6 Jasa Ekspedisi Terbaik di Indonesia Beserta Kelebihan & Kekurangannya, Buat Bahan Pertimbangan~

Kelebihan kekurangan jasa ekspedisi

Lupakan burung merpati yang dikenal sebagai pengantar surat yang handal. Di zaman teknologi belum semodern sekarang, orang zaman dulu kerap memanfaatkan merpati untuk mengantarkan surat atau menyampaikan pesan ke seseorang yang berada di tempat jauh. Burung ini dikenal cerdik, kuat, dan punya kemampuan navigasi yang bagus. Ia juga secara naluri dapat kembali ke sarangnya meskipun sudah pergi jauh. Kemampuan-kemampuan itulah yang membuatnya dikenal sebagai sang pembawa pesan atau merpati pos.

Advertisement

Tapi ketika orang sudah mengenal alat komunikasi, jasa burung merpati perlahan tidak dibutuhkan lagi. Namun “dedikasi”nya itu jadi cikal bakal menjamurnya jasa ekspedisi atau servis pengiriman barang hari ini. Di Indonesia sendiri ada lumayan banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi. Mereka ada yang menerima pengantaran dalam negeri, luar negeri, jalur darat, laut, sampai udara. Buat kita yang saat ini lebih banyak di rumah dan terpaksa belum bisa ke mana-mana, keberadaan jasa ekspedisi ini sangat bermanfaat terlebih saat kita ingin mengirim barang untuk orang nun jauh di sana. Jasa ekspedisi juga berguna banget bagi mereka yang menggeluti bidang bisnis, tentunya untuk mengirim produknya agar sampai dengan selamat ke tangan konsumen.

Nah, karena sekarang ada banyak pilihan jasa pengiriman barang, kita jadi sering kebingungan saat ingin mengirim sesuatu ke orang lain. Enaknya pilih yang mana ya? Sebenarnya setiap perusahaan punya plus minus masing-masing sih, tinggal disesuaikan aja sama kebutuhan kita. Mau tahu, apa aja kelebihan dan kekurangan 6 jasa ekspedisi terpopuler di Indonesia? Simak yuk, dalam infografis Hipwee kali ini~

Perbedaan jasa ekspedisi via www.hipwee.com

Kalau ngomongin jasa ekspedisi, nggak afdal rasanya kalau nggak ngomongin JNE. Selain Pos Indonesia, JNE juga dikenal sebagai pelopor jasa ekspedisi di Indonesia. Perkembangannya juga cukup pesat. Saat ini JNE bisa ditemukan hampir di setiap sudut kota. Namun, untuk soal tarif, rupanya ada beberapa ekspedisi yang berani menawarkan biaya pengiriman lebih murah ketimbang JNE, terutama mereka yang statusnya masih pemain baru, seperti Wahana atau Sicepat.

Advertisement

Kalau urusan ketepatan pengiriman, sebenarnya kalau boleh jujur, semua ekspedisi pernah mengalami keterlambatan. Lagian siapa sih yang bisa menjamin para kurir di lapangan tidak akan menemui kendala apapun? Meski sudah mematok maksimal hari pengiriman, tapi itu sifatnya ya masih perkiraan aja. Kalau memang paketmu datang terlambat padahal udah pakai servis yang paling mahal, tinggal ditelusuri aja kenapa bisa begitu. Itu sudah jadi hakmu kok untuk mempertanyakannya.

Faktor lain yang biasanya jadi pertimbangan adalah soal sistem pelacakan. Beberapa jasa ekspedisi masih lemah di faktor yang satu ini. Entah sistem tracking-nya sering eror, atau status yang ditampilkan nggak jelas. Kalau kamu memang tipikal yang selalu ngecek resi dan memantau perjalanan paketmu, mending pilih jasa ekspedisi yang punya sistem tracking yang jelas. Sepertinya untuk yang satu ini, JNE dan TIKI jadi yang paling unggul~

Jadi, begitu ya, seperti halnya manusia, jasa ekspedisi pun juga nggak ada yang sempurna. Walau masih ada kekurangan di sana-sini, tapi saya yakin, setiap dari mereka pasti selalu mengusahakan yang terbaik untuk pelanggannya. Kita doakan aja semoga mereka selalu berbenah agar bisa memberikan servis yang lebih baik lagi setiap harinya ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE