Konser Solidaritas Tamansari di Jogja Tampilkan Sisir Tanah hingga Rebellion Rose, Ramaikan!

Konser Solidaritas Tamansari

Pada 12 Desember 2019, 17 rumah yang diisi oleh 40 jiwa di pemukiman RW 11 Tamansari digusur rata dengan tanah. Peristiwa memilukan itu terjadi di kota Bandung yang pernah dinobatkan sebagai Kota Paling Ramah HAM, dan tepat dua hari setelah peringatan Hari HAM Sedunia. Penggusuran tersebut diwarnai berbagai tindakan kekerasan oleh Satpol PP serta aparat kepolisian kepada warga, jurnalis, maupun massa solidaritas.
ㅤㅤ
Menurut LBH Bandung sebagai pengacara warga RW 11 Tamansari, pihak Satpol PP tidak bisa menunjukan surat tugas dan berita acara sebelum penggusuran dilakukan. Selain itu, Satpol PP juga tidak mempunyai landasan hukum, sebab Pemkot Bandung —sebagai pemberi komando— tidak mempunyai bukti kepemilikan yang sah atas bidang tanah di pemukiman RW 11 Tamansari.

Sementara itu warga sudah hidup dan meninggali tanah tersebut secara turun-temurun selama puluhan tahun, bahkan ada yang sudah menempatinya sejak tahun 1950. Tentu saja dengan taat membayar pajak, listrik, air, dan ongkos administrasi kota Bandung lainnya. Menurut peta interaktif Badan Pertanahan Nasional (BPN), tanah di pemukiman RW 11 Tamansari belum ada pemiliknya, atau tanah negara bebas. Hal itu dibuktikan oleh surat yang dikeluarkan BPN pada 1 November 2018 dengan nomor 1595/2.32.73/XI/2018.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 24 tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah yang mengacu pada Undang-Undang No. 5 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Agraria (UUPA), tanah yang belum ada pemiliknya diprioritaskan pada pihak yang telah menguasai dan merawatnya lebih dari 20 tahun.

Dalam uraian singkat di atas dapat dilihat bahwa hak atas tanah di RW 11 Tamansari sejatinya adalah diperuntukan bagi warga yang meninggalinya. Tindakan yang dilakukan oleh Pemkot Bandung, selain melanggar HAM dan hukum, juga sebagai praktik perampasan.

Oleh sebab itu, dengan niatan bersolidaritas kepada warga RW 11 Tamansari, sejumlah kolektif dan pegiat seni memutuskan untuk menggelar konser solidaritas di Bjong Ngopi, Yogyakarta. Selain konser musik, acara bertajuk Solidaritas Untuk Tamansari ini juga menghadirkan diskusi terkait, pemutaran film dan sejumlah lapak donasi.

14 December, 2019ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Tempat: Warung Kopi Bjong, Jl. Nologaten
Jam: 19:00 WIB
ㅤJANGAN LUPA BERDONASI

#TamansariMelawan
#TolakRumahDeret
#BandungLautanPenggusuran

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

J'ai toujours fait une prière à Dieu, qui est fort courte. La voici: Mon Dieu, rendez nos ennemis bien ridicules! Dieu m'a exaucé.

Editor

J'ai toujours fait une prière à Dieu, qui est fort courte. La voici: Mon Dieu, rendez nos ennemis bien ridicules! Dieu m'a exaucé.

CLOSE