Mozilla Perkenalkan Peramban Multifungsi Versi Ringkas yang Kedepankan Keamanan Privasi

Firefox Lite

Pengembang aplikasi tiap waktu terus meningkatkan besutannya. Berbanding lurus dengan itu ukuran aplikasi pun menjadi besar, sementara daya simpan gawaimu nggak bertambah. Kamu pasti pernah kan menghapus satu aplikasi hanya untuk memperbaharui versi aplikasi terdahulu?

Nah untuk menyiasati itu, pengembang terkadang merilis versi lite dari aplikasinya. Aplikasi lite adalah versi ringkas nan berukuran kecil yang bisa digunakan oleh gawai tipe paling sederhana sekalipun. Firefox dari Mozilla adalah salah satu pengembang peramban (browser) yang sudah memperkenalkan browser versi lite sejak setahun lalu di Indonesia. Melalui versi Firefox Lite, para pengguna dimudahkan dalam merasakan pengalaman browsing dengan lebih efisien.

Berbeda dengan yang terdahulu, Firefox Lite versi terbaru didesain multifungsi

VP & General Manager of Emerging Markets, Mozilla, Stan Leong, dalam peluncuran Firefox Lite dan Firefox 70 Browser (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Advertisement

Untuk semakin meningkatkan pengalaman browsing pengguna, Firefox Lite yang telah di-launching sejak tahun 2018 diperbaharui menjadi platform mobile browser multifungsi. Meski diperbaharui, ukuran aplikasi ini tetap nggak sampai 5MB.

VP & General Manager of Emerging Markets Mozilla, Stan Leong, mengatakan Indonesia merupakan negara di urutan ketujuh sebagai pasar Firefox terbesar di dunia. Karena itu Mozilla merasa penting untuk menghasilkan berbagai inovasi dan fitur, serta memilih Indonesia sebagai negara pertama yang bisa menggunakan peramban ringan terbaru tersebut.

“Di Mozilla, kami selalu tertantang untuk menghasilkan berbagai inovasi dan fitur yang relevan bagi pengguna kami. Data internal kami menunjukkan bahwa lebih dari 60% pengguna menginginkan konten di Firefox Lite,” ungkap Stan Leong dalam peluncuran Firefox Lite dan Firefox 70 Browser, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Advertisement

Lebih lanjut, ia menjelaskan dalam Firefox Lite versi terbaru ini terdapat berbagai fitur seperti perbandingan harga produk, penawaran berbelanja, game gratis, dan berita terkini yang terintegrasi dalam satu platform. Fitur-fitur tersebut sebelumnya nggak ada di versi terdahulu.

Firefox Lite versi terbaru dengan kehadiran tiga fitur utama (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

“Dengan popularitas mobile gaming, online shoping, dan konsumsi berita yang tinggi di Indonesia, kami sangat senang dapat memperkenalkan platform mobile browser kami untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan menjadikan pengalaman berinternet mereka jadi lebih nyaman dan efisien,” imbuhnya.

Melalui fitur belanja, peramban ini akan membandingkan harga dan spesifikasi produk dengan mudah dari berbagai situs e-commerce. Sementara melalui fitur game, terdapat lebih dari 100 permainan gratis yang bahkan bisa dipindahkan sebagai shortcuts di layar gawai. Sedang untuk fitur berita, Firefox Lite akan menampilkan berbagai berita terkini dari media-media di Indonesia.

Selain itu, Firefox Lite menghadirkan fitur Turbo Mode dan fitur Advanced Private Browsing yang bisa mencegah pengiklan dan situs-situs pelacak pengguna. Meskipun versi lite, Mozilla mencoba melayani pengguna dengan tetap mengedepankan kenyamanan.

Untuk para pengguna PC, Mozilla juga merilis peramban terbaru Firefox 70

Staff Product Manager, Core Browser, Cindy Hsiang, dalam peluncuran Firefox Lite dan Firefox 70 Browser (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Nggak hanya meluncurkan versi terbaru Firefox Lite untuk mobile, dalam kesempatan yang sama Mozilla juga memperkenalkan Firefox Browser terbaru untuk penggunaan di PC. Dalam versi terbaru ini, Mozilla lebih berfokus untuk mendorong para pengguna melindungi privasi online mereka.

Staff Product Manager Core Browser, Cindy Hsiang, mengatakan berdasarkan data We Are Social tahun 2019, 63 persen pengguna internet di Indonesia menginstal ad blocker. Menurut ia, hal ini merupakan indikator bahwasanya pengguna memiliki keinginan yang tinggi akan keamanan selama berselancar di Internet.

“Firefox benar-benar berupaya mengedepankan fitur privasi yang nyaman bagi pengguna agar lebih terlindungi. Maka dari itu, Enhanced Tracking Protection (ETP) dari Firefox Browser dihadirkan dan sudah otomatis nyala sejak versi sebelumnya. Ini juga yang membedakan Firefox Browser dengan browser lainnya,” jelas Cindy.

Ki-ka: VP & General Manager of Emerging Markets, Mozilla, Stan Leong, Staff Product Manager, Core Browser, Cindy Hsiang (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Selain menghadirkan ETP yang telah memblokir lebih dari 400 miliar pelacakan kepada pengguna sejak peluncurannya, versi terbaru Firefox Browser ini dapat memberikan laporan Firefox Privacy Protections. Melalui laporan ini, pengguna bisa mengawasi aktivitas pelacak dari setiap situs yang mereka kunjungi.

Laporan Firefox Privacy Protections sendiri bisa disesuaikan oleh pengguna untuk melaporkan berbagai hal, seperti mengetahui jumlah cookies yang diblokir, mengetahui kebocoran data dengan Firefox Monitor, serta manejemen password dan perangkat yang terhubung dengan Firefox Lockwise. Pengguna bisa mengatur jumlah perangkat terhubung dan yang telah ter-log in dengan password pengguna.

Untuk saat ini Firefox Lite sudah bisa diunduh. Hanya saja baru tersedia untuk gawai bersistem operasi Android. Sementara untuk sistem operasi iOS, Mozilla mengatakan belum memastikan kapan peramban ini akan tersedia. Bagaimana, tertarik untuk mencoba fitur yang ditawarkan Firefox Lite dan Firefox 70 Browser?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

lebih menyukai titik. ketimbang koma,

CLOSE