Mengenal Apa Itu BCA ID untuk Akses Masuk Aplikasi myBCA

Ini adalah semacam kunci yang wajib kamu miliki untuk menikmati kemudahan mengakses berbagai fitur di myBCA.

Hampir semua orang khususnya kalangan muda saat ini mengandalkan platform digital perbankan, dengan segala kemudahan yang ditawarkan, untuk melakukan berbagai transaksi keuangan

Biasanya, nasabah akan membutuhkan satu hal penting yaitu user ID untuk bisa mengakses platform tersebut, seperti BCA ID yang dibutuhkan untuk mengakses platform myBCA.

Nah, tapi kamu tahu nggak, kalau BCA ID itu lebih dari sekadar kunci masuk ke platform myBCA, loh. Penasaran? Yuk, kita kenali lebih lanjut. 

1. BCA ID merupakan pengidentifikasi unik setiap nasabah

Photo by Tero Vesalainen from iStockphoto

Secara sederhana, BCA ID adalah single user ID atau username yang diciptakan oleh nasabah. BCA ID masing-masing nasabah unik karena berbeda satu sama lain. Nah, BCA ID ini terdiri dari angka, huruf maupun kombinasi keduanya dengan minimal 6 hingga 21 karakter. 

Fungsi dasar BCA ID adalah agar sistem dapat mengidentifikasi dan membedakan setiap nasabah yang mengakses platform myBCA. Semacam tanda pengenal bagi sistem, gitu. BCA ID ini pun harus digunakan bersama password yang juga terdiri kombinasi angka dan huruf. 

Nah, tapi selain itu kamu juga bisa mengakses myBCA mobile menggunakan fitur biometric. Untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu perlu login ke myBCA mobile, kemudian mengaktifkan fitur masuk dengan biometric di menu pengaturan. 

Fitur biometric ini bekerja dengan cara mencocokan identitas dengan ciri fisik. Salah satu ciri fisik yang jamak dipakai adalah sidik jari, sebagaimana banyak ponsel terkini sudah dilengkapi fitur pemindai sidik jari.

2. BCA ID berikan kemudahan bagi nasabah mengakses fitur-fitur myBCA

Photo by Bunditinay from iStockphoto

Menariknya BCA ID ini adalah tidak hanya berfungsi untuk alasan keamanan, sebagaimana umumnya digunakan dalam sistem komputasi, jaringan maupun aplikasi, tetapi juga untuk memberikan kemudahan kepada para nasabah.

Disebut memberikan kemudahan karena BCA ID menjadi satu pintu masuk untuk mengakses rekening BCA dan seluruh layanan perbankan yang ada di myBCA. 

Yup, hanya dengan memiliki BCA ID, kamu sudah bisa mengakses rekening BCA-mu dan seluruh layanan serta fitur administrasi, informasi dan transaksi yang ada di myBCA.

Layanan dan fitur yang bisa dengan mudah kamu akses menggunakan BCA ID ini di antaranya mengunduh e-Statement atau laporan transaksi rekening bulanan, riwayat transaksi, informasi mutasi rekening, informasi deposito dan tahapan berjangka, hingga melakukan transaksi terjadwal yang dibuat oleh BCA ID.

Nggak hanya itu, BCA ID juga memudahkanmu untuk mengakses QRIS, melakukan pembukaan e-Deposito, transfer ke BCA Virtual Account, BCA Saving Account serta transfer ke Sakuku maupun bank lain. Bahkan, kamu juga bisa melakukan top-up kredit atas KPR yang sudah berjalan. 

3. Setiap nasabah wajib punya BCA ID

Registrasi BCA ID melalui myBCA Mobile

Dua hal yang sudah dibahas di atas adalah alasan mengapa setiap nasabah wajib memiliki BCA ID. Terlebih BCA ID ini bisa dibuat dengan sangat mudah. Jadi, nggak ada lagi alasan untuk tidak memilikinya, kan?

Nah, adapun untuk membuat BCA ID kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana, di awali dengan men-download aplikasi myBCA.

Setelah itu, kamu bisa memilih ‘Buat BCA ID Sekarang’. Lalu, tentukan BCA ID, email dan password yang diinginkan, centang syarat & ketentuan yang berlaku. Masukkan nomor kartu ATM dan kirim SMS verifikasi. Setelahnya, masukkan PIN m-BCA jika kamu memiliki m-BCA. Setelah itu kamu bisa cek e-mail yang tadi didaftarkan untuk melakukan aktivasi BCA ID-mu. 

Sebelum bisa menggunakan BCA ID, kamu harus melakukan verifikasi diri dengan cara menghubungi Halo BCA di nomor 1500888, atau kamu juga bisa melakukannya melalui aplikasi Halo BCA. Baru setelah itu BCA ID-mu bisa digunakan untuk mengakses rekening maupun seluruh layanan di myBCA. Mudah, bukan?

Nah, itu dia 3 hal yang perlu kamu ketahui mengenai BCA ID, sebuah single user ID yang memudahkan pengalaman nasabah untuk mengakses rekening dan seluruh layanan di myBCA. Buat kamu yang masih belum punya, yuk segera bikin BCA ID-mu. Informasi lebih lanjut mengenai BCA ID maupun myBCA bisa kamu akses melalui bca.co.id.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor