Menengok Perjalanan GrabFood di Tahun 2020 dan Fokus Mereka untuk Tahun 2021

GrabFood

Pandemi Covid-19 telah memaksa orang-orang untuk membatasi aktivitas dan interaksi luar ruangan. Kondisi ini tak pelak bikin industri kuliner yang cukup mengandalkan keramaian dalam berjualan kelimpungan. Adalah layanan pesan antar makanan secara online yang jadi senjata pamungkas industri kuliner agar dapat bertahan.

Advertisement

Nah, GrabFood adalah salah satu penyedia layanan pesan antar makanan secara online yang jadi senjata pamungkas itu. Kehadirannya dengan beragam inovasi telah membantu pengusaha kuliner serta mitra pengemudi untuk dapat bertahan, dan membantu kamu untuk tetap merasa aman ketika ingin makan makanan favorit tanpa harus khawatir keluar rumah.

Inovasi GrabFood sepanjang 2020 bukan sekadar untuk bertahan, melainkan sebagai kontribusi pemulihan ekonomi nasional

Sepanjang tahun 2020 GrabFood telah meluncurkan berbagai inovasi yang bertujuan mendukung industri kuliner sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat. Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan inovasi-inovasi yang diluncurkan GrabFood di tahun maha berat 2020 bukan sekadar untuk bertahan, melainkan juga sebagai kontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional.

“Dengan inovasi-inovasi yang kami hadirkan, GrabFood berhasil melalui 2020 yang penuh tantangan sebagai pemimpin di industri layanan pesan antar. Grab berinovasi bukan hanya untuk bertahan, tapi untuk berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional,” terang Neneng dalam Business Update: Perjalanan GrabFood di Tahun 2020 via Zoom, Senin (8/2/2021).

Advertisement

Perjalanan inovasi GrabFood sepanjang tahun 2020

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi dalam Business Update: Perjalanan GrabFood di Tahun 2020 via Zoom, Senin (8/2/2021) (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Adapun inovasi yang dimaksud Neneng mencakup berbagai hal dengan tujuan utama melindungi, mendukung, dan memberdayakan industri kuliner dan mitra pengemudi. Di antaranya, GrabFood sejak awal pandemi merespons kebijakan jaga jarak dan interaksi fisik dengan meluncurkan contactless delivery, di mana kamu bisa minta mitra pengemudi GrabFood untuk meninggalkan pesanan makanan di lokasi yang disepakati.

Selain itu untuk para pelanggan, GrabFood juga memberikan banyak penawaran dan promosi besar-besaran di antaranya Makanthon akhir tahun lalu, yang diharapkan dapat memicu daya beli terhadap produk kuliner di GrabFood.

Advertisement

Sementara untuk para mitra pengemudi, GrabFood di tahun 2020 meluncurkan layanan Grab Assistant sebagai pintu pendapatan baru mitra pengemudi yang sekaligus membantu kelangsungan pasar-pasar tradisional. Layanan ini memungkinkan mitra pengemudi GrabFood untuk jadi asistenmu dalam belanja kebutuhan rumah tangga.

Sedangkan untuk para mitra merchant, GrabFood menggelar berbagai program seperti National Merchant Conference dan pelatihan bagi UMKM terpilih yang kini tengah memasuki batch kedua. Selain itu, GrabFood juga menyempurnakan aplikasi khusus bernama Grab Merchant. Aplikasi tersebut kini jadi solusi all-in-one, di mana mitra merchant dapat mengelola bisnis, belanja bahan-bahan dengan harga grosir, membuat sendiri iklan, mengedit menu, hingga mengakses data untuk kebutuhan analisis bisnis.

Aplikasi GrabFood sendiri juga ikut kebanjiran inovasi di sepanjang 2020. Di antaranya kehadiran fitur Pesan Sekaligus, Promosi Terbaik, ragam pembayaran non-tunai, pemberian tip sebelum transaksi selesai, Ambil Sendiri, Multi Order, Pemesanan Terjadwal, Pesan Ulang, dan Pesan Bareng Teman.

“Inovasi-inovasi yang kami hadirkan menghasilkan pertumbuhan mitra merchant GrabFood sangat amat signifikan selama periode Januari-Desember 2020,” kata Neneng.

Selain Grab Assistant, GrabFood juga meluncurkan layanan baru bernama GrabMart. Layanan ini dihadirkan khusus untuk merespons situasi pandemi. Kalau kamu masih khawatir keluar rumah untuk belanja kebutuhan harian, GrabMart bisa dimanfaatkan karena telah tersedia di 19 kota, dan dapat melayani order ke berbagai supermarket hingga toserba.

Menjalin kerja sama dengan Yummy Corp adalah bagian fokus GrabFood di tahun 2021

(dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Melalui GrabKitchen yang terus mencatat pertumbuhan nilai transaksi pengguna, GrabFood juga memperoleh perkembangan yang baik sepanjang 2020. Saat ini jaringan cloud kitchen yang baru diluncurkan 2019 lalu telah berjumlah 46 dengan sekitar 200 brand di tujuh kota Indonesia.

Nah, sebagai bagian fokus tahun 2021, Neneng mengatakan GrabFood melalui GrabKitchen memiliki target khusus, yakni meningkatkan pengalaman pengguna, dan membuka lebih banyak akses GrabKitchen. Dalam upaya mewujudkan target tersebut, GrabFood menjalin kolaborasi dengan Yummy Corp.

“Kerja sama GrabFood dengan Yummy Corp didasari visi misi yang sama, menawarkan konsep baru di industri kuliner. Ini bentuk dukungan kami terhadap industri kuliner. Kami ingin membantu ekspansi mitra merchant,” jelas Neneng.

(dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Ia menerangkan kerja sama dengan Yummy Corp akan memperluas cakupan layanan untuk mitra merchant, karena kerja sama ini menawarkan pencarian dan pemilihan lokasi, operasional dapur, desain menu dan produksi makanan, hingga pemasaran dan pengantaran. Selain itu, mitra Yummy Corp yang akan diboyong lewat kerja sama ini juga akan bisa menikmati berbagai fitur dan layanan yang ada di Grab.

Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Grab untuk membawa misi kedua perusahaan ke tingkat selanjutnya, di mana kecepatan ekspansi, kualitas makanan, dan kepuasaan pelanggan akan selalu menjadi fokus utama kami,” kata CEO Yummy Corp, Mario Suntanu.

Nggak cuma membawa manfaat bagi para mitra merchant, kerja sama GrabFood dan Yummy Corp juga membawa manfaat bagi pelanggan, karena dua entitas ini akan menjalankan sekitar 80 lokasi cloud kitchen sehingga pelanggan punya lebih banyak pilihan.

“Lewat kerja sama ini, mitra merchant dapat memanfaatkan sumber daya Grab dan Yummy Corp untuk melakukan ekspansi bisnis kuliner. Untuk mitra Yummy Corp, Grab akan mendukung riset pasar dan penentuan lokasi berbasis data agar strategis dan menjawab kebutuhan pasar,” imbuh Neneng.

Lewat catatan perjalanan tahun 2020 dan sinergi di awal 2021 ini, GrabFood menyatakan siap menjadi sobat setia pelanggan dan mitra merchant. Ke depannya GrabFood memastikan akan terus menghadirkan inovasi yang bertujuan memberi nilai lebih, baik untuk konsumen, UMKM, dan mitra pengemudi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

I know I glow up

CLOSE