Sering Bikin Gemas, Ini Lo 4 Alasan Kenapa Internet Indonesia Lemot Banget. Ternyata Masuk Akal

Kenapa internet Indonesia lemot

Internet di era sekarang ini ibarat nasi putih bagi orang Indonesia. Meskipun udah makan yang berat-berat, tapi kalau belum makan nasi berasa kayak belum makan aja gitu. Sama halnya seperti internet, sehari aja nggak mengakses internet, nonton YouTube, atau scrolling media sosial, rasanya hampa, hambar, bagai sayur tanpa garam! Internet sudah jadi semacam kebutuhan bagi kita, manusia yang hidup di abad ini. Soalnya hampir semua kegiatan sehari-hari kita dilakukan lewat koneksi internet.

Advertisement

Tapi sayang banget nih, ternyata meningkatnya kebutuhan manusia akan akses internet nggak berbanding lurus sama kecepatan koneksi internet di Indonesia. Pengguna internet di Indonesia juga termasuk yang tertinggi di dunia. Cuma ya itu tadi, koneksinya itu lo sering banget bikin gemes! Mau download lama, upload lama, mau streaming pun juga harus banyak-banyak sabar. Memang kenapa sih koneksi internet kita bapuk banget gini? Jauh deh kalau dibandingkan negara tetangga kayak Singapura atau Malaysia.

1. Sebenarnya nggak semua kota di Indonesia tuh internetnya lemot. Kalau kamu sering emosi jiwa ngadepin koneksi yang lambat, bisa jadi infrastruktur di daerahmu memang belum mendukung

Infrastruktur belum merata via oppobaca.news

Sejumlah kota besar di Indonesia sebenarnya sudah punya koneksi internet yang lumayan kencang. Yaa, boleh lah diadu sama negara sebelah. Yang jadi masalah sebenarnya adalah ketimpangan infrastruktur. Makanya koneksi antar satu daerah dengan daerah yang lain bisa beda banget. Contoh nih, dilihat dari kecepatan unduhnya, data dari Kominfo tahun 2017 menunjukkan kalau rata-rata kecepatan unduh di Jakarta adalah 7Mbps, sedangkan di Papua hanya sekitar 300Kbps. Jauh banget kan bedanya!

2. Ditambah wilayah negara kita ini cukup luas. Butuh waktu, tenaga, dan biaya yang lumayan besar buat menyalurkan internet cepat ke seluruh wilayah tanpa terkecuali

Wilayah Indonesia luas via kalselpos.com

Luas wilayah negara Indonesia adalah 1,9 juta km persegi, luas tersebut membuat negara kita jadi negara terluas ke-13 di dunia. Ternyata fakta ini juga turut memengaruhi kecepatan akses internet di Indonesia. Butuh waktu, tenaga, dan biaya yang cukup besar untuk bisa menyamaratakan koneksi internet di seluruh daerah tanpa terkecuali. Ya soalnya buat bisa memancarkan koneksi internet kan butuh tower, kabel, dan segala perintilannya.

Advertisement

3. Australia juga luas, tapi kok internet mereka jauh lebih cepat dibanding kita? Hmm, Indonesia ini nggak cuma luas aja, tapi medannya juga cenderung sulit dilalui

Medannya berliku-liku via www.mastekno.com

Kondisi geografis negara kita ini bisa dibilang cukup unik. Kita punya luat yang luasnya nggak kira-kira, kita juga punya gunung yang tersebar di banyak sekali wilayah, belum lagi pulau-pulaunya, ada yang besar dan kecil, sampai di peta sulit terlihat. Inilah yang seringkali membatasi sinyal internet di sejumlah wilayah. Sinyal jadi terhalang gunung, hutan dengan pohon-pohon tinggi, atau perairan yang luas. Tentu beda sama negara-negara lain, misalnya aja Singapura. Di negeri singa itu sih hampir nggak ada penghalang buat sinyal menyebar ke seluruh penjuru negeri, Wajar kalau kecepatan internetnya termasuk yang teratas.

4. Selain beberapa faktor di atas, kapasitas internet di sini juga nggak seimbang sama penggunanya. Yang pakai internet kan banyak banget, jadi kayak saling berebut gitu

Penggunanya buanyak via selular.id

Coba deh diinget lagi, pernah nggak sih kalian pergi ke suatu tempat yang ramai banget kayak pusat perbelanjaan, atau pas dateng kondangan, tiba-tiba sinyal di HP kalian seret? Itu kemungkinan karena ada banyak orang yang secara bersamaan mengakses internet di satu jaringan. Nah, kira-kira itulah yang terjadi di negara ini. Tingginya pengguna internet di sini, kayak nggak sebanding gitu sama kapasitas internet. Bikin kita “desak-desakan” kayak di KRL.

Itulah sederet alasan yang mungkin menjawab rasa penasaran –dan emosi kita– selama ini, saat ngadepin internet yang super duper lemot. Semoga aja pemerintah bisa segera mengatasi permasalahan sejuta umat ini ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE