Lakukan 5 Hal ini di Momen Idul Fitri Nanti Agar Bumi Juga Kembali Suci

Di hari lebaran nanti bumi juga berhak kembali suci

Berpuasa selama satu bulan dan menjalankan berbagai amalan Ramadan menjadi upaya pembersihan dan penyucian diri seorang Muslim. Sebagaimana diketahui, di penghujung Ramadan ada hari raya Idul Fitri yang menanti untuk energi spiritual baru, dan diri yang kembali suci. 

Selain bisa berupaya membersihkan dan menyucikan diri melalui berbagai amalan baik, di bulan Ramadan kali ini, di mana Hari Bumi Sedunia akan diperingati, kita juga bisa bikin bumi suci kembali dengan melakukan 5 hal sederhana ini hingga hari raya nanti. Apa saja? Yuk, simak. 

1. Mudik menggunakan transportasi umum

mudik

Ilustrasi mudik menggunakan bus | Photo by Ash Gerlach on UnsplashIlustrasi mudik menggunakan bus | Photo by Ash Gerlach on Unsplash

Setiap tanggal 23 April dunia akan memperingati Hari Bumi Sedunia. Tahun ini, peringatan tersebut bertepatan dengan momentum mudik lebaran, di mana orang-orang akan pulang kampung untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga. 

Peringatan Hari Bumi Sedunia yang bertepatan dengan arus mudik ini bisa jadi momentum pula bagi kita untuk lebih memperhatikan bumi, salah satunya dengan melakukan mudik menggunakan transportasi umum alih-alih kendaraan pribadi. 

Dengan kebijaksanaan yang sederhana ini kita bisa mengurangi konsumsi bahan bakar yang bisa jadi tidak ramah lingkungan, dan polusi yang mungkin tercipta selama perjalanan mudik pun dapat diminimalisir. Dampaknya sangat besar bagi bumi, loh.

2. Kirim-kirim makanan atau hampers lebaran dengan kemasan ramah lingkungan

furoshiki

Ilustrasi metode furoshiki | Photo by Yummy pic from iStockphoto

Setiap bulan Ramadan, berbagi makanan untuk berbuka puasa dan juga hampers buat lebaran jamak ditemukan. Selain karena sudah membudaya, kegiatan berbagi kebaikan memang menjadi salah satu amalan Ramadan yang dianjurkan untuk dilakukan. 

Namun, kegiatan ini terkadang juga dapat menimbulkan satu persoalan yaitu meningkatnya sampah plastik sekali pakai. Nah, Ramadan dan momen lebaran kali ini jadi waktu yang tepat untuk kita berupaya mengatasi persoalan tersebut.

Adapun salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai di momen Ramadan dan lebaran nanti adalah menggunakan kemasan ramah lingkungan saat berbagi takjil maupun hampers.

Memang, saat ini kita belum bisa menghindari kemasan plastik sekali pakai sepenuhnya. Namun, sebagai langkah awal kamu bisa mengemas takjil dalam wadah yang bisa dipakai ulang, dan membungkus hampers lebaran menggunakan metode furoshiki ala Jepang. Selain ramah lingkungan, hampers yang kamu bagikan juga bakalan cantik dilihat, loh. Kalau kamu termasuk orang yang aktif mengurangi sampah plastik, kamu bisa ketemu lebih banyak anak muda yang peduli pada keseimbangan hidup di Gensy, lho.

3. Tidak menyuguhkan minuman dalam kemasan sekali pakai untuk tamu saat lebaran

minuman lebaran

Ilustrasi menyuguhkan minuman menggunakan gelas | Photo by Cottonbro on Pexels

Ini juga bisa jadi satu langkah awal yang sederhana untuk lebih sadar akan kelangsungan lingkungan. Buat kamu yang setiap lebaran menyuguhkan tamu dengan minuman dalam kemasan sekali pakai, kini bisa mulai beralih menggunakan gelas biasa seperti cara orang tua kita dulu. 

Selain diyakini bahwa minum dari gelas itu terasa jauh lebih nikmat, tidak menyuguhkan minuman dalam kemasan sekali pakai juga bisa jadi kesempatan bagimu untuk menjadi unik sekaligus berhemat. Di sini kamu dapat membuat variasi minuman untuk para tamu yang tentunya bakal lebih hemat. 

4. Tidak konsumtif saat belanja kebutuhan lebaran. Sebagian THR-nya bisa dialokasikan untuk kelangsungan lingkungan~

belanja lebaran

Ilustrasi konsumtif | Photo by Stock photo and footage from iStockphoto

Menghindari sifat konsumtif seperti untuk beli pakaian lebaran juga bisa menyelamatkan lingkungan, loh. Terlebih jika kamu menghindari sifat konsumtif untuk beli pakaian dari industri fast fashion yang dikenal kerap menggunakan bahan-bahan tidak ramah lingkungan. 

Nah, untuk menyambut lebaran kali ini baiknya kamu cukup membeli pakaian dalam jumlah yang dibutuhkan, dan jika benar-benar membutuhkan. Kalau masih ingin membelanjakan THR, nggak ada salahnya mendonasikan sebagian untuk kelangsungan lingkungan, atau mengalokasikannya sebagai THR buat saudara di rumah. 

Yup, dari pada belanja sana-sini, bagi-bagi THR buat saudara terdengar jauh lebih bijak. Nah, bagi-bagi THR di lebaran kali ini pun bisa jadi momentum untukmu menjaga lingkungan, dengan cara menggunakan metode transfer melalui mobile banking seperti BSI Mobile dari Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk menggantikan pemberian THR menggunakan amplop yang berpotensi menimbulkan sampah. 

Dengan mobile banking seperti, kamu juga bisa menyesuaikan bentuk THR yang akan dibagikan, mulai dari transfer uang ke rekening saudara, top-up saldo e-wallet, hingga isi ulang pulsa buat ponakan yang mungkin sedang gandrung game online. Berbagai langkah kecil menjaga lingkungan sejalan dengan inisiatif berbagai pihak yang mengajak masyarakat menyelamatkan berbagai aspek lingkungan dimulai dari yang sederhana. 

Nah, itu dia 4 langkah sederhana tapi bermakna yang bisa kamu lakukan untuk membuat bumi ikut kembali suci pada hari raya Idul Fitri nanti. Sudah siap untuk langsung mempraktikkan 4 hal di atas? 

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor