Pria Uganda Dikabarkan Mampu Bunuh Nyamuk dengan Kentutnya. Ternyata Begini lo Fakta Sebenarnya

Kentut pria Uganda bunuh nyamuk

Sebuah berita super duper nggak penting datang dari Uganda, yang anehnya malah jadi perbincangan di jagat dunia maya. Dalam berita itu disebutkan kalau di Uganda ada seorang pria yang bau kentutnya bisa membunuh nyamuk. Nggak perlu dibayangkan bau kentutnya seperti apa, tapi dari kabar yang beredar, katanya pria ini sampai disegani warga desanya gara-gara bisa melindungi mereka dari penyakit malaria!

Advertisement

Tapi belakangan diketahui kalau kabar bombastis itu cuma hoaks, Guys. Pria yang wajahnya banyak dipajang bersama berita ‘kentut ajaib’ itu hanya orang biasa. Dia bahkan mungkin nggak tahu apa-apa soal kabar ini. Kasihan banget kan. Nggak ingin masyarakat Indonesia termakan berita hoaks ini, Kemenkominfo sampai mengklarifikasi lewat situs resminya. Memang gimana sih fakta selengkapnya?

Pekan ini beredar kabar kalau ada Pria Uganda yang kentutnya bisa membunuh nyamuk bahkan dari jarak 9 meter. Ia bahkan sampai dipekerjakan perusahaan obat nyamuk karena kentut ajaibnya itu

Pria Uganda via www.liputan6.com

Sumpah ya, informasi ini tuh nggak mutu banget sebenarnya. Tapi karena mengandung unsur hoaks, kayaknya memang perlu kita luruskan bersama. Jadi, pekan ini ada sebuah kabar menggelikan yang datang dari Uganda. Pria bernama Joe Rwamirama mengaku bisa membunuh nyamuk hanya dengan bau kentutnya. Bahkan kentutnya itu bisa bikin nyamuk keok dalam radius 6 kilometer!

Joe juga mengklaim dirinya dipekerjakan perusahaan obat nyamuk yang ingin meneliti gas buangannya itu. Pria 48 tahun itu berkata kalau kentutnya berbau seperti orang normal. Ia juga selalu mandi dan tak makan aneh-aneh. Tapi berkat kentut ajaibnya itu, ia jadi dihormati di desanya. Orang-orang jadi terhindar dari penyakit malaria.

Namun rupanya, kabar itu ditepis oleh Kemenkominfo. Lewat situs resminya, mereka menyatakan kalau berita itu cuma hoaks

Ternyata cuma hoaks via www.kominfo.go.id

Dari awal kabar di atas memang sudah bikin geli dan skeptis sih. Masa iya kentut doang bisa bikin nyamuk mati? Ternyata benar saja, berita itu ditepis sama Kemenkominfo. Lewat situs resminya, mereka menyebut kalau kabar adanya kentut ajaib ini cuma bohong belaka. Situs pencari fakta Snopes, membeberkan kalau berita soal Joe itu awalnya berasal dari situs parodi berbahasa Afrika, Ihlayanews. Intinya artikel soal Joe itu nggak lebih dari sekadar satir dan lelucon.

Lalu, terkait pria yang wajahnya jadi dikenal sebagai pemilik kentut ajaib itu ternyata adalah warga biasa. Fotonya dapat ditemukan di sebuah artikel yang memberitakan tentang virus Ebola di Afrika. Sosok pria dalam foto itu adalah orang yang sedang diperiksa terkait penyakit Ebola di Kota Goma, Kongo. Jadi, jelas ya kalau di dunia ini nggak ada kentut yang bisa membunuh nyamuk, apalagi dalam jarak radius 6 kilometer. Duh, mustahil sih~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE