman boba terbaru? Rasa kenyal boba yang berpadu dengan brown sugar emang bikin nagih. Tapi coba deh ketahui kandungannya. Faktanya, satu gelas boba bisa mengandung pemanis tambahan seperti sukrosa dan fruktosa. Berdasarkan suatu penelitian, satu gelas boba mengandung  gula sebesar 38 gram dan kalori sebanyak 299 kcal. Padahal nih ya, kebutuhan gula tambahan tidak boleh lebih dari 150 kcal/hari untuk pria dan 100 kcal/hari untuk wanita lho. Hati-hati ya, kebanyakan minum boba bisa bikin kamu berisiko obesitas sampai terkena penyakit jantung.

Selain kandungan gulanya,tepung kanji atau tapioka yang menjadi bahan dasar boba atau bubble juga cukup berbahaya buat kesehatan tubuh. Dilansir dari Healthline, tepung tapioka mengandung karbohidrat murni dan sedikit protein. Kamu perlu tahu, tapioka mengandung pati resisten yang sulit bahkan nggak bisa dicerna oleh tubuh.

3. Crispy chicken skin

Kriuk-kriuk gurih enak~ (Foto: iStock)

Munculnya camilan crispy chicken skin bikin kita bisa menikmati kulit ayam sepuasnya. Tapi ingat lho, camilan gurih gini biasanya mengandung micin alias MSG. Jika terlalu banyak mengkonsumsi MSG bisa berdampak buruk bagi tubuh. Mulai dari sakit kepala sampai bikin tubuh lemas. Menjalankan aktivitas harian jadi terganggu deh. Nggak cuma itu bahayanya, kulit ayam mengandung kolesterol total sebanyak 132 miligram dan lemak total sebanyak 43,99 gram per 100 gram sajian. Kadar kolesterol bisa makin tinggi ketika digoreng dengan tepung sehingga bikin tubuh menerima asupan yang nggak sehat, bahkan bisa berisiko terkana penyakit jantung dan stroke. Hiii~

4. Donat topping kekinian

Donat aneka topping – Photo by Kristina Paukshtite

Rasa klepon dengan parutan kelapa sampai selai biskuit jadi topping yang lagi viral nih di kalangan pencinta donat. Cocok banget buat sarapan atau camilan teman minum es kopi. Tapi hati-hati ya, ada beberapa panganan roti seperti donat yang mengandung pengawet. Nah pengawet ini bisa jadi pemicu kanker dan tumor. Belum lagi pemanisnya yang ditambahkan pada topping. Kandungan gula pada topping dan lemak yang terkandung pada donat bisa mempengaruhi kesehatan, seperti meningkatkan risiko diabetes. Coba aja bayangkan, seperti dikutip dari situs Delish, dalam satu donat terdapat 11 gram lemak dan 5 gramnya merupakan lemak jenuh. Jadi mikir-mikir lagi nggak mau pesan selusin donat buat diri sendiri?

5. Brownies

Kamu tim brownies kukus apa panggang? – Photo by Rasmus Mikklestrup

Kalau dulu brownies dengan rasa cokelat yang kaya udah bikin kita senang makannya, sekarang makin banyak varian brownies yang punya topping nikmat. Mulai dari topping kacang almond sampai keju. Walaupun cokelat sebenarnya nggak manis, tapi bisa saja brownies yang kamu makan menggunakan pemanis buatan.

Sebenarnya rajin ngemil juga nggak serta merta bikin resolusi hidup sehatmu gagal sih, karena sebenarnya ada beberapa opsi ngemil sehat yang bisa kamu coba. Misalnya nih, mulai ganti camilanmu dengan buah-buahan atau camilan yang berasal dari bahan-bahan alami.

Jadi, kalau kamu tetap mau camilan yang kriuk-kriuk manis tapi tetap sehat biar berasa kayak habis jajan, kamu bisa cobain Lemonilo Brownies Crispy. Camilan ini dibuat dari tepung singkong alami sehingga rendah gluten dan yang paling penting bebas dari bahan-bahan berbahaya seperti pengawet, pewarna, apalagi perisa buatan.

Jadi, ngemilmu bisa tetap enak, aman dan yang penting bebas dari rasa bersalah karena yang masuk ke tubuh adalah bahan alami. Gimana, udah nggak khawatir lagi kan sekarang kalau lagi pengen ngemil?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.