Kopi Tubruk Gadjah Tawarkan Cara Paling Paripurna Menikmati Secangkir Kopi

Kopi Tubruk Gadjah

Jika berkunjung ke coffee shop kekinian di seantero Indonesia, kamu bisa memilih untuk menikmati secangkir kopi yang dibuat dengan beragam jenis cara. Di antara yang populer adalah drip method, french press, turkish coffee, dan espresso.

Advertisement

Tapi sebagian besar pecinta dan penikmat kopi sepakat, tubruk adalah panglimanya jika kamu ingin menikmati cita rasa kopi yang sesungguhnya.

Tubruk adalah metode penyeduhan kopi tertua di Tanah Air

Sebagaimana namanya, kopi tubruk adalah kopi yang dibuat dengan cara menuang air panas ke dalam cangkir berisi bubuk kopi. Tubruk sendiri dalam bahasa Jawa berarti ‘bertabrakan’, merujuk pada air panas yang langsung bertemu bubuk kopi.

Metode tubruk dianggap sebagai metode penyeduhan kopi tertua di tanah air. Diperkenalkan oleh pedagang Timur Tengah pada masa kolonial, metode ini diterapkan oleh masyarakat Jawa dan Bali hingga menyebar ke Nusantara seiring migrasi penduduk.

Advertisement

Kopi tubruk umumnya disajikan di rumah-rumah atau warung kopi tradisional lantaran cara pembuatannya yang sederhana. Kesederhanaan cara pembuatannya ini lah yang sejak lama dikenal membuat cita rasa kopi tetap kental, pekat, dan kuat.

Kopi Tubruk Gadjah didedikasikan untuk dinikmati dengan cara ditubruk

(dok. Kopi Tubruk Gadjah) via www.hipwee.com

Seperti sudah disinggung di atas, yang dibutuhkan ketika ingin membuat kopi tubruk hanyalah air panas dan bubuk kopi. Nggak perlu alat macam-macam seperti jika ingin membuat kopi dengan cara drip method atau french press.

Advertisement

Jenis bubuk kopi yang diperlukan pun bisa apa saja. Kamu bisa bikin kopi tubruk menggunakan kopi gilingan sendiri, kopi gula sachet, atau bubuk kopi murni tanpa gula seperti yang ditawarkan Kopi Tubruk Gadjah produksi PT Sumber Kopi Prima.

Dalam keterangan tertulisnya, disebutkan bahwa Kopi Tubruk Gadjah yang diproses menggunakan mesin berteknologi smart roasting pertama di Asia Tenggara ini didedikasikan untuk dinikmati dengan cara ditubruk.

Kopi Tubruk Gadjah yang menggandeng Tara Basro, Oka Antara dan Yayan Ruhian sebagai brand ambassador ini juga menyebut menggunakan biji kopi pilihan dari daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia untuk dua varian produknya.

Dua varian tersebut adalah Sachet Kopi Gula (Tubruk Manis) dengan gula terpisah, Sachet Kopi Kopi (Tubruk Asli Twin Pack) yang juga tersedia dalam kemasan Pouch Kopi 150 gr.

Kopi Tubruk Gadjah sudah bisa didapatkan di pasar-pasar terdekat, atau melalui kanal online Kopi Tubruk Gadjah Official Store di Blibli dengan harga promo khusus dan gratis Mug Gadjah. Untuk informasi mengenai harga bisa klik di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE