Mengintip Serunya Aksi Kelompok Penerbang Roket & Barasuara di Collabonation Concert, Konser yang Digelar Tanpa Penonton

Collabonation Concert IM3 Ooredoo

Pandemi COVID-19 yang masih mewabah hingga saat ini memang merugikan banyak pihak. Salah satu yang terdampak adalah para musisi yang harus bersabar untuk menggelar konser lagi demi menunjukkan aksinya dan menghibur para pencinta musik. Mungkin kamu yang hobi datang ke gig atau konser juga merasa merugi karena harus membatalkan banyak agenda. Apalagi yang dibatalkan itu agenda nonton konser band favorit atau malah lagi ngajak gebetan buat nge-date di konser, eh~

Tapi pandemi nggak menyurutkan semangat para musisi buat berkarya dan menghibur kamu. Walau di tengah situasi kayak begini, beberapa musisi tetap bergerak buat menyajikan penampilan terbaiknya. Kayak band Kelompok Penerbang Roket dan Barasuara yang baru-baru ini menggelar konser pertama tanpa penonton di Collabonation Concert persembahan IM3 Ooredoo. Kayak apa keseruannya?

Kelompok Penerbang Roket dan Barasuara sukses gelar konser pertama tanpa penonton di YouTube IM3 Ooredoo

Pada Minggu (28/6/2020) kemarin, trio rock asal Jakarta Kelompok Penerbang Roket (KPR) sukses berkolaborasi dengan grup band Barasuara dalam IM3 Ooredoo Collabonation Concert. Nah, Collabonation Concert ini bukan konser biasa. Melainkan konser yang menghadirkan pengalaman real konser pertama tanpa penonton yang memberikan sensasi berbeda dengan acara online lainnya. Buktinya terlihat dari konsep kolaborasi sesungguhnya dari Barasuara melakukan aransemen ulang dari lagu-lagu Kelompok Penerbang Roket, begitupun sebaliknya. Kerennya, mereka menampilkan hasil kolaborasi tersebut bersama-sama demi memberikan pengalaman seperti menonton konser secara langsung dari depan panggung.

Seluruh proses Collabonation Concert dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dan keamanan yang ditetapkan pemerintah

Penampilan Barasuara di Collabonation Concert (Foto via YouTube IM3 Ooredoo)

Walaupun konsernya virtual alias nggak ada penonton, persiapan konser Collabonation ini patut diacungi jempol. Soalnya, dalam persiapan dan pelaksanaan konser, seluruh prosesnya dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dan keamanan yang ditetapkan oleh pemerintah. Mulai dari pembatasan jumlah kru yang bertugas, pemeriksaan suhu tubuh dan penggunaan masker, penyediaan fasilitas cuci tangan, serta penerapan physical distancing yang selalu dilakukan oleh musisi dan kru.

“Jika selama PSBB kemarin kita melakukan berbagai event online dengan konsep dan latar di #DirumahAja, kali ini IM3 Ooredoo kembali hadir dengan sesuatu yang berbeda dan fresh. Kami harap Collabonation Concert dapat mengobati kerinduan akan menonton konser musik, karena masyarakat khususnya generasi muda bisa mendapatkan sensasi Real Live Concert dari layar digital saat menonton Collabonation Concert. Seluruh aktivitas, baik dari musisi dan kru, tentunya dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat sesuai yang dianjurkan pemerintah,” jelas Senior Vice President – Head of Brand Management & Strategy Indosat Ooredoo, Fahroni Arifin.

Barasuara dan Kelompok Penerbang Roket mengaku konser ini memberikan tantangan yang berbeda

Collabonation Concert sukses digelar di YouTube IM3 Ooredoo (Foto: dok. IM3 Ooredoo)

Dengan tetap menjalankan anjuran physical distancing, para personil Barasuara dan Kelompok Penerbang Roket mengaku kalau mereka mendapatkan tantangan yang berbeda saat beraksi di atas panggung Collabonation Concert. Vokalis sekaligus gitaris Barasuara, Iga Masardi, pun mengakui kalau konser ini cukup berbeda dari biasanya.

“Kolaborasi buat gue selalu menjadi pelajaran dan pengalaman. Pelajaran untuk membedah lagu orang lain lalu memainkannya dalam bentuk yang baru dan pengalaman untuk menampilkannya lewat performa terbaik di depan audiens. Yang paling tegang dari kolaborasi ini adalah minimnya latihan karena physical distancing jadi kendala utama untuk bisa ketemu langsung di studio. Untungnya Kelompok Penerbang Roket dan Barasuara udah saling tukeran data rekaman via digital, latihannya jadi lancar. Ngeri-ngeri sedap lah!  Semoga ketika ini semua berakhir, konser kolaborasi digital ini bisa dibawa ke panggung-panggung off air dengan energi yang lebih besar dan teriakan yang lebih keras,” katanya.

Aksi Kelompok Penerbang Roket (Foto via YouTube IM3 Ooredoo)

Collabonation Concert tak hanya menjadi ajang hiburan, tapi juga menjadi semangat bagi para musisi untuk terus memberikan karya terbaiknya walaupun di tengah pandemi.  Vokalis dan basis Kelompok Penerbang Roket, John Paul Patton, menjelaskan kalau situasi seperti ini mengharuskan para musisi untuk tetap produktif dan kreatif.

“Apalagi kami yang bekerja di industri kreatif. Konser virtual digital kali ini sangat berbeda karena dikemas dengan konsep, tema, lighting, dan sound yang matang. Jadi Collabonation Concert pasti jauh lebih seru untuk ditonton. Ini juga jadi jawaban untuk kita yang kangen banget nonton konser dan bermain di atas panggung. Kolaborasi dengan Barasuara seru, lagu-lagu mereka sangat asik untuk di aransemen ulang atau di-cover. Walau latihan yang sesungguhnya diadakan hanya beberapa jam sebelum show, tapi pengalaman ini jadi tambah berkesan. Lagu Kelompok Penerbang Roket yang di-cover Barasuara jadi punya mood yang beda, fresh! So, gua jadi berandai andai, semoga acara seperti ini bisa jalan terus di situasi yang belum kondusif ini,” ucapnya.

Lewat Collabonation Concert , IM3 Ooredoo mengajak para musisi dan kreator lainnya untuk tidak berhenti berkarya

Collabonation Concert IM3 Ooredoo  terinspirasi dari kondisi yang sedang dihadapi sekarang. Saat masih saling berjauhan dan menjaga jarak, IM3 Ooredoo percaya apapun yang terjadi kreativitas tidak boleh berhenti. Dengan semangat kolaborasi, kita tetap dapat berkarya menghasilkan sesuatu yang positif sekalipun dengan keterbatasan.

Nah untuk memenuhi kebutuhan para pencinta musik, IM3 Ooredoo juga memberikan  pilihan paket internet terbaik. Kamu bisa download dan install aplikasi myIM3 di Google Play atau App Store untuk melakukan transaksi apapun dari rumah. Mulai dari isi pulsa, beli paket internet, cek tagihan dan kuota, hingga mendapatkan promo spesial seperti voucher belanja, diskon, dan bonus lainnya. Yuk, bikin kegiatan kamu #dirumahaja tetap seru dan lancar bareng IM3 Ooredoo.

#LebihUntung di myIM3!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.