Ditunggu-tunggu Kehadirannya di Indonesia, Ini 5 Keunggulan Jaringan 5G yang Perlu Kamu Tahu

Keunggulan Jaringan 5G

Wacana akses jaringan 5G sudah lama santer terdengar. Bahkan beberapa negara seperti Korea Selatan, Arab Saudi dan Australia sudah dapat menikmati manfaat jaringan yang lebih andal dibanding 4G ini. Indonesia sendiri sampai saat ini masih belum membuka pintu komersialisasi penggunaan jaringan 5G kendati fasilitas teknologinya sudah siap.

Tapi nggak perlu berkecil hati. Kebijakan yang mengarah pada pembukaan akses jaringan 5G di Indonesia sudah mulai terlihat di tahun 2021 ini, kok. Kominfo sebagai pembuat kebijakan bahkan sudah menyelenggarakan lelang frekuensi kepada operator seluler, meski belakangan dibatalkan dengan alasan ingin lebih hati-hati dalam menjalankan seleksi.

Nah, sambil menunggu keputusan akhir dari pemerintah, yuk cari tahu kelebihan apa sih yang ditawarkan jaringan 5G ini? Kenapa semua orang seakan nggak sabar menantinya, ya?

1. Bandwidth-nya sangat besar, sehingga transfer file berukuran superbesar bukan lagi masalah. Pekerjaan akan jauh lebih efisien

bandwidth lebih besar, transfer file lebih cepat (foto: iStockphoto) via www.hipwee.com

Secara sederhaha, bandwidth adalah volume maksimum informasi yang dapat dikirim melalui koneksi dalam jumlah waktu yang terukur. Jadi, semakin besar volume maksimum yang bisa dikirim sebuah jaringan, maka semakin baik. Manfaatnya apa? Salah satu yang utama adalah berkirim file berukuran super besar bukan lagi masalah. Ibaratnya, kamu bahkan bisa dengan mudah berkirim atau download seluruh musim drakor favorit!

Selain itu, ukuran bandwidth yang besar juga akan mengubah cara orang dalam menyimpan file. Yang dulu gandrung cari ponsel dengan memori internal gede dengan tambahan kartu memori eksternal, nantinya nggak perlu pusing karena menyimpan file berukuran besar sekali pun ke dalam program Cloud akan jauh lebih efektif dan efisien.

2. Nggak ada lagi ceritanya delay saat video call, karena kecepatan jaringan 5G diperkirakan sampai 800 Mbps per detik

video call makin lancar (foto: dok. OPPO Reno5 5G) via www.hipwee.com

Mengalami delay saat video call itu menyebalkan. Bayangkan apa yang kita ucapkan detik ini, baru akan sampai ke lawan bicara dua detik kemudian atau bahkan lebih. Tapi dengan jaringan 5G nantinya, hal menyebalkan itu nggak akan lagi terjadi. Sebab, kecepatan 5G ini diperkirakan sampai 800 Mbps per detik. Ngebut banget deh kalau dibayangin.

Nggak hanya itu, latensi yang ditawarkan 5G juga lebih unggul dari 4G dengan perkiraan hanya 1 detik! Tapi semua ini sangat bergantung pada prosesor ponsel yang kamu gunakan lo. Berbagai manfaat yang ditawarkan 5G bisa jadi nggak maksimal kalau dapur pacu ponselmu kurang mumpuni. Dalam hal ini, Snapdragon 765G yang tertanam dalam ponsel OPPO Reno5 5G jadi salah satu prosesor yang dapat memaksimalkan segala manfaat jaringan 5G.

Prosesor termutakhir Qualcomm ini mengkombinasikan teknologi 5G dan AI untuk memberi daya pada kinerja yang luar biasa termasuk untuk gaming daring, apalagi sekadar video call. Untuk para gamers, prosesor ini memungkinkanmu main game daring dengan mulus sekalipun server-nya berada di antah berantah.

3. Dengan jaringan 5G, dokter bahkan dimungkinkan untuk melakukan operasi pasien dari jarak jauh

Dokter bisa mengoperasi jarak jauh (foto: Bofu Shaw) via www.hipwee.com

Konektivitas 5G bukan sekadar hanya “jaringan”. Manfaat yang ditawarkan konektivitas ini bahkan dapat membantu dunia kesehatan. Berkat kecepatan yang ditawarkan, seorang pasien dapat melakukan konsultasi secara real time, dan seorang dokter dapat memberikan obat setelah melakukan diagnosis tanpa bertemu langsung dengan sang pasien.

Kemungkinan terbaiknya, seorang dokter nantinya akan bisa melakukan operasi pasien dari jarak jauh. Kalau kamu pernah nonton drakor Hospital Playlist atau serial Money Heist, di sana terdapat scene yang menampilkan adegan operasi dengan panduan dokter lewat panggilan video. Nah, hal semacam itu akan mungkin dilakukan di dunia nyata nantinya.

4. Bisa mengubah laptop jadi monitor CCTV dengan tingkat akurasi real time yang tinggi

Bisa mengawasi area-area tertentu dengan mudah (foto: iStockphoto) via www.hipwee.com

Untuk alasan keamanan, CCTV telah banyak digunakan untuk mengawasi area-area tertentu dari risiko kejahatan. Dengan adanya jaringan 5G nanti, kamu bisa mendeteksi objek asing secara real time dengan kualitas gambar HD bermodal laptop. Kemungkinan ini juga akan memudahkan petugas keamanan dan lalu lintas, karena mereka dapat memindai plat nomor kendaraan atau pengenalan wajah dengan kualitas gambar yang baik meski hanya dengan laptop.

5. Segala kecepatan dan kecanggihan 5G sebanding dengan daya baterai yang dibutuhkan. Siap-siap powerbank

Butuh perangkat yang support fast charging (foto: dok. OPPO Reno5 5G) via www.hipwee.com

Hal penting yang harus dipertimbangkan ketika menggunakan jaringan 5G nantinya adalah pemakaian daya yang kian boros. Segala akses supercepat yang ditawarkan 5G secara langsung akan memengaruhi penggunaan baterai lo. Ibaratnya begini, satu perintah yang dijalankan 4G hanya menggunakan tenaga 3 orang, sementara dengan 5G menggunakan tenaga 10 orang. Siap-siapin powerbank, ya.

Tapi kekhawatiran harus bawa-bawa powerbank untuk mengatasi baterai boros nggak akan kamu temui pada OPPO Reno5 5G. Sebab, prosesor Snapdragon 765G sudah mendukung konektivitas 5G dan punya konsumsi daya cukup rendah tanpa harus mengorbankan performa yang supercepat. Bahkan ketika harus buru-buru nge-charge pun, OPPO Reno5 5G berkat teknologi 65W SuperVOOC 2.0 mampu mengisi penuh 100% baterai berkapasitas 4300 MAh hanya dalam waktu 35 menit. Jadi, urusan baterai nggak perlu khawatir deh.

Nah, nggak hanya dari sisi teknologi 5G, ponsel OPPO Reno5 5G juga telah siap menyambut hadirnya akses jaringan 5G di Indonesia lewat beberapa fitur unggulan yang nantinya diprediksi akan sangat bermanfaat. Seperti untuk para konten kreator yang akan dimudahkan jaringan 5G, Reno5 5G mengusung fitur kamera AI Highlight Video, Dual-view Video, Image-clear Engine dan aplikasi edting Soloop untuk menciptakan konten-konten yang lebih ciamik.

Selain itu, karena jaringan 5G nantinya juga menjamin kelancaran streaming film resolusi tinggi, OPPO Reno5 5G mengusung layar 6.4″ AMOLED FHD+ dengan refresh rate 90Hz yang sudah dapat sertifikasi Netflix HD dan Amazone Prime HD. Garansi jernih!

Meski teknologi 5G sudah tersedia pada ponsel OPPO Reno5 5G, penggunaannya masih akan dikunci hingga izin jaringan 5G diberikan oleh pemerintah. Setelah dapat izin pun, akses jaringan 5G nantinya juga akan bergantung pada operator seluler dan lokasi tertentu yang sudah mendukung. Mirip-mirip dengan 4G dulu gitu deh, polanya~

Desain superelegan! (foto: dok. OPPO Reno5 5G) via www.hipwee.com

Buat kamu yang ingin bersiap menyambut jaringan 5G di Indonesia dengan lebih dulu menjajal performa ngebut Snapdragon 765G dengan 5G Ready, 65W SuperVOOC 2.0, layar 90Hz AMOLED FHD+ dan fitur kamera unggulan OPPO Reno5 5G, ponsel ini sudah bisa di pesan secara eksklusif melalui Shopee atau toko resmi OPPO di seluruh Indonesia sejak 25 Januari hingga 4 Februari 2021 dengan harga Rp6.999.000. Ada hadiah menariknya juga lo~

 

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi