Mengenal Apa itu Endemi dan Perbedaannya dengan Pandemi

Kapan ya kita siap medengan endemi?

Sobat Hipwee perlu tahu bahwa saat ini pemerintah Indonesia sedang menyiapkan transisi status pandemi Covid-19 menuju endemi. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjahitan, ketika konferensi pers evaluasi PPKM hari Senin tanggal 21 Februari lalu.

Advertisement

Menurutnya, usulan konsep, kriteria, dan indikator pandemi ke endemi dari waktu ke waktu akan terus disempurnakan oleh ahli dan pakar di bidangnya. Namun, apakah sobat Hipwee paham apa itu endemi? dan apa bedanya dengan pandemi? Yuk, cari tahu!

Apa itu endemi

Photo by Gabriella Clare Marino

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, Center for Disease Control and Prevention (CDC), endemi merupakan penyakit yang menjangkit sebuah daerah atau populasi masyarakat tertentu.

Sebuah penyakit dapat dikategorikan sebagai endemi jika terjadi secara konsisten dan memang terjadi di sebuah populasi atau di sebuah area geografis.

Advertisement

Maksudnya, penyakit endemi merupakan penyakit yang akan selalu ada di sebuah wilayah dan hidup di antara masyarakat. Contoh penyakit endemi yang ada di Indonesia adalah demam berdarah dengue (DBD) dan malaria.

Apa itu pandemi

Photo by Martin Sanchez

Sedangkan pandemi adalah sebuah wabah penyakit yang menyebar secara global atau pada geografis yang luas. Pandemi merujuk pada wabah epidemi yang sudah menyebar di negara-negara atau benua, dan berpengaruh bagi banyak orang.

Advertisement

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), pandemi merupakan sebuah endemi yang sudah menyebar di beberapa negara atau benua dan berpengaruh bagi sejumlah besar orang.

Pandemi dinyatakan jika ada penyakit baru dan orang-orang tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut, sehingga penyeberannya ke seluruh dunia bisa sangat cepat di luar dugaan.

Perbedaan pandemi dan endemi

Endemi dan pandemi dibedakan bukan karena tingkat keparahan peyakit, melainkan sejauh mana penyakit tersebut menyebar.

Endemi merupakan prevalensi atau kehadiran konstan dari penyakit dan infeksi yang biasa terjadi di sebuah wilayah geografis. Sedangkan pandemi adalah endemi yang menyebar ke banyak wilayah di dunia. Jadi dapat disimpulkan bahwa, pandemi adalh endemi yang lebih luas dan lebih besar.

Nah, itulah penjelasan mengenai endemi, pandemi, dan perbedaan dari keduanya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE