Lagi, anak negeri yang membanggakan nama bangsa di mata internasional. Lewat kompetisi International Choir Contest of Flanders yang diadakan di Kota Maasmechelen, Belgia, Indonesia yang diwakili oleh Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara (PARAMABIRA) berhasil mendapatkan 4 penghargaan sekaligus. Berjajar dengan 7 negara, yakni Republik Ceko, Belgia, Belanda, Latvia, Rusia, Kroasia, dan Swiss, PARAMABIRA sukses memukau para juri.

PARAMABIRA sendiri merupakan satu-satunya paduan suara yang berasal dari Asia pada kompetisi bergengsi ini. Dengan arahan Rainier Revireino, PARAMABIRA menampilkan 15 lagu dengan dua kategori yang diikuti, yakni Equal Voices Category dan Mixed Voices Category. Lagu daerah yang dipersembahkan seperti Gayatri Mantram dari Bali, Piso Surit dari Sumatra Utara, dan lainnya sukses membuat para pasang mata berdecak kagum.

Tim Paramabira

Advertisement

“Puji Tuhan. Kerja keras dan perjuangan kami selama ini berbuah keberhasilan. Teruma kasih paling mendalam kepada BINUS University, para sahabat, keluarga, dan khususnya Pepi (Reinier Revireino) yang sudah sabar mengajar dan membimbingkami. Terima lah persembahan kami untuk Indonesia,” ujar Hana Dessy Natalina, Ketua PARAMABIRA 2017.

Sebelum mengikuti kompetisi International Choir Contest of Flanders, Paduan Suara yang telah terbentuk dari tahun 1990 ini sudah lolos dalam seleksi rekaman. PARAMABIRA juga telah mengalahkan puluhan paduan suara dari seluruh dunia hingga akhirnya bisa datang ke Belgia untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Keempat pengharagaan yang didapat antara lain, Juara 2 di kategori Equal Voices, Juara 2 di kategori Mixed Voices, dan juga mendapatkan penghargaan sebagai The Best Performance of The Compulsory Work in The Mixed Choirs. Tak hanya itu, perwakilan dari Indonesia ini juga mendapat penghargaan Prize of The Audience, yakni sebagai paduan suara terbaik dari perpspektif penonton yang hadir dengan sistem pemungutan suara atau voting.

Advertisement

Sudah tentu pencapaian ini membawa nama baik bangsa di mata dunia. Kita wajib ikut berbangga! Terus berkarya bagi PARAMABIRA, semoga bisa memberikan penghargaan lainnya untuk Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya