Beradaptasi dengan Situasi Pandemi, IKEA Indonesia Luncurkan Katalog 2021 Secara Digital

Katalog digital IKEA 2021

Di tengah situasi pandemi Covid-19, banyak hal dalam kehidupan yang telah berubah. Salah satu yang paling kentara adalah mutasi aktivitas ke dalam format daring dan digital. Meski nggak dimungkiri dalam praktiknya masih terdapat banyak kendala, tapi kondisi yang nggak memungkinkan interaksi langsung ini mengharuskan kita terus beradaptasi dengan pola aktivitas yang mengandalkan teknologi tersebut.

Advertisement

Perubahan demi perubahan yang diakibatkan pandemi nggak hanya terjadi dalam tataran personal. Pelaku usaha pun mau nggak mau harus berani melakukan perubahan sebagai langkah adaptasi, menyusul bergesernya perilaku konsumen selama pandemi. IKEA Indonesia jadi salah satu yang melakukannya. Peritel perabot rumah tangga asal Swedia ini memutuskan meluncurkan katalog baru 2021 dalam format digital, setelah sebelumnya hanya meluncurkan katalog yang jadi buruan pelanggan dalam format cetak.

IKEA Indonesia ajak masyarakat Indonesia berani berubah dan maksimalkan ruangan untuk seluruh keluarga lewat katalog 2021

Country Marketing Manager IKEA Indonesia Dyah Fitrisally (dok. tangkapan layar Zoom) via www.hipwee.com

Di masa pandemi ini, adaptasi merupakan kata yang populer tapi cenderung sulit diterapkan sebagian orang. Sesuatu yang wajar mengingat kita harus mengubah drastis kebiasaan-kebiasaan yang telah dilakukan bertahun-tahun. Untuk itu IKEA Indonesia melalui katalog 2021 mengusung tema #BeraniUntukBerubah, yang diartikan sebagai ajakan kepada masyarakat untuk berani melakukan perubahan-perubahan agar bisa bertahan melewati masa-masa sulit ini. Sejalan dengan itu, fokus yang diusung katalog anyar IKEA ini adalah memaksimalkan ruangan untuk seluruh keluarga, mengingat aktivitas keluarga sekarang berkutat di ruangan yang sama yakni rumah.

Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally, menjelaskan bahwa tema #BeraniUntukBerubah merupakan pernyataan IKEA Indonesia bahwa ‘new normal’ yang sempat ramai diperbincangkan bukan berarti kita kembali ke kehidupan normal seperti sediakala, melainkan hidup normal dengan perubahan-perubahan yang meski sulit dilakukan, mesti diterapkan. Ia mengatakan, agar bisa mengajak masyarakat berani berubah, IKEA Indonesia sendiri harus berubah terlebih dahulu. Hal ini diwujudkan salah satunya dengan peluncuran katalog dalam format digital.

Advertisement

“Saat ini kita berada dalam kondisi yang sangat unik. Kami melihat karena pandemi perubahan-perubahan juga terjadi di kehidupan keluarga. Makanya, kita ingin mengajak seluruh keluarga Indonesia berani berubah, di mulai dari IKEA Indonesia meluncurkan katalog digital, karena kita nggak tahu kondisi ini sampai kapan,” kata Sally dalam Konferensi Pers Virtual Inspirasi Aman dan Nyaman #dirumahaja dengan Katalog IKEA 2021 via Zoom, Selasa (22/9/2020).

Katalog digital diharapkan bisa menjangkau dan menginspirasi lebih banyak orang

(dok. IKEA Indonesia) via www.ikea.co.id

Terbitnya katalog 2021 digital IKEA selain sebagai bentuk adaptasi perusahaan, juga sekaligus untuk memaksimalkan kontak fisik. Selain itu Sally menambahkan, terbitnya katalog IKEA dalam format digital, diharapkan bisa diakses dan menginspirasi lebih banyak orang dengan mudah, karena seperti diketahui katalog IKEA seringkali dijadikan sumber inspirasi alih-alih sekadar untuk mengetahui informasi produk. Tampilan pengguna yang disuguhkan cukup minimalis tapi tetap informatif dan terintegrasi dengan website penjualan produk IKEA.

“Lewat katalog 2021 digital ini kami pengen bisa menggapai semua orang. Tapi kalau IKEA Indonesia secara umum, target kami adalah keluarga dengan anak sebagaimana umumnya keluarga Indonesia, karena kami melihat banyak persoalan yang mungkin bisa IKEA bantu,” imbuh Sally.

Advertisement

IKEA Indonesia juga luncurkan berbagai layanan dalam rangka beradaptasi dengan kondisi pandemi

(dok. IKEA Indonesia) via www.ikea.co.id

Selain meluncurkan katalog digital, IKEA Indonesia juga menghadirkan beragam layanan baru sebagai bagian adaptasi terhadap perubahan perilaku belanja di masa pandemi. Kini kamu yang mau belanja di website IKEA Indonesia bisa mengatur waktu pengiriman barang pesanan. Selain itu, Sally mengatakan mereka juga tengah membuka beberapa pick up point dengan gratis ongkos kirim di beberapa titik Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Nggak hanya itu, kamu yang kangen tanya-tanya pegawai toko IKEA saat belanja, nantinya juga bisa mendapatkan layanan serupa via daring, dan bahkan personal shopper jika butuh solusi yang lebih khusus.

“Ke depannya kita juga akan luncurkan konsultasi interior design secara online. Intinya kita ingin bikin costumer senyaman mungkin di periode penuh perubahan ini. Budget yang terpangkas dengan tidak mencetak katalog kita alihkan untuk peningkatan layanan daring dan toko,” ungkapnya

Secara keseluruhan, yang berbeda dari katalog IKEA versi digital dan cetak hanya terletak pada bentuk fisik. Sementara untuk isi, kamu tetap disuguhkan berbagai informasi produk, berikut inspirasi yang bisa diterapkan di ruangan masing-masing.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE