Langkah kakimu terdengar begitu jelas sepanjang koridor yang sepi. Beberapa meter melangkah, kamu sampai ke sebuah panggung dengan puluhan lampu yang menyilaukan mata. Kamu berada di sebuah panggung penuh dengan ratusan — bahkan ribuan penonton. Tepuk tangan mereka semakin membakar jiwa, dan dengan tak sabar, kamu mulai membuka suara dan menyanyikan lagu andalan.

*plak*

Kamu dipukul pakai buku sama teman sebelahmu. Ternyata kamu sedang melamun.

Pernah nggak sih ada orang yang bilang ke kamu kalau kamu terlalu sering melamun? Entah itu di kantor atau di rumah? Jika iya, maka berbahagialah. Karena melamun adalah kegiatan yang efektif untuk meningkatkan kinerja otak. Nampaknya memiliki kebiasaan melamun nggak selamanya menjadi hal yang negatif buatmu!

1. Melamun mampu melatih otak untuk mengingat apa yang telah berlalu dan membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan.

Melamun via www.pinterest.com

Advertisement

Menurut ahli syaraf Dr Muireann Irish, melamun adalah sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan beberapa fungsi otak. Karena hanya kitallah satu-satunya makhluk yang mampu melakukan kegiatan melamun seperti ini, maka melamun adalah kegiatan istimewa. Tentang apa yang kamu pikirkan ketika melamun sebenarnya adalah efek dari struktur fisik otakmu, yang mana secara konstan merubah respon terhadap informasi yang baru diterima.

2. Dengan melamun, beberapa bagian dari otakmu juga akan beristirahat karena tidak berpikir terlalu keras seperti biasanya.

Melamun via www.pinterest.com

Ada dua sistem utama dari otak kita; bagian analisis yang bertugas untuk membuat keputusan dan bagian yang berhubungan dengan empati. Ketika kita sangat terlibat dengan salah satu bagian otak, maka bagian yang lain tak akan mampu untuk saling mengimbangi. Dengan melamun, maka kedua bagian ini akan mampu bekerja dengan seimbang dan kita tak akan merasa terlalu stres karena salah satu bagian otak kita bekerja terlalu keras.

3. Kreativitas pun dengan mudah akan kamu dapatkan dengan menjadikan lamunan sebagai agenda rutinan.

Melamun via www.pinterest.com

Banyak selebriti kreatif seperti Woody Allen dan J.K. Rowling, menyatakan bahwa melamun adalah kegiatan utama yang membuka jalan menuju dunia kreatif yang selama ini mampu membesarkan nama mereka. Ini disebabkan karena ketika kita melamun, pikiran kita berkelana melalui berbagai bagian dari otak dan mengumpulkan sedikit demi sedikit informasi yang mungkin akan berhubungan satu sama lain.

Koneksi ini yang seringkali membuatmu untuk menemukan berbagai ide kreatif.

4. Keuntungan lain yang didapatkan dari melamun; kamu akan mampu untuk lebih empati, open minded, dan pengertian.

Melamun via www.pinterest.com

Sama seperti memikirkan masa lalu atau membayangkan masa depan, kemampuanmu untuk membayangkan sudut pandang seseorang sejauh seberapa dalam kamu mengenal orang tersebut. Kemampuan ini sangat unik karena hanya dengan kita mengenal seseorang, kita sudah mampu untuk berpikir dengan cara mereka. Seseorang menghabiskan setengah dari jam terjaga mereka untuk melamun. Jika kamu bisa melatih dirimu sendiri ketika sedang melamun untuk merenungkan apa yang sedang orang lain pikirkan atau rasakan, maka kamu akan mampu untuk mengubah interaksimu dengan orang lain dan membuat kesempatan baik untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan antar manusia.

5. Peningkatan kinerja dan produktivitas pun dengan mudahnya akan kamu dapatkan ketika melamun sudah menjadi bagian.

Melamun via www.pinterest.com

Hal ini mungkin yang paling meyakinkan. Sebuah studi Cornell menunjukkan bahwa hubungan “peningkatan kerja” dengan melamun memiliki dampak positif yang bersamaan pada caramu mengerjakan suatu tugas kerja. Bahkan ada beberapa contoh lagi yang membuktikan bahwa asumsi guru-guru SD yang melarang anak didiknya untuk tidak melamun adalah hal yang salah.

6. Tak menutup kemungkinan bahwa dengan melamun tubuhmu juga akan lebih sehat dan bugar. Kok bisa?

Melamun

Riset membuktikan bahwa melamun adalah salah satu jenis hipnotis tingkat rendah. Pernah nggak sih merasa ketika sudah berhenti melamun, kita akan merasa tingkat stres kita berkurang? Yang berarti melamun juga menunjukkan dampak positif bagi kesehatanmu. Bukan itu saja, melamun juga mampu untuk membuat tidurmu lebih nyenyak, dan menghindarkan dirimu dari mimpi buruk.

7. Dan yang paling penting, dengan melamun secara otomatis pikiranmu akan lebih bahagia!

Melamun via www.pinterest.com

Kenapa bisa demikian?

Satu alasan untuk mengatakan bahwa melamun adaah kegiatan yang menyehatkan adalah karena dengan melamun kamu akan membuat dirimu sendiri untuk lebih imajinatif, ceria, dan bahagia. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua melamun itu sama saja. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari melamun, cobalan untuk lebih membebaskan pikiran dan biarkan imajinasimu berkelana. Namun ketika kamu telah kembali ke alam sadar, usahakan untuk tetap mampu memilah antara apa yang selama ini menjadi bayangan dan apa yang selama ini menjadi kenyataan.

Kita tak mungkin membayangkan sesuatu yang buruk terus-terusan, bukan?

Maka dari itu, cobalah untuk melatih kemampuanmu dalam melamun. Siapa tahu kamu memang salah satu orang dengan kemampuan luar biasa seperti penulis-penulis imajinatif di luar sana?